7 Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak Dengan Bodrex

0
54
Mudah 7 Cara Memperbaiki Aki Kering yang Soak Dengan Bodrex

Tidak ada aki, mobil dan motor tidak kemungkinan dapat jalan. Lantas, bagaimanakah cara memperbaiki aki kering yang rusak dengan Bodrek? Secara lengkap dalam artikel ini.

Aki pada kendaraan mempunyai peranan yang perlu dalam mekanisme kelistrikan. Baik sepeda motor atau mobil. Elemen yang ini diperlukan untuk memasok daya listrik berbentuk baterei ke elemen yang lain.

Bila taka da aki, karena itu kendaraan mobil atau motor akan susah dinyalakan. Dimulai dari starter mobil, AC, lampu, mekanisme selingan, dan yang lain.

Karena itu, sekarang kamu tidak perlu cemas kembali, berikut langkah memperbaiki aki kering yang rusak untuk mobil dan motor.

7 Langkah Memperbaiki Aki Kering Mati Keseluruhan untuk Mobil dan Motor

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Kamu membutuhkan alat dan beberapa bahan untuk memperbaiki aki, misalnya:

– Obeng minus, benda ini digunakan untuk buka penutup aki,
– Cairan isi ulangi aki kering dan basah (zuur), untuk pengisian aki baru bukan isi ulangi, ya,
– Kain lap, digunakan untuk mengelap cairan yang menetes atau jatuh ke sisi yang tidak diharapkan,
– Alat suntik atau suntikan tinta printer, ini untuk masukkan air aki ke box tempat aki kering, dan
– Paling akhir, lem plastik atau solatip, alat ini bermanfaat untuk menyambung kembali lagi sisi penutup aki.

2. Mulai Melepas Aki

Sesudah alat dan bahan komplet, pertama kali kamu harus melepas aki dari motor atau mobil.

Triknya, lepas kutup positif (+) lebih dulu.

Ini mempunyai tujuan supaya kamu tidak menyengaja jatuhkan kunci pada mobil dan menghindar timbulnya percikan api sebab sentuhan logam dan kutub negatif (-).

Berhati-hati,ya!

3. Membersihkan Aki

Langkah memperbaiki aki kering selanjutnya ialah memperbishkannya bila telah lepas.

Hingga, waktu mulai membedahnya kotoran-kotoran semua terjaduh ke lantai.

Langkah bersihkan aki, yakni, seka sisi yang kotor dengan kain lap sampai bersih.

4. Bedah Penutup Aki

Langkah memperbaiki aki kering yang mati keseluruhan selanjutnya, yakni buka penutup aki.

Pakailah obeng minus (-) yang telah kamu siapkan dan tujukan pada tulisan ‘Do Not Open’.

Kerjakan hal sama di bagian samping dan belakang dari penutup aki.

Bukalah dengan berhati-hati supaya kotak aki tidak makin rusak.

5. Mulai Isi Air Aki (Zuur)

Sesudah buka penutup aki, kamu akan mendapati enam lubang.

Nah, isi memakai air aki (zuur) dengan alat suntik.

Isikan tiap lubang sampai 1 cm di bawah lubang aki, ya.

Langkah memperbaiki aki kering mobil dan motor ini dapat digunakan untuk aki basah juga.

Bila seluruh lubang karet telah berisi, tutuplah secara pertemuan dengan solatip sampai tidak ada sela udara untuk masuk.

Berhati-hati waktu pengisian air aki, janganlah sampai terserang kulit, sebab bisa mengakibatkan iritas. Bila terlanjut terkena, selekasnya gosok-gosok memakai sabun supaya iritasi bisa menyusut.

6. Memakai Bodrex

Langkah memperbaiki aki kering dengan bodrex kerap kali dikerjakan oleh masyarakat +62.
Lakukan langkah memperbaiki aki kering dari point 1-4.

Kemudian, kosongkan air aki dan tuang air panas ke dalamnya.

Ini mempunyai tujuan untuk bersihkan sekalian aktifkan kembali lagi sel baterei yang tidak berperan atau mati.

Ulang beberapa langkah ini selaku langkah memperbaiki aki kering yang turun dan betul-betul bersih.

Selanjutnya, keringkan aki sepanjang lebih kurang 3 jam atau sehari penuh.

Lalu, tambahkan air aki zuur dan bodrex yang sudah kamu gerus sampai halus ke setiap lubangnya. Kemudian, tutup kembali lagi sampai meeting.

7. Langkah Memperbaiki Aki Basah dengan Garam

Tidak cuman bodrex saja, langkah memperbaiki aki kering motor dan mobil dapat manfaatkan garam yodium.

Triknya masih sama, membersihkan aki dan buang airnya.

Lalu, campurkan 5 sdm garam yodium untuk aki basah besar sama air panas sampai betul-betul mencair.

Sedang, 2 sdm untuk aki basah kecil.

Kemudian, campur sama air dingin dan isi aki.

Lalu, tutup baut dengan kuat.

Bila telah usai, langkah memperbaiki aki basah selanjutnya ialah isi atau charge sepanjang lebih kurang 10-15 menit.

Atau cukup kenakan ke kendaraan dan nyalakan mesin..

Bila ada gumpalan garam, matikan kendaraan lalu, membersihkan dan hidupkan kembali.

Sesudah bersihkan isi baterei dari air garam, kamu dapat mengisinya sama air zuur.

Dan, tutup meeting kotak aki.

Ketidaksamaan Aki Kering dan Basah

Sesudah mengenali langkah memperbaiki aki kering, kamu harus dapat mengenali ketidaksamaan dari ke-2 tipe aki yang kerap digunakan.
Yakni, aki kering dan aki basah.

Biasanya, ke-2 aki ini memakai cairan elektroda atau air aki.

Tetapi ada ketidaksamaan yang berarti dari aki kering dan aki basah.

Aki basah harus diisi air aki saat pengin digunakan, sedang, aki kering telah ada air aki yang diisi dari pabrik.

Perawatan aki kering dan aki basah juga berlainan.

Aki kering perawatannya semakin lebih gampang daripada aki basah, sebab kamu harus teratur memeriksa tempat ujung kabel dan terminal supaya tidak ada jamur putih.

Sedang, aki basah selalu harus dilihat keadaan air akinya supaya tidaklah sampai kering.

5 Tipe Aki yang Perlu Kamu Kenali

Dikutip dari situs sah Daihatsu Indonesia, aki meiliki lima tipe.

Inilah keterangan dari beberapa jenis aki yang berada di Indonesia.

1. Aki Basah

Aki ini umum dan gampang diketemukan di btiap bengkel.

Diberi nama aki basah sebab ada cairan elektrolit atau air aki berbentuk asam sulfat.

Air aki basah memiliki kandungan timah antimoni yang cepat habis sebab kekuatan evaporasinya.

Untuk harga tentu tambah murah dibandingkan tipe yang lain.

2. Aki Kering

Aki kering memiliki kandungan cairan elektrolit yang ada timah kalsium.

Timah kalsium ini lebih irit dalam proses evaporasinya.

Dari pabrik, aki kering disegel dengan kuat hingga cairan elektrolitnya tidak berpotensi untuk tumpah.

Tetapi, harga tambah mahal dibanding aki kering.

3. Aki Kalsium

Berlainan dengan ke-2 aki di atas, tingkap evaporasi pada aki tipe ini lebih minim dibanding biasanya.

Disamping itu, ketahanan baterei aki kalsium benar-benar bagus di dalam salurkan listrik.

Tetapi, aki ini kurang terkenal di Indonesia.

Jadi, stoknya terbatas dan harga juga mahal sekali.

4. Aki Gel

Seterusnya, ada mode aki gel yang dikatakan sebagai aki berteknologi hebat.

Aki ini memakai gel dan tidak perlu cemas saat tumpah.

Karena, tidak ada cairan elektrolit yang memiliki sifat korosif atau beresiko.

Disamping itu, bebas dari wujud perawatan apa saja dan umur penggunaannya lebih tahan lama dibanding tipe aki yang lain.

5. Aki Hybrid

Sesuai namanya, aki hybrid atau hibrida ini bermakna perkawinan dari aki biasa dengan aki kalsium.

Aki ini memiliki tingkat evaporasi yang paling minim dan tidak membutuhkan perawatan begitu teratur.

Tetapi, aki hybrid masih tetap jarang diketemukan pada beberapa toko.

PENUTUP

Mudah-mudahan artikel di atas dapat berguna untukmu, ya.
Datangi Informasi Property caramudah.id untuk membaca info sekitar property yang lain.

Jika dirasa artikel ini kurang membantu, kalian bisa baca artikel ini yang masih berhubungan dengan artikel tersebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here