Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan PC/HP (Lengkap Dengan Gambar)

0
24

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC/HP (Lengakap Dengan Gambar)
Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC/HP (Lengakap Dengan Gambar)

Caramudah.id – Awalnya, Kami pernah menerangkan dan berikan panduan paling gampang untuk cara menggunankan GBWhatsApp Secara Lengkap. Tetapi, Pada kesempatan ini Kami akan fokus untuk mengulas cara menggunakan Whatsapp web yang dapat Anda gunakan di PC / laptop atau NoteBook Secara Lengkap dan Jelas, di Sertai dengan gambar Pendukung

Sama seperti yang diketahui, WhatsApp atau yang dipersingkat dengan WA Adalah sebuah media sosial yang sanggup membuat pemakainya untuk melakukan komunikasi dengan pengguna yang lainnya. Nah, sekarang WA bukan sekedar media sosial yang dapat digunakan pada handphone saja lho. Sekarang WhatsApp Juga bisa di gunakan di PC Maupun Laptop/Notebook

Karenanya Whatsapp mempunyai satu aplikasi yang dapat Anda gunakan di PC / laptop, Yaitu Whatsapp Web. Ya, di sini Anda dapat membuka dan melakukan komunikasi selayaknya Anda menggunakan WA di hp. Kurang lebih apa seluruh fitur Whatsapp Web sama misalnya dengan Whatsapp di Handphone?

Bagaimana cara menggunakan Whatsapp Web? Apakah bedanya? Bagaimana cara meng-install Whatsapp Web? Seluruh pertanyaan itu akan Kami kumpulkan jawabnya ke dalam artikel di bawah ini. So, masih stay tune sampai akhir artikel ini ya! Sebelum masuk ke Tutorialnya kita lihat dulu persaratan menggunakan WhatsApp Web yah.

Syarat Menggunakan Whatsapp Web

Sumber Foto : Caramudah.id

WhatsApp Web mempunyai syarat-syarat yang perlu dilakukan saat sebelum Anda menikmatinya. Tenang saja, syarat di bawah ini tidak berbelit-belit dan cukup sederhana. Syarat ini harus Anda tempuh bila mau menggunakan WhatsApp Web dengan nyaman.

Perlu Anda Ketahui jika WhatsApp Web bukan bermakna Anda membuat account Whatsapp yang baru. Di sini, WhatsApp Web akan lakukan penyelarasan dari account WhatsApp di HP Anda ke WhatsApp Web.

Oleh karena itu, salah satunya ketentuannya, Anda harus mempunyai handphone yang sudah disamakan oleh pihak Whatsapp Web. Berikut sejumlah hal yang penting dipahami dari pemakaian WhatsApp Web:

  1. Pastikan Anda ialah pemakai hp Android atau pemakai hp iPhone.
  2. Hp Android yang memberikan dukungan WhatsApp ialah hp Android dengan mekanisme operasi Android 4.0.3. Sementara WhatsApp di iPhone dapat berjalan di iPhone dengan sistem operasi miimal iOS 9.
  3. Selain ke-2 perangkat itu, WhatsApp memberi dukungan sejumlah tablet (terkecuali yang cuma wifi only).
  4. WhatsApp bisa juga dipasang di hp dengan mekanisme operasi KaiOS 2.5.1+, misalnya JioPhone dan JioPhone 2. Sayang, hp dengan KaiOS tidak memberikan dukungan pemakaian WhatsApp Web.
  5. Persyaratan seterusnya yaitu pastikan Anda mempunyai account WhatsApp yang aktif di handphone.
  6. Selanjutnya, Anda pun diharapkan untuk mempunyai jaringan internet yang stabil pada PC / laptop yang akan digunakan untuk Menggunakan WhatsApp Web, ingat WhatsApp Web adalah media sosial yang mewajibkan Anda untuk selalu online.
  7. Anda harus menggunakan browser versi terkini baik dari Chrome, Firefox, Opera, Safari, Edge atau yang lain.

Itu banyak hal yang perlu Anda kenali saat sebelum menggunakan WhatsApp Web. Bila salah satunya persyaratan tidak Anda penuhi, karena itu WhatsApp Web tidak berjalan secara lancar atau WhatsApp Web tidak bisa dijangkau.

Cara Agar Terhubung Dengan Whatsapp Web

Sumber Foto : Caramudah.id

Apakah Seluruh syarat di atas telah terpenuhi? Jika demikian sekarang Anda siap untuk terhubung dengan Whatsapp Web. Saat sebelum menggunakan Whatsapp Web, hal pertama yang perlu Anda kerjakan ialah lakukan sinkronisasi di antara Whatsapp Web dan Whatsapp yang berada di Handphone Anda. Di sini Kami akan memperlihatkan untuk cara menyaksikan barcode WhatsApp.

Jadi, hal pertama yang perlu Anda persiapkan ialah PC / laptop untuk buka Whatsapp Web dan handphone yang sesuai syarat dari Whatsapp Web. Siap semua? Lalu, Anda dapat meneruskannya dengan mengikut beberapa tahap berikut:

Langkah Pertama  ‘Kunjungi Situs Whatsapp Web’

  • Kunjungi situs Whatsapp Web, Bisa dengan klik di sini. Sesudah meng-kliknya secara automatis Akan ke Situs Whatsapp Web dan akan tampil satu QR Kode WhtasApp
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ke Dua ‘ Klik WhatsApp Web’

  • Selanjutnya untuk pemakai Android, Anda dapat buka aplikasi Whatsapp di hp. Lalu, klik lambang titik tiga yang ada dibagian sudut kanan atas.
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ke Tiga ‘Klik OK’

  • Untuk pengguna Handphone Android, langkah setelah itu klik WhatsApp Web.
  • Kemudian, Untuk pemakai Android dapat klik OK, Seperti Gambar di bawah ini
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ke Empat ‘ Scan Kode QR’

  • Selanjutnya, Anda langsung bisa scan QR Kode yang berada di WhatsApp Web dengan menggunakan WhatsApp di hp Anda. Nah, secara automatis account WhatsApp Anda telah tersambung dengan WhatsApp Web. 
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Untuk pemakai iPhone, Anda dapat lakukan hal sama. Perhatikan gambar berikut ini.
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Anda cukup pilih “Setting” yang berada di pojok kanan bawah. Kemudian, pilih WhatsApp Web. Seperti tampil pada gambar di atas.
  • Setelah itu Anda tinggal melakukan scan QR kode.
Sumber Foto : Caramudah.id

Jadi, apa Anda telah sukses untuk lakukan Penghubungan WhatsApp hp dengan WhatsApp Web? Sedikit info jika Anda tak perlu download atau Install WhatsApp Web. Karena, WhatsApp Web cuman dapat digunakan pada browser saja ya.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Sumber Foto : Caramudah.id

Beberapa fitur WhatsApp HP berbeda dengan WhatsApp Web. Ada Beberapa fitur yang tidak dapat dijangkau jika Anda sedang menggunakan WhatsApp Web. Fitur yang tidak dapat dijangkau misalkan, Voice Call saja Untuk Semua Fitur Lainnya Bisa anda lakukan di WhatsApp Web.

Akan tetapi, fitur yang lain seperti status, chatting, dan Voice Recording, dan kirim media bisa Anda lakukan di WhatsApp Web. Nah, berikut Kami akan menjelaskannya satu-satu.

1. Cara Lakukan Chatting di WhatsApp Web

Sumber Foto : Caramudah.id

Bila Kamu mau Melakukan Chatting di WhatsApp Web, triknya benar-benar gampang. Sama dengan menggunakan WhatsApp Mobile, Anda perlu cari nama rekan yang mau Anda chat dengan mengeklik fitur search atau penelusuran yang ada dibagian kiri atas.

Kemudian akan tampil penampilan chatting dibagian kanan dan sisi kiri ialah daftar rekan yang lagi chatting dengan Anda.Untuk Fitur Emoji dan Lainnya Masih sama saja, Bisa kalian lihat gambar di atas. Gampang dan sederhana kan?

2. Cara Melakukan Voice Recording

Sama seperti yang telah disebutkan awalnya jika pada WhatsApp Web Anda dapat lakukan Voice Recording atau merekam suara. Tetapi, saat sebelum lakukan alat rekaman suara, Anda harus pastikan telah mempersiapkan perlengkapannya lebih dulu.

Alat yang diperlukan ialah microphone untuk merekam suara Anda. 

Langkah Pertama ‘Klik Icon Voice Recording’

  • Sesudah Anda menyiapkannya, silakan klik lambang voice recording yang ada dibagian sudut kanan bawah.

Langkah Ke Dua  ‘Klik Allow’

  • Setelah Kalian Klik Icon ‘Voice Recording’ Maka akan muncul Notifikasi di Browser PC Kalian Untuk MengAktifkan Microphone. Kalian Tinggal Klik ‘Allow Atau OK, GOT IT’.
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Setelah Kalian Mengikuti Langkah Pertama dan Kedua maka Otomasi Kalian Bisa melakukan Voice Recording di WhatsApp Web Kalian, untuk Contohnya bisa kalian Lihat di bawah ini.
Sumber Foto : Caramudah.id

3. Cara Kirim Gambar dan Media Yang lain di WhastApp Web

Dalam WhatsApp Web menyediakan fitur di mana Anda dapat kirim media seperti gambar, video, dokumen, dan contact. Cara mengirimnya benar-benar gampang. Untuk Caranya mudah Sekali

Langkah Pertama ‘Klik Icon Media’

  • Langkah Awal untuk Mengirim File Sebuah Gambar, Video atau Lainnya adalah kalian klik Icon File yang seperti di bawah ini.
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Sesudah Kalian Klik Icon File Tadi, Maka akan muncul Pilihan sebuah icon-icon untuk mengirim file.
  • Sebagai Contoh, Admin ingin mengirim sebuah Gambar atau Video yah, Maka kita klik icon Gallery.
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ked Dua ‘Klik Show All Files’

  • Setelah kita klik icon Gallery Tadi Maka akan muncul sebuah Clipboard, Langkah Selanjutnya kita klik ‘Show All Files’
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ke Tiga ‘Pilih File Gambar’

  • Langkah Terahir, Setelah kalian Menyelesaikan semua langkah di atas, kalian pilih atau klik File yang ingin kalian kirim.
  • Klik Open Untuk Mengirim dan Klik Cancel Untuk Membatalkan 
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Selesai, Mudah Bukan.

4. Cara Melihat Status di WhatsApp Web

Belakangan ini, WhatsApp memberi fitur terbaru yaitu berbentuk status. Ya, status yang berada di WhatsApp dapat berbentuk tulisan, gambar, atau video. Nah, status itu berlaku untuk di WhatsApp Web. Tetapi sayang, WhatsApp web mempunyai kekurangan untuk fitur yang ini.

Memanglah, Anda dapat melihat status rekan di WhatsApp dengan menggunakan WhatsApp Web. Tetapi, Anda tidak dapat mengupdate status di WhatsApp Web. Nah, untuk mengupdate status karenanya Anda cuma dapat melakukan di WhatsApp mobile saja ya. Seperti inilah cara melihat Status di WhatsApp Web:

Langkah Pertama ‘Klik Icon Lingkaran’

  • Cara pertama untuk melihat Status di Whatsapp adalah dengan mengklik Icon seperti Lingkaran. atau kalian bisa lihat gambar di bawah ini.
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ke Dua ‘Klik Icon Profil Teman’

  • Setelah kalian Icon Status seperti yang saya jelaskan di atas tadi, kemudian kalian Klik Seperti yang saya tandai di bawah ini.
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Bagian kiri adalah Icon Profil dan kanan adalah bagian tampilan Status kalian.
  • Yang saya Tandai Biru Ialah Profil kalian dengan meng Klik Profil Kalian Maka Otomatis akan menampilkan Status kalian
  • Yang saya Tandai Merah Ialah Profil Teman kalian dengan meng Klik Profil itu maka otomatis akan menampilkan Status teman kalian
  • Untuk Contoh Tampilan Ketika Melihat Status, bisa kalian lihat di bawah ini.
Sumber Foto : Caramudah.id

Nah, demikianlah cara lihat status teman WA di WhatsApp Web. Cuman dua langkah saja, cepat, gampang, dan sederhana.

5. Cara Mengganti Thema WhatsApp Web

Bukan hanya di whatsapp HP, sama halnya Whatsapp web juga bisa mengganti Themanya. untuk caranya sangat mudah. kalian bisa ikuti seperti di bawah ini.

Langkah Pertama ‘Klik Settings’

  • Langkah pertama untuk mengganti tema adalah dengan klik icon tiga titik di bagian tengah, kemudian klik Settings, atau bisa kalian lihat gambarnya di bawah ini.
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Kedua ‘Klik Icon Lingkaran’

  • Setelah kalian klik settings seperti langkah di atas, maka akan muncul tampilan settings dari Whatsapp Web.
  • Klik Theme untuk mengganti Thema dan Klik Chat Wallpaper untuk menggati Background Chat kalian.
  • Disini Terlebih dahulu kita Klik terlebih dahulu, Yah.
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ke Tiga ‘ Pilih Tema’

  • Selanjutnya setelah Menyelesaikan Langkah langkah di atas. sekarang kita pilih tema yang kalian inginkan, disitu telah di sedian pilihan tema: Light , Dark, dan System Default
  • Kita pilih Dark saja yah, lalu Klik OK untuk menerapkannya.
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Setelah menyelesaikan semua langkah untuk mengganti thema whatsapp, maka tampilannya akan seperti di bawah ini.
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Mengganti Background ‘Chat Walpaper’

  • Berbeda dengan mengganti Thema, untuk mengganti background Chat di whatsapp Web, caranya sama seperti halnya mengganti thema. namun ada sedikit perbedaan di bagian settings. untuk mengganti chat wallpaper di bagian Menu Settings Kalian Klik ‘Chat Walpaper’
  • Setelah itu Tampilammya seperti di bawah ini.
Sumber Foto : caramudah.id
  • Bagian Kiri yang saya tandai itu ialah background dari pilihan Chat Wallpaper dan bagian kanan adalah tampilannya.
  • Klik dua kali pada background pilihan wallpaper, Maka setelah itu background otomatis di terapkan di Whatsapp web

Nah, itulah cara mengganti Thema dari Whatsapp. Gampang bukan ?

6. Cara Log out dari WhatsApp Web

Kalian Mau Logout dari WhatsApp Web ? Untuk Logout atau Keluar dari WhatsApp Web, Carany Sangat Gampang sekali. yang pertama kalian Lakukan adalah Klik 3 Titik Icon Bagian Tengah Kemudian Nanti terdapat pilihan, Kalian Lihat kebawah dan klik LOG OUT.  Seperti Gambar di bawah ini.

Sumber Foto : Caramudah.id

Log-out Juga bisa dilakukan lewat WhatsApp yang berada di Android Atau Iphone. Caranya Buka WhatsApp di HP Kalian, Klik Icon Tiga titik di bagian Kanan atas lalu klik WhatsApp Web selanjutnya pilih “keluar” atau “log-out”.

Sumber Foto : Caramudah.

Log-out ini penting di dalam WhatsApp Web, apa lagi bila Anda menggunakan WhatsApp Web yang login di PC punya seseorang, baik computer kantor atau pc punya publik.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di HP Android Tanpa Aplikasi

Ingin Menggunakan WhatsApp WEB di HP Android ? Bisa Kok

Cara ini biasanya di gunakan buat menghemat ruang penyimpanan, karena kita tidak perlu meng instal whatsapp di hp. jadi walupun tidak mempunyai aplikasi whatsapp, kita bisa menggunakan whatsapp untuk melalukan chatting. untuk caranya Seperti di bawah ini

Langkah Pertama ‘Buka Chrome

  • Langkah Awal untuk menggunakan Whatsapp web di HP adalah atur Rotasi HP Kalian menjadi Landscape, supaya memudahkan dalam penggunaan WhatsApp Web
  • Kemudian buka Chrome atau Browser yang paling kalian suka.
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Setelah itu Kalian Klik ‘Icon Tiga Titik di Browser’ lalu Aktifkan Mode Desktop atau Jika Chrome “Situs Desktop”
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ke Dua ‘Buka Situs WhatsApp Web’

  • Langkah Selanjutnya adalah Kalian Pergi ke Situs WEB dari Whatsapp Web atau kalian bisa klik Disini
  • Setelah membuka Situs WEB dari Whatsapp Web maka akan muncul sebuah KODE QR
Sumber Foto : Caramudah.id

Langkah Ketiga ‘Scan Kode QR’

  • Langkah Selanjutnya kalian Scan Kode QR yang ada di Whatsapp Web
Sumber Foto : Caramudah.id
  • Setelah Selasai Scan Kode QR maka Otomatis WhatsApp WEB Siap di gunakan
Sumber Foto : Caramudah.id
  •  Untuk Cara penggunannya sama Halnya seperti yang sudah saya jelaskan di atas
  • Selesai, Gampang kan ?

Kesimpulan

Dengan metode ini, WhatsApp Web yang terbuka melalui browser Google Chrome tersebut, dan akan terhubung dengan akun WhatsApp yang ada di smartphone satu lagi. Setelah itu, kamu dapat mengoperasikannya seperti biasa dengan sedikit batasan karena memang bukan aplikasi.

Nah, Itu panduan cara menggunakan WhatsApp Web dan semua fiturnya. Apa Anda lebih mencintai WhatsApp Web atau WhatsApp Mobile? Beri fakta Anda di kotak kometar ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here