Minggu, Juni 13, 2021
BerandaHeadset8 Cara Memperbaiki Headset Rusak atau Mati Sebelah

8 Cara Memperbaiki Headset Rusak atau Mati Sebelah

Hari buruk itu pada akhirnya datang – waktu earphone atau headset Anda pada akhirnya rusak. Untungnya, Anda tidak perlu cepat-cepat dan membeli yang baru! Anda dapat melakukan perbaikan sendiri, sesudah singgah ke toko elektronik. Sisi yang akan Anda perbaiki rawan, jadi ada resiko kerusakan lebih kronis. Tapi bila earphone Anda telah rusak, tidak ada ruginya coba memperbaiki.

Cara memperbaiki Headset yang Rusak atau Mati Sebelah ( Lengkap dengan Gambar )

Cara memperbaiki Headset yang Rusak atau Mati Sebelah

Cari Letak Permasalahan Atau Penyebab Headset Rusak

1. Dengarkan sekalian menekuk kabel

1

Dengarkan sekalian menekuk kabel.  Tekuk kabel saat dengarkan. Bila waktu kabel ditekuk Anda dapat dengar suara lewat earphone, membuka Memperbaiki Kabel, di bawah ini.

2. Coba pencet colokannya

1a

Coba pencet colokannya. Bila Anda cuman dapat dengar audio saat Anda menekan ujung colokan earphone, lompati sisi ini dan membuka Memperbaiki Colokan yang Rusak.

3. Pinjamlah earpiece (lubang suara) rekan Anda

2

Pinjamlah earpiece (lubang suara) rekan Anda. Bila Anda tidak dapat dengar apa saja, cabut kabel dari lubang suara. Colokkan ke lubang suara yang lain. Bila saat ini Anda bisa dengar suara, membuka Memperbaiki Lubang Suara.

  • Bila kabel Anda tidak dapat ditarik dari lubang suaranya, teruskan ke cara selanjutnya, “Memakai Multimeter.”

4. Memakai Multimeter

3

Bila Anda belum mendapati permasalahannya, pakailah multimeter. Anda dapat membeli di toko perangkat keras. Anda pun akan memerlukan pisau yang tajam, jadi beberapa anak harus meminta kontribusi orang dewasa bila pengin memakainya. Mengatur multimeter dengan cara selaku berikut ini:

  • Mengatur multimeter untuk mengetes kontinuitas saluran listrik yang diikuti dengan ))) atau lambang semacam.
  • Colokkan kabel hitam ke dalam lubang bertanda COM.
  • Colokkan kabel merah ke lubang bertanda Ω, mA, atau ))).

5. Mengetes dengan multimeter

4

Mengetes dengan multimeter. Multimeter akan mengeluarkan bunyi bip bila tidak ada kerusakan di kabel. Gunakan pisau tajam intuk kupas kulit kabel/isolator, turuti perintah berikut ini. Berhati-hati janganlah sampai menggunting kawat konduktor dalam kabel.

  • Kupaslah kabel sedikit, satu di dekat colokan dan satu kembali di dekat lubang suara.
  • Kabel telanjang umumnya punyai susunan perlindungan tipis. Kikis pelan-pelan susunan itu dengan pisau.[1] X Cermat sumber
  • Sentuh salah satunya kawat di kabel dengan kabel multimeter warna hitam, dan kawat lain dengan kabel warna merah. Bila multimeter mengeluarkan bunyi bip, karena itu permasalahan berada di colokan atau lubang suara.
  • Bila tidak mengeluarkan bunyi bip, kupaslah sisi lain di tengah-tengah kabel, dan tes ke-2 kupasan kabel itu.
  • Buat kupasan lain di paruh kabel yang tidak mengeluarkan bunyi bip. Ulang sampai Anda mendapati dua titik sejauh beberapa inch (beberapa cm) yang “tidak” mengakibatkan multimeter bunyi bip.
  • Teruskan ke Memperbaiki Kabel’, melalui cara mengetes.

Cara Memperbaiki Kabel

1. Tes kabelnya

21

Tes kabelnya. Gunakan earphone dan hidupkan audio. Tekuk kabel 90 derajat lewat sisi atas jempol Anda dan coba tekuk di beberapa bagian lain sejauh kabel. Bila ada suara patah atau terpenggal masuk dan keluar, berarti Anda sudah mendapati permasalahannya.[2] X Cermat sumber Bila permasalahannya berada di dekat jack, saksikan Memperbaiki Colokan untuk perintah pembaruan. Bila tidak, teruskan ke cara selanjutnya.

  • Saat Anda telah mendapati status rusaknya, tandai dengan pita listrik.
  • Bila Anda telah mendapati permasalahannya dengan satu multimeter, lalui cara ini.

2. Kupas kulit kabel

22

Kupas kulit kabel. Gunakan tang kabel, atau gunakan pisau secara berhati-hati dibagian “luar” kabel. Kupas ½ inch (1,25 cm) kulit kabel.Lanjutkan potongan sampai Anda menyaksikan sisi yang rusak. Berikut sisi yang penting Anda perbaiki.

  • Bila kabel Anda seperti terlihat dua kabel yang dilem keduanya, tiap kabel akan mempunyai isolator (signal) dan kabel telanjang (arde).
  • Earphone Apple dan beberapa merk lain dengan kabel tunggal mempunyai dua kabel isolator (signal kiri dan kanan) dan satu kabel arde didalamnya.

3. Potong kabel

23

Potong kabel. Potonglah kabel jadi dua. Bila kawat didalamnya rusak, potong ke-2 seginya untuk mengakhiri permasalahannya. Bila Anda lakukan ini, pastikan untuk menggunting ke-2 segi dengan panjang yang serupa. Panjang yang berbeda dapat mengakibatkan kerusakan listrik di earphoneAnda.[3] X Cermat sumber

  • Bila cuman satu kawat Anda yang rusak, Anda kemungkinan ingin langsung menyolder kawat, tanpa menggunting atau menyambung kawat.[4] X Cermat sumber Ini akan mengirit waktu, tetapi pembaruannya akan kurang kuat.

4. Masukan potongan selang bakar

24

Masukan potongan selang bakar. Selang bakar ialah selang karet yang seperti terlihat kulit kabel earphone Anda. Masukan kabel ke selang bakar untuk dikencangkan nanti. Sesudah Anda perbaiki kabelnya, selang bakar dapat Anda geser ke kawat telanjang untuk melindunginya.

  • Bila Anda sudah kupas di beberapa tempat untuk cari permasalahannya, selipkan selang bakar di tiap lokasi yang sudah Anda kupas itu.

5. Hubungkan kawat

25

Hubungkan kawat. Ini berarti Anda akan menghubungkan kawat yang betul. Pastikan Anda menghubungkan kawat dengan warna isolator yang serupa (atau tanpa isolator). Anda punyai dua opsi: ikatan ekor kuda, atau ikatan segaris.[5] X Cermat sumber

  • Untuk ikatan ekor kuda, silangkan dua kawat yang pengin Anda ikat, lalu puntirlah ikatannya. Ini mudah dan cepat, tapi hasil pembaruannya tidak rapi.
  • Untuk ikatan segaris, tahan dua kawat pada kondisi lempeng-menyambung, ujung berjumpa ujung. Lantas puntir ke-2 kawat menuju bersimpangan. Tehnik ini susah tetapi hasilnya semakin lebih rapi.

6. Solder ikatan

26

Solder ikatan. Gunakan setrika solder untuk meluluhkan sedikit timah ke kawat. Ulang ini untuk tiap ikatan. Diamkan dingin.

  • Kabel arde umumnya punyai susunan tipis untuk melindunginya. Kikis susunan ini atau bakar dengan setrika solder saat sebelum Anda menyoldernya. Jauhi mengisap asapnya.[6] X Cermat sumber
  • Sesudah dingin, buntel ikatan dengan pita listrik untuk pastikan ujung merah dan putih masih terpisah dari kabel arde.

7. Geser selang bakar ke tempat ikatan

27

Geser selang bakar ke tempat ikatan. Panasi selang bakar dengan pematik. Bukankah Anda suka, sebab sudah masukkan selang bakar terlebih dahulu saat sebelum menyolder ikatan?

  • Selang bakar akan berkurang jadi seperempat kali ukuran aslinya, membuntel ikatan membuat perlindungan dan perkuat kabel yang baru Anda perbaiki.

Memperbaiki Colokan yang Rusak

1. Belilah colokan baru

31

Belilah colokan baru. Anda dapat beli colokan murah lewat internet atau toko elektronik. Pilih colokan logam dengan jaringan stereo dan pegas. Pastikan ukuran sama dengan colokan lama Anda, umumnya memiliki ukuran 3,5mm.[7] X Cermat sumber

2. Lepaskan colokan yang lama

32

Lepaskan colokan yang lama. Beberapa colokan ada yang dapat diputar lepas langsung dari kabelnya. Bila colokan terhubung dengan kabelnya, karena itu Anda harus mengguntingnya seputar 1 inch (2,5 cm) dari ujung stekernya.

  • Sesudah Anda melepas penutup colokan, saksikan kawatnya. Meskipun nampak terhubung dan tidak rusak, teruslah potong kawatnya.Permasalahan kemungkinan dijumpai di kawat yang menyambung ke colokan yang lama.

3. Kupas kabel dengan tang kabel

33

Kupas kabel dengan tang kabel. Umumnya Anda akan mendapati kawat tidak terlindung (tanpa kulit) dan dua kabel isolator, atau terlindung kulit. Kawat telanjang itu disebutkan kabel arde, dan yang dua yang lain kabel untuk mengantar signal kiri dan kanan.

  • Kabel yang sama-sama berdampingan mempunyai tambahan kawat telanjang, disamping itu didalamnya sama dengan kabel unit.

4. Pasang colokan ke kabel

34

Pasang colokan ke kabel. Lepas penutup di colokan yang baru. Masukan penutup dan pegas ke dalam kabel. Masukan selang bakar ke dalam kabel.

  • Pangkal colokan semestinya mempunyai dua pin di ujungnya. Bila pin cuman satu, berarti Anda beli colokan mono, bukan stereo.

5. Hubungkan kawat ke pin

35

Hubungkan kawat ke pin. Pisah ke-3 tipe kawat di kabel Anda. Puntir ujung yang mengembang sampai ujungnya tipis. Ikatkan kawat seperti gambar berikut ini: [8] X Cermat sumber

  • Kawat telanjang disambungkan ke terminal khusus, logam paling panjang. Bila tidak ada kabel telanjang, langsung hubungkan kawat dengan isolator bergaris.
  • Dua dua kabel isolator tersisa disambungkan ke dua pin (di ujung berupa cincin). Tidak ada code warna untuk pin ini. Bila Anda salah pasang, karena itu suara kanan-kiri akan kebalik. Tetapi earphone Anda akan baik saja.

6. Capit kawat ke pin

36

Capit kawat ke pin. Gunakan clip kecil atau capitan untuk jaga kawat masih di tempatnya. Janganlah sampai ke-3 kawat itu sentuh keduanya.

7. Solder kawat ke steker

37

Solder kawat ke steker. Gunakan ampelas untuk memperkasar ujung kawat supaya gampang disolder. Solderlah pinnya. Panasi pin untuk meluluhkan timah. Ulang untuk dua kawat lain.

8. Pasang lagi tutup steker

38

Pasang lagi tutup steker. Putar penutup colokan untuk tutup pegas dan steker. Tes earphone Anda kembali lagi. Bila masihlah ada permasalahan, peluang sebab kawatnya bersinggungan. Membuka kembali lagi penutup dan pisah kawat.

Memperbaiki Lubang Suara

1. Membuka lubang suara

41

Membuka lubang suara. Proses ini akan berbeda untuk setiap mode. Lihatlah internet untuk tutorial detil, atau coba membuka link berikut ini: [9] X Cermat sumber [10] X Cermat sumber

  • Cari skrup di Sisi Telinga. Anda kemungkinan memerlukan obeng kembang ukuran 0.
  • Lepas susunan busa secara halus. Sesudah lepas, mencari skrup di bawahnya.
  • Saran pencongkel atau alat apa saja yang cukup tipis untuk mencungkil landasan sisi telinga. Congkellah. Ini dapat menghancurkan beberapa model spesifik, karena itu coba cari instruksi dahulu saat sebelum mencungkil.
  • Susunan kuncup telinga dapat dilepaskan, tapi kelihatannya Anda akan perlu segel karet baru kelak.[11] X Cermat sumber Permasalahan umumnya berada di kabel di bawah kuncup telinga.

2. Cari kawat yang kendur

42

Cari kawat yang kendur. Bila Anda mujur, permasalahannya akan nampak terang. Kawat apa saja yang kendur dalam sisi telinga harus terpasang kembali pada sisi pengeras suaranya. Cari pin logam kecil, mudah-mudahan dengan kawat-kawat yang lain tersambung dengannya. Solder kawat kembali pada status di pin telanjang.

  • Bila ada lebih satu kawat yang kendur, Anda kemungkinan perlu buku petunjuk untuk menyaksikan kawat mana harus menyambung ke mana.
  • Pastikan kawat tidak bersinggungan keduanya.

3. Ganti driver-nya

43

Ganti driver-nya. Anda dapat beli driver pengeras suara earphone baru di internet, tapi ini kemungkinan mahal. Bila Anda berpikir menukar driver lebih memberikan keuntungan, bawa earphone Anda dan driver anyarnya ke toko pembaruan. Anda dapat coba memperbaiki sendiri tapi resiko rusaknya tinggi:[12] X Cermat sumber

  • Potong karet segel di seputar driver dengan pisau tajam.
  • Cabut driver berupa kerucut.
  • Pasang driver baru ke sela yang serupa. Berhati-hati janganlah sampai sentuh diafragma

minimnya

  • Bila ini belum di rasa aman, gunakan sedikit lem di pinggirannya.
  • Kerjakan dengan membedah headset yang murah lebih dulu, bila Anda punyai.
  • Upayakan jangan menyentuhkan setrika solder kelamaan. Ini dapat meluluhkan plastik disekelilingnya atau menghancurkan jaringannya.
  • Bila susunan kuncup telinga Anda telah lepas, Anda dapat cetak karet silikon untuk mengubahnya.[13] X Cermat sumber
  • Berhati-hati janganlah sampai terbakar saat memakai solder; setrika solder sangat panas.

Cara Benarkan Headset yang Mati Sebelah

  • Permasalahan ini umumnya terjadi sebab kabel headset alami putus dalam.
  • Umumnya headset yang tidak bermutu akan alami permasalahan ini saat terbentur.
  • Untuk menanganinya, kamu bisa coba dengarkan musik lalu menekuk kabel sampai sisi yang mati keluarkan suara.
  • Bila sudah tahu posisi permasalahannya, kamu bisa memotong kabel jadi 2 sisi, pastikan tidak untuk memotong kabel kecil yang ada di bagian dalamnya.
  • Sesudah digunting, akan nampak 3-4 jaringan kabel dengan bermacam warna yang ukuran kecil.
  • Hubungkan kabel dengan warna yang sesuai selotip supaya earphone bisa berperan dengan normal kembali.

Cara Memperbaiki Headset yang Bass-nya Mati

  • Bass yang mati pada headset umumnya terjadi sebab headset terserang air.
  • Untuk menahan ini terjadi, kamu harus lebih berhati-hati saat simpan headset.
  • Jangan sesekali simpan headset pada kantong pakaian atau celana sebab beresiko tercuci di mesin pencuci.

Cara Benarkan Headset yang Bunyinya Perlahan

  • Headset yang bunyinya perlahan umumnya berawal dari musiknya sendiri yang memiliki volume rendah atau kabel yang tertekuk pada headset.
  • Solusi untuk mengatasi ini ialah memberikan selotip hitam di bagian yang rusak tidak tertekuk atau memakai aplikasi tambahan untuk mengoptimalkan volume suara.

Cara Memperbaiki Headset yang Menyetrum

  • Permasalahan ini cukup beresiko sebab bisa sakiti telingamu dan di sejumlah masalah bisa membuat orang wafat.
  • Earphone yang menyetrum terjadi sebab headset digunakan saat hp sedang isi daya atau headset alami korsleting listrik.
  • Untuk menahan headset alami korsleting, jangan sesekali memakai headset waktu hp sedang dalam model isi daya.

Cara Benarkan Headset yang Patah di Dalam Hp

  • Peristiwa ini cukup menyebalkan sebab kamu tidak dapat dengarkan musik lewat headset karena sisi yang patahnya masih terlibat di tempat jack port.
  • Permasalahan ini membuat headset tidak dapat digunakan kembali lagi dan kamu tidak dapat dengarkan musik lewat headset di hpmu.
  • Hal yang susah dikerjakan ialah bagaimana cara untuk keluarkan patahan headset dari hp.
  • Cara keluarkan patahan dengan memakai cotton bud yang dikasih lem pada ujungnya.
  • Kemudian masukan cotton bud dan dorong sampai mengenai patahan lalu biarkan.
  • Ambil cotton bud keluar secara perlahan-lahan sampai patahan turut tercabut.

headset mati total

  • Permasalahan ini umumnya terjadi sebab kabel yang putus, terserang air, atau mungkin tidak menyengaja terinjak.
  • Kamu bisa coba mengatasi ini dengan menghubungkan kembali lagi tempat kabel yang rusak memakai selotip.

***

Mudah-mudahan infonya berguna ya, Teman dekat Caramudah.id.

5f62c81507a19ee53728c6d994369d74?s=117&d=mm&r=g
GaniNugrahahttps://www.caramudah.id
Saya Gani Nugrah Penulisa serta Pemilik dari Blog Caramudah.id, Saya Lulusan SMKN 6 Pandeglang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments