5 Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC

  • 5 min read
  • Des 11, 2020
Cara Mengatasi Hp Android yang Bootloop Tanpa PC

Langkah memperbaiki android – Bagaimanakah cara mengatasi hp bootloop pada handphone android yang kita cintai ?

Sudah pernahkah anda alami hp android anda datang – datang mati / bootloop pada hp android anda ? Saat itu juga anda bepikir hp android anda hancur dan pengin mengenali langkah memperbaiki smartphone / tablet android yang mati keseluruhan itu.

Walau secanggih-canggihnya hp android yang ada di saat ini kadang dapat alami permasalahan atau error yang tidak kita kenali. Tidak berhasil booting atau bootloop adalah salah satunya persoalan hp android yang cukup kerap kita dengar dari beberapa pemakai hp android dan langkah flash android tiada pc solusi yang kerap dicari saat bootloop.

Pada umumnya bootloop ini karena sudah berlangsungnya kerusakan pada mekanisme android yang menyebabkan perangkat android tidak berhasil lakukan start-up. Hingga hp android tidak bisa masuk pada menu home dan cuman munculkan simbol saja.

Pemicu HP Android Bootloop

Bootloop yang berlangsung pada handphone android kerap kali tampil sesudah anda lakukan up-grade Android OS dengan manual atau lakukan instal custom ROM. Hp android yang mengalami tidak berhasil booting biasa diperlihatkan dengan datang – datang hp mati sendiri / bisa saja hp mati keseluruhan.

Lantas bagaimanakah langkah memperbaiki hp android bootloop itu ?

Yang kerap hadapi permasalahan bootloop umumnya mereka beberapa pemakai yang lagi belajar dan berusaha untuk mengaplikasikan suatu hal yang baru pada hp / tablet Android mereka. Tidak kecuali untuk mereka yang menggunakan handphone dari Samsung, Advan, Asus Zenfone, Oppo, Lenovo, Smartfren Andromax dan beberapa produk yang lain.

Saat sebelum kita mengenali langkah mengatasi bootloop dan tidak meluncurnya penampilan mekanisme secara benar, alangkah seharusnya bila kita mengenali factor yang mengakibatkan hp android kerap restart sendiri.

Factor yang mengakibatkan bootloop seperti langkah install yang keliru, ada malware atau virus, custom ROM berlangsung kerusakan file pada mekanisme android sampai anda memaksain mekanisme supaya dipasang walau sebenarnya hardware dari tablet dan handphone anda tidak suport pada mekanisme itu. Di sini kami akan coba share panduan supaya anda bisa memperbaiki android anda yang alami bootloop dengan recovery android.

Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa PC

Pertama – tama kita harus mengenali pemicu android bootloop saat sebelum mengenali bagaimanakah cara memperbaiki hp android yang datang – datang mati atau hp android yang tidak ingin booting / terus reboot dengan sistem recovery.

1. Android Light Bootloop

Umumnya sebab pemakai hp Android / tablet di saat penggunaan normal Install Aplikasi, main game, dll tetapi mendadak Android / Tablet anda Reboot atau Restart automatis, tetapi waktu dihidupkan kembali cuman sampai simbol saja dan stop disana.

Solusi light bootloop di hp android ialah coba restart smartphone android anda lebih dulu, bila masih berlangsung perombakan yang lebih bagus silakan matikan lalu terlepas batereinya dan pasang dan hidupkan kembali lagi.

2. Android Medium Bootloop

Biasa mucul karena pemakai mengutak-atik hp Android dan masuk ke Mekanisme Recovery, yang umum dipakai untuk buka mekanisme (rooting). Ini terhitung kelompok kerusakan menengah.

Solusi medium bootloop di hp android ialah seharusnya saat sebelum anda lakukan settingan apa saja yang ada di Recovery Mode alangkah sebaiknya bila lakukan backup pada file – file yang ada dalam handphone android anda supaya bisa direstore kembali lagi bila berlangsung permasalahan.

3. Android Hard Bootloop

dalam Android. Misalnya Meng-upgrade OS, umumnya bila kita dengan maksud mengubah sricptnya kita harus rooting Android kita agar dapat masuk ke mekanisme admin android. Bootloop hp android tipe ini umumnya mempunyai ciri-ciri waktu dinyalakan cuman sampai simbol saja dan tidak bergerak kembali.

Solusi hard bootloop di hp android ialah beranikan anda untuk lakukan faktory reset, tetapi jika anda ragu-ragu silakan membawa ke servis center untuk memperbaiki android yang bootloop itu.

Biasanya nyaris tiap persoalan pada HP dan tablet Android bisa diperbarui dengan lakukan cara Faktory Reset. Namun, cara ini dapat menyebabkan pada kehilangan beberapa data penting yang sudah di install awalnya, hingga perlu lakukan install ulangi.

Anjuran dari kami saat akan lakukan Faktory Reset pakai selaku pilihan paling akhir, bila seluruh pilihan solusi telah dikerjakan tetapi belum sukses. Bila percaya, tidak ada solusi dan langkah mengatasi bootloop, mati keseluruhan, atau mungkin tidak dapat hidup cuman tampil simbol saja karena itu Anda dapat lakukan cara “Faktory Reset”.

Langkah Masuk Recovery Mode Pada HP Android

Tetapi kesempatan ini kami akan share panduan langkah mengatasi smartphone android mati keseluruhan dengan cara mengatasi android sistem recovery 3e. Awalnya akan kami berikan tahukan fungsi Recovery Mode. Mekanisme recovery mode dipakai saat Handphone Android dan tablet Android Anda alami permasalahan seperti berikut :

  • Bila table / HP Android tidak dapat start atau stop dan sampai di simbol saja (biasa disebutkan bootloop Android). Ini berasal dari faktor-faktor, misalkan karena ada aplikasi error, juga bisa sebab barusan meng-install aplikasi yang tidak cocok dengan type smartphone (dalam banyak masalah, sesudah meng-install font changer). 
  • Dalam masalah HP /tablet / handphone Android bisa dihidupkan, tetapi tidak ingin memberi respon input dari pemakai, misalkan layar Android tidak ingin disentuh atau tidak bisa masuk pada menu telephone / tablet. 
  • Jika Anda lupa PIN, Sandi atau Anda kebanyakan lakukan eksperimen menggambar skema (pattern) pengunci hp Android yang mengakibatkan Anda tidak bisa masuk pada menu.
  • Kerusakan-kerusakan software Android yang lain.

Step 1 : Masuk ke recovery mode

Masuk pada menu recovery mode Android, matikan dahulu smartphone / tabletnya > pencet dan tahan beberapa tombol Android secara bertepatan (misalkan tombol vol Up + Vol Down + power secara bertepatan) > seterusnya masuk ke dalam recovery mode.
Harus diingat : Langkah masuk recovery mode (tombol yang perlu didesak) dapat berbeda di antara satu type HP dengan type yang lain. Misalkan semacam ini :

Samsung

Galaxy Gio / Bugar / Mini / ACE: Home + tombol Power
Galaxy Young / young duos / Pocket: Pencet tombol Home + Volume Up + Power

HTC

Power + Volume Down + Power On (secara bertepatan sampai tampil recovery mode)

HUAWEI
tombol Power + volume up + Tombol Power

LG
tombol Home + Volume Up + Power

Andromax
tombol Home + Volume Up + Power

ADVAN ANDROID
Power + Pencet Volume Down sampai keluar gambar Android dan sinyal segitiga lalu pencet tombol Home

CROSS
Power + Volume DOWN

Penampilan Recovery mode cuman berbentuk tulisan saja. Pada menu recovery mode, umumnya Anda tidak bisa memakai touchscreen atau mungkin tidak berperan. Untuk kepentingan navigasi naik dan turun, Anda dapat memakai tombol volume (bergantung type smartphone Android).

Step 2: Kerjakan Wipe Data / Faktory Reset

Sesudah ada dalam menu recovery mode, pilih feature “Wipe Data / Faktory Reset” seterusnya restart smartphone Anda.

Untuk mempermudah Anda, berikut kami beri contoh langkah lakukan faktory reset pada smartphone samsung galaxy young :

  • Seharusnya daya baterei masih lumayan (minimum 70%)
  • Matikan smartphone
  • Pencet secara bertepatan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa menit > seterusnya masuk pada menu recovery mode Android
  • Pakai tombol Volume, tujukan cursor sampai ada di tulisan “Faktory reset / wipe data”
  • Pencet tombol HOME untuk mengawali proses > nantikan sebentar, dan berharap sabar waktu proses berjalan Reboot smartphone

Kecuali untuk mengatasi bootloop pada smartphone / tablet Android, langkah ini dapat mengatasi bila Anda lupa sandi hp yang penting Anda kerjakan hanya masuk ke recovery mode > kerjakan Faktory Reset / Wipe data.

Disamping itu recovery mode ini bisa juga mengatasi permasalahan hp mentok di simbol waktu dihidupkan. Saya sempat juga mengulasnya pada posting Langkah Memperbaiki HP OPPO Yang Cuman Tampil Tulisan OPPO.

Untuk masuk ke pada menu Recovery Mode, cuman bisa dikerjakan pada keadaan smartphone mati (off)

Langkah Mengatasi HP Xiaomi Bootloop Restart Sendiri Tanpa PC

Dengan masuk ke recovery mode otomatis kamu telah lakukan flash hp android tiada PC, karena dalam menu itu kita dapat merestart ulangi android itu. Misalkan saja permasalahan langkah mengatasi hp xiaomi yang bootloop seperti berikut ini :

1. Hal yang pertamanya kali kita kerjakan untuk mengatasi hp xiaomi bootloop dengan matikan (turn off) perangkat Xiaomi yang kita punyai lebih dulu

2. Kemudian pencet dan tahan tombol Volume up + Power secara bertepatan sampai tampil penampilan menu recovery pada layar hp xiaomi supaya kita bisa masuk ke MI Recovery Mode

3. Dalam Mode Recovery pakai bahasa English, disamping itu untuk navigasi (turun naik) pakai tombol Volume Up dan Volume Down dan pakai tombol Power selaku tombol enter

4. Lantas akan ada 3 opsi, yakni :

Wipe Pemakai Data : Meniadakan data pemakai.
Wipe Cache : Meniadakan file cache di mekanisme piranti Xiaomi.
Wipe all Data : Meniadakan seluruh data pemakai dan data aplikasi (Faktory Reset).

5. Tentukan dari ke tiga opsi di atas dan kemudian tentukan Reboot >> Reboot to Sistem One (latest) untuk hidupkan hp xiaomi secara normal, kemudian tinggal kita saksikan hasilnya.

PENUTUP

Begitu panduan mengatasi permasalahan HP Android Bootloop tiada pc, jika faktory reset rupanya tidak sanggup mengatasi permasalahan bootloop atau hp Android tidak dapat masuk pada menu, karena itu solusi yang umum dikerjakan adalah dengan lakukan flash firmware atau install ulangi mekanisme operasi smartphone.

Mudah-mudahan artikel kami pada kesempatan ini bisa berguna untuk kita, terima kasih.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *