Mudah, Cara memperbaiki aki kering yang cepat habis

0
26
Mudah, Cara memperbaiki aki kering yang cepat habis
Mudah, Cara memperbaiki aki kering yang cepat habis

Menjaga aki kering sesungguhnya lebih gampang. Tetapi ada saatnya aki kering rusak dan perlu diperbarui. Berikut langkah memperbaiki aki kering yang gampang.

Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Ada banyak alat dan bahan yang perlu Teman dekat siapkan saat sebelum mengawali memperbaiki aki kering secara berdikari. Berikut daftar alat dan bahan yang disiapkan:

  • Belilah air aki atau zuur yang diperuntukkan untuk pengisian aki baru dan bukanlah air aki untuk menambahkan atau isi ulangi cairan aki
  • Siapkan alat berbentuk pencukit atau dapat memakai obeng minus yang diperuntukkan untuk buka penutup aki disamping atas
  • Siapkan lem plastik atau lem tembak atau juga bisa sealant yang bermanfaat untuk menyambung ulangi cover penutup aki
  • Persiapkan atau membeli satu suntikan tinta printer yang semacamnya yang bermanfaat untuk menyuntikkan air zuur atau air aki ke dalam box aki kering
  • Paling akhir persiapkan juga kain lap yang berperan untuk mengelap tetes cairan yang kemungkinan jatuh waktu pembaruan dikerjakan

Cara Lengkap Terkait Langkah Memperbaiki Aki Kering yang cepat habis

Lepaslah Aki dari Mobil/motor

Langkah memperbaiki aki kering yang rusak pertama sudah pasti dengan melepas aki yang dipasang di mobil/motor. Untuk melepas yang betul dengan melepas kutub positif dari aki lebih dulu. Arah melepas kutub positif lebih dulu untuk tingkatkan keamanan waktu buka aki. Pasalnya di sejumlah masalah seorang tidak menyengaja jatuhkan kunci yang mengakibatkannya sentuh kutub negatif aki. Jika kutub positif masih melekat pada aki, karena itu hal itu bisa mengakibatkan munculnya percikan api. Kerjakan Pembersihan Aki Kering Sesudah aki kering sukses dilepaskan dari mobil/motor, karena itu seharusnya sisi luar dari aki kering itu dibikin bersih lebih dulu.

Arah pembersihan sisi luar aki kering ialah supaya kotoran yang melekat pada aki kering tidak menjatuhkan sisi lain dari aki yang dapat mencelakakan aki. Untuk bersihkan aki kering lumayan gampang sebab Teman dekat cuman harus menyeka sisi luar aki yang kotor itu dengan kain lap kering.

Bedah Cover atau Penutup Aki Kering

Langkah memperbaiki aki kering yang cepat habis atau aki yang lagi memiliki masalah dengan membedah penutup aki kering itu lebih dulu sampai terbuka. Untuk buka penutup aki kering dapat memakai obeng secara berhati-hati. Teman dekat harus mengenali jika penutup aki kering lumayan keras hingga benar-benar tidak langsung akan terbuka.

Isi Zuur atau Air Aki ke Dalam Aki Kering

Check keadaan pada aki kering apa lubang karet itu telah terbuka semuanya. Biasanya ada tiga sampai 10 buah lubang karet yang disamakan berdasar kemampuan arus atau ampere aki kering. Seterusnya persiapkan suntikan dan kain lap untuk menghindar ada cairan yang jatuh ke elemen yang lain.

Cairan air aki zuur dimasukkan pada dalam suntikan. Seterusnya tiap lubang pada aki ditempatkan air aki zuur itu. Status masukkan suntikan ialah sampai kedalaman 1 cm dari lubang aki. Ulang langkah ini di semua lubang karet selanjutnya lubang karet itu ditutup kembali lagi.

Pasang Kembali lagi Penutup atau Cover Aki Kering

Langkah menservice aki kering atau sedang rusak selanjutnya sesudah lubang diisi sama air aki ialah tutup kembali lagi cover aki. Penutupan harus ditambah dengan pengeleman lewat lem plastik atau lem tembak atau juga bisa sealant supaya lebih kuat.

Masalahnya sesudah cover dibuka karena itu cover itu tidak dapat tutup dengan prima seperti sebelumnya bila tidak memakai lem. Check di saat mengelem supaya semua sisi tutup prima hingga tidak ada udara yang keluar atau masuk.

Isi Daya Listrik Pada Aki Kering

Sesudah penutup aki kering tertutup prima karena itu Teman dekat bisa menyetrum aki atau isi ulangi daya listrik pada aki. Ada dua langkah yang ada yang umum diputuskan oleh bengkel untuk isi daya listrik pada aki yaitu sistem jumper dan sistem pengecasan atau listrik aki.

1. Isi daya listrik dengan sistem jumper aki

Langkah jumper aki kadang diputuskan oleh bengkel untuk isi daya aki. Alat yang diperlukan untuk sistem jumper aki ialah aki lain yang bekerja secara baik dan maksimal. Langkah untuk isi daya dengan sistem jumper sendiri tidak begitu susah sebab Teman dekat perlu menyambungkan ke-2 aki melalui kabel.

Yakinkan jika urutan ke-2 mobil/motor lumayan dekat untuk mempermudah kabel jumper tersambung. Sambungkan kutub positif aki A ke kutub positif aki B. Sesaat kutub negatif aki A disambungkan ke kutub negatif aki B. Yakinkan jika ke-2 nya telah dipasang dengan kuat. Seterusnya mesin mobil/motor dihidupkan dan dinanti sepanjang lebih kurang 30 menit sampai 60 menit.

2. Isi daya listrik dengan sistem listrik

Sistem listrik umumnya akan memakai alat spesial yang terbagi dalam adaptor atau dapat memakai trafo seperti trafo yang digunakan pada pengisi daya smartphone dan netbook. Sistem ini terhitung sistem yang terbanyak digunakan di beberapa bengkel mobil/motor. Alat yang digunakan untuk mengecas ini mempunyai kemampuan arus yang semakin besar hingga proses pengisian tidak memerlukan waktu lama. Check Perform Aki

Jika semua langkah di atas telah Teman dekat kerjakan, karena itu hal selanjutnya yang perlu ditangani ialah memeriksa perform aki. Untuk mengenali apa performa aki telah memberikan kepuasan karena itu pakailah alat ukur spesial. Alat ukur bermanfaat untuk mengenali apa aki kering telah berisi daya dengan cukup atau mungkin tidak.

Jika langkah memperbaiki aki kering di atas sukses untuk aki Teman dekat, karena itu Kamu tetap harus biarkan mobil/motor berpijar sepanjang 30 menit. Supaya aki masih pada keadaan sempurna, Teman dekat harus secara berkala memanasi mobil/motor.

Jika dirasa artikel ini kurang membantu, kalian bisa baca artikel ini yang masih berhubungan dengan artikel tersebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here