Minggu, Juni 13, 2021
BerandaSimcard8 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

8 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

Tidak sama dengan tablet yang kerap ada dengan jenis WiFi-only, smartphone lain cerita Lagi. Karena, pengguna umumnya membawa ponsel ke mana saja mereka pergi dan tidak selamanya berada di wilayah yang bisa dicapai WiFi. Karenanya, perlu memasangkan kartu SIM agar lagi tersambung dimanapun Anda ada Berada.

Walaupun demikian, penempatan kartu SIM tidak selamanya berjalan lancar. Terkadang ada saja permasalahan yang dijumpai, seperti kartu SIM yang tidak mau terdeteksi pada ponsel. Sudah mengotak-atik ponsel masih tetap kosong, dan selanjutnya bisa membuat siapa saja frustasi. Tapi, jangan segera banting HP Anda, karena kami punya beberapa tips dan trik untuk menangani persoalan SIM Card yang tidak dapat dibaca.

8 Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

Pastikan untuk lihat cara-cara di bawah dengan jeli ya. Kami akan usaha menunjukkan cara-cara yang simpel dan efektif supaya Anda tidak perlu habiskan waktu bertambah lama

1. Restart Ponsel

1

Ini adalah hal pertama yang semestinya Anda lakukan jika ada satu hal yang mempunyai permasalahan dengan piranti elektronik. Ya, tidak cuma HP saja, netbook atau PC dapat di-restart jika betul-betul terasa ada hal yang ganjil pada Perangkat itu.

Permasalahannya lakukan restart akan memicu HP untuk melakukan boot dengan kondisi yang fresh, dan ini sering dapat ditunjukkan dapat menangani berbagai persoalan terhitung SIM Card yang tidak dapat dibaca. Dan kembali lagi, ini adalah langkah paling simpel sebelum Anda perlu melakukan cara-cara yang lebih sulit. Bila setelah di-restart tidak dapat dibaca , berarti perlu langkah lain.

2. Masukan SIM Card di Slot Berbeda

2

Pertama, Anda harus mencari informasi dulu apa yang mempunyai permasalahan dari perangkat Anda. Siapa tahu masalahnya berada di SIM tray atau HP Anda dan bukan pada SIM Card-nya. Bila slot SIM kedua di HP Anda masih kosong, coba alihkan kartu SIM ke slot kedua.

Bila terdeteksi di slot SIM kedua , kesempatan masalah berada di perangkat yang tidak mau mengenali SIM Card di slot pertama. Tapi bila SIM Card tidak dapat dibaca di kedua slot, sedikitnya saat ini Anda pahami bila SIM Card-nya lah yang Memiliko peluang mempunyai permasalahan. Lanjut ke cara-cara selanjutnya di bawah ini.

3. Pastikan SIM Card Terpasang dengan Benar

3

Ada kalanya orang tempatkan SIM Card tidak pada posisi yang benar. Biasanya, SIM Card yang dipasang secara terbalik tidak muat ke lubangnya, tapi ada saja orang yang memasangnya dengan terburu-buru dan masih memaksakan agar SIM Card masuk. Bila telah Melakukan cara ini , pastinya Anda harus pastikan bila SIM Card terpasang pada posisi yang benar.

Terkadang, ada simbol tutorial untuk memberitahukan posisi SIM Card yang benar pada tray. Tapi jika tidak ada, mencari ujung pada sisi SIM Tray yang menunjukkan bentuk yang seperti “terpotong”. Mencari bentuk yang sama pada ujung SIM Card Anda, dan posisikan sama bentuk ujung itu, seolah tengah main puzzle. Lalu, pastikan sudah masuk di tray dengan rapat dan masukan ke HP Anda.

4. Bersihkan SIM Card dari Debu

4

Mungkin SIM Card tidak dapat dibaca karena berdebu, dan debu ini bisa menghadang konektor untuk menyambungkan kartu ke perangkat anda. Karenanya, coba lepaskan SIM Card Anda dari tray dan lihat segi yang ada gold plate-nya.

Tidak perlu bersihkan pakai air, cukup pakai kain lap saja dan usahakan jangan begitu keras mengelapnya supaya tidak membuat SIM Card semakin hancur. Bila sudah, masukan kembali ke dalam tray dan hidupkan kembali HP Anda dan tunggu sebentar sampai SIM Card dapat dibaca.

5. Pastikan Masa Aktif SIM Card Masih Berlaku

5

Nah, ini yang terkadang sering terjadi terlepas dari perhatian pengguna: masa aktif Sim card. Apalagi bila SIM Card yang pakai ialah secondary alias SIM Card kedua. Biasanya orang suka lupa mengisikan pulsa terkadang pada kartu SIM ini sebab kerap kali Seseorang lebih memperhatikan menggunakan SIM Card yang pertama.
Bila tidak dipakai atau diisikan pulsa dalam waktu yang lama, operator akan menonaktifkan SIM Card dan tidak kembali lagi dapat dibaca. Langkah mengetahuinya cukup mudah, tinggal telepon saja operator menggunakan telepon rumah atau nomor yang aktif dan keluhkan persoalan Anda.

6. Langkah Selanjutnya Coba Cek IMEI Samsung, Sony, dan HP Android Lainnya

3

Biasanya, bila belum melalui dari 1 bulan setelah masa aktif SIM Card hangus, Anda dapat mengganti SIM Card yang baru tetapi dengan nomor yang sama. Tinggal kunjungi saja cabang operator terdekat di hari kerja. Tapi bila waktu jedanya sudah kelamaan, anda harus harus beli nomor baru.

7. Cek Pengaturan SIM Card

 

Bila belum berhasil , peluang Anda harus masuk di menu setting SIM Card untuk mengenal apa yang salah. Setiap ponsel tentu punya langkah tidak serupa, tergantung vendor, versi OS, dan pengguna interface. Tapi pada dasarnya masih sama, Anda perlu menuju menu Seting atau Pengaturan.

Seterusnya, tetapkan menu Network dan Internet -> Mobile Network. Nah, baru di sini Anda akan merasakan pengaturan yang berkaitan dengan SIM Card. Coba aktifkan Mobile Data di sini, siapa tahu SIM Card sesungguhnya sudah terdeteksi tapi belum di-enable melalui menu ini.

8. Cek Status Registrasi

2

Dari pertama kali membeli SIM Card, pengguna diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu. Diantaranya bukti SIM Card tidak terdeteksi kemungkinan karena ada permasalahan ketika proses registrasi sampai di pusat tidak terima data Anda.

Sama dengan waktu mengecek status aktif SIM Card, Anda pun perlu menghubungi call center dari operator yang dipakai. Atau, Anda bisa coba mendaftar kembali lagi dengan tersambung program SIM Toolkit pada ponsel.

Langkah lain untuk lakukan register ulang SIM Card adalah melalui SMS. Berikut ini adalah cara-cara registrasi SIM Card melalui SMS yang diambil dari PayFazz.

  • Simpati, Loop, dan Kartu As: Tulis ULANGNomor NIK#Nomor KK# kirim ke 4444 untuk Lakukan registrasi ulang.
  • XL dan Axis: Tulis data Anda dengan pola ULANG#Nomor NIK#Nomor KK lalu kirim ke nomor 4444.
  • Indosat: ULANG#Nomor NIK#Nomor KK dan kirimkan ke nomor 4444.
  • Tri: ULANG#NIK#Nomor KK ke nomor 4444.
  • Smartfren: Nomor NIK#Nomor KK ke nomor 4444.

Penutup

Nah, itu barusan adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan bila SIM Card tidak dapat dibaca. Tetap hati-hati setiap melepaskan dan tempatkan SIM Card akan mencegah persoalan ini untuk datang kembali lagi di periode datang. Dan, pastikan selalu untuk menjaga agar masa aktif SIM Card tidak hangus dengan mengisikannya saldo pulsa secara berkala. 

Bila belum berhasil setelah melakukan cara-cara di atas, Anda bisa coba masukan SIM Card ke perangkat lain, ke tempat servis, atau beli kartu SIM yang baru. Langkah mana yang sudah Anda coba? Dan, langkah apa yang berhasil bikin SIM Card Anda dapat dibaca kembali? Untuk menjawabnya tulis di kolom komentar ya!

5f62c81507a19ee53728c6d994369d74?s=117&d=mm&r=g
GaniNugrahahttps://www.caramudah.id
Saya Gani Nugrah Penulisa serta Pemilik dari Blog Caramudah.id, Saya Lulusan SMKN 6 Pandeglang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments