Mudah! 9 Cara Terbaik Mengatasi HP Yang Kemasukan Air

0
62

Mudah! 9 Cara Terbaik Mengatasi HP Yang Kemasukan Air

Tidak perduli sehebat-hebatnya kita jaga handphone kecintaan, kadang ada sesuatu hal yang tidak dapat dijauhi. Apa mendadak hp itu jatuh ke wastafel, kehujanan, atau terlontar ke kolam renang. langkah menangani hp kemasukan air gampang maka bila ini berlangsung, tak perlu cemas.
Anda bisa selamatkan hp kecintaan kamu dengan mengikut beberapa panduan yang akan kami beri buat kamu.

LANGKAH MENGATASI HP YANG KEMASUKAN AIR

1. Selekasnya Matikan Handphone

Waktu alami tragedi dan terkena air, selekasnya matikan dan terlepas baterei handphone Anda.
Terlepas kartu sim, sd card dan apa saja yang dipasang sebab pada kondisi basah atau terkena air, elemen handphone Anda bisa alami konslet atau bahkan juga terbakar.
Dengan memutus daya hp itu, Anda dapat menahan kerusakan menebar kemana saja. Bila telah dilepaskan, jangan tergesa-gesa menghidupkannya kembali lagi, turuti dahulu beberapa langkah pengatasan selanjutnya.

2. Membuka Casing Handphone untuk Memberikan Jalan Udara

Sesudah mematikan handphone, lepas casing dan membuka seluruh saluran udara. Jangan coba melepas skrup dan semua komponennya sebab handphone mempunyai Liquid Damage Indicator (LDI), yang bila terganggu, karena itu garansinya akan hilang.
Anda bisa juga menggoyang-goyangkan handphone secara perlahan-lahan supaya air yang ada di dalamnya keluar.
Tetapi hati-hatilah, bila Anda salah mengguncangnya, air yang ada malahan dapat capai sisi dalam dan jadi memperburuk kondisi.

3. Terlepas Baterei, Memori Card dan SIM Card

Untuk kurangi risiko korsleting di perangakat smartphone anda. selekasnya terlepas baterei memori card dan sim card, dengan ini handphone terlepas dair korslet sebab air yang masuk ke hp.

4. Pakai Kain yang Bisa Meresap Air

Kecuali turunkan air dengan menggoyang-goyangkannya, Anda dapat mengeringkannya dengan mempelkan kain ke sisi yang basah.
Seharusnya jangan bersihkan dengan menggosoknya hanya karena akan menebarkan air beralih kemana saja.

5. Sedot Air Memakai Vaccum Cleaner

Langkah terhebat untuk keluarkan air dari handphone dengan memakai vacuum cleaner.

Jangan tiup atau memanasinya memakai pengering rambut sebab akan menghancurkan elemen dalam handphone.
Saat sebelum memakai vacuum cleaner, yakinkan tidak ada beberapa benda kecil seperti sim card, sd card atau baterei.

6. Membeli Ziplock dan Isikan dengan Beras atau Silica Gel

Pilihan lain untuk keringkan dan meresap air yang ada dalam handphone yang basah ialah memakai ziplock yang diisi beras atau silica gel.

Ke-2 bahan itu mempunyai kekuatan kurangi kelembapan. Masukan beras kering/silica gel ke dalam ziplock dan lelepkan handphone basah Anda ke dalamnya.

Diamkan dia ada dalam sepanjang dua hari, jangan tertarik untuk menghidupkannya sampai betul-betul kering.

7. Check Sesudah 2 Hari

Sesudah 2 hari, mengeluarkan handphone dari ziplock dan membersihkan. Check monitor handphone Anda.

Bila masih ada uap air, balikkan ke dalam ziplock. Jika telah kering seutuhnya, coba masukan baterei ke dalam handphone itu dan coba nyalakan.

Jika handphone tidak berpijar, langkah awal yang perlu Anda kerjakan ialah lakukan pengisian daya.
Bila baterei handphone tidak terisi, karena itu kemungkinan batereinya hancur. Coba pakai baterei lain atau selekasnya kontrol handphone itu ke tukang service.

8. Lihat Handphone Sepanjang Beberapa Hari

Bila handphone itu dapat berpijar, lihat fenomena yang kemungkinan tampil untuk hari-hari kedepan.

Putar musik, coba aplikasi game dan kerjakan panggilan telepon untuk menguji fenomena yang kemungkinan tampil.

9. Membawa ke tukang service berlangganan

Langkah ini harus dikerjakan bila handphone tidak juga berpijar atau berlangsung fenomena sesudah dapat berpijar.

Jangan sampai usaha untuk membedahnya sendiri bila Anda tak pernah memperoleh training atau eksper.

Karena itu, langkah terhebat dengan bertandang ke tukang service berlangganan atau ke supplier service sah handphone itu. Beberapa supplier sediakan garansi untuk handphone yang tidak menyengaja tercelup air.

Jadi tidak ada kelirunya untuk coba bawa kartu garansi ke supplier service sah handphone Anda. Siapa tahu Anda dapat melakukan perbaikan tiada perlu keluarkan dana.

Walau biasanya langkah ini sukses membuat hp basah jadi kering, tapi pemakaian beras atau silica gel tidak jamin hp Anda akan sehat 100%.

Langkah terhebat ialah bawa ke tukang service berlangganan atau supplier service sah untuk melakukan perbaikan. Langkah ini dapat dipakai untuk menangani hp terkena air hujan atau yang begitu lembap.

Untuk mengindari hal ini hp basah atau lembap karena terkena air semakin lebih baik bila Anda melakukan investasi lebih dengan beli casing anti air yang banyak dipasarkan di pasar. Atau bahkan juga beli handphone yang mempunyai feature anti air atau water resistant.

Akan tetapi, sekalinya tercatat “water resistant”, Anda tetap harus pelajari lebih dulu mutunya sebab beberapa cuman dapat menampik air pada kondisi spesifik.

Janganlah lekas coba menenggelamkan handphone “water resistant” ke dalam bak mandi atau ke dalam air, sebab cukup beresiko.

PENUTUP

Mudah-mudahan panduan menangani hp terkena air di atas bisa menolong Anda selamatkan handphone kecintaan dari tragedi kebasahan. Selamat mempraktikkan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here