Cara Membuat Google Form, Gampang dan Cepat! Terbaru 2021

0
18

Caramudah.id – Google Form banyak digunakan untuk survey secara online. Lalu bagaimana cara membuat Google Form dengan cepat dan mudah? Banyak yang pilih Google Form sebab bukan hanya gampang untuk dibikin cepat. Tetapi sebab mempermudah dalam memperoleh data. Service Google ini menjadi fasilitas yang gampang untuk kumpulkan info. Ditambahkan lagi, Google Form gratis untuk digunakan. Dari formulir pencatatan, survery, kuis, ulangan online, register, dan ada banyak lagi manfaat service Google ini.

Apa yang diperlukan dalam mebuat Google Form?

Apa yang diperlukan dalam mebuat Google Form?

  • Jaringan internet
  • Account Google

Cukup dua persyaratan hanya itu yang diperlukan untuk dapat membuat. Gampang kan? Tetapi bagaimana cara membuat Google Form ini?

Cara Membuat Google Form, Gampang dan Cepat!

Turuti panduan di bawah ini bagaimana cara membuat Google Form dengan gampang.

  • 1. Login account Google Anda di browser, buat dahulu jika belum memiliki,
  • 2. Membuka situs Google Form melalui alamat docs.google.com lalu pilih menu (simbol tiga garis) di kiri atas,
  • 3. Pilih menu Form, dan Anda akan dibawa ke halaman Google Form atau langsung bisa ke docs.google.com/forms/u/0/
  • 4. Pada bagian atas ada beberapa template, tetapi bila ingin mengawali yang baru pilih blank dengan simbol +
  • 5. Isi judul Google Form, dituruti deskripsi dibawahnya,
  • 6. Buat daftar pertanyaan dengan mode jawab, dari jawaban singkat, paragraf, multiple choice, checbox, tinggal sepertikan keperluan,
  • 7. Bila ingin menambah pertanyaan baru, klik tanda + di kanan
  • 8. Untuk memperoleh data tanggapan berbentuk spreadsheet, masuk di tab tanggapan di atas dan klik simbol spreadsheet berwana hijau, klik create dan akan automatis membuat file spreadsheet
  • 9. Kirim Google Form melalui Send di kanan atas, dapat melalui e-mail, atau link yang ada dalam tab link.
  • 10. Sesudah beberapa orang mengisinya, spreadsheet yang sudah dibikin akan automatis berisi beberapa data itu.

Beberapa pertanyaan di Google Form dapat disamakan berdasar data yang diperlukan. Bahkan juga terhitung untuk mengupload photo.

Cara Menambah Pertanyaan Pada Google Forms

  1. Klik Untitled question dan masukan pertanyaan Anda. Anda memperoleh anjuran berdasar tipe pertanyaan Anda.
  2. (Opsional) Untuk mengganti tipe pertanyaan, klik panah ke bawah.
  3. Tambah pilihan tanggapan (bila berlaku untuk tipe pertanyaan Anda).
  4. (Opsional) Kemudian untuk tentukan apa orang harus jawab pertanyaan, klik Required.
  5. Untuk menambah semakin banyak pertanyaan, pilih satu pilihan:
  6. Seterusnya untuk menambah pertanyaan baru, klik ‘Add Question’.
  7. Untuk menambah salinan pertanyaan yang ada, klik ‘Duplicate’.

Catatan: Pengubahan akan tersimpan secara automatis. Untuk menyaksikan pratinjau pengubahan Anda kapan pun, di kanan atas, klik ‘Pratinjau’.

Google Forms meliputi 12 tipe fitur: 9 tipe pertanyaan, bersama-sama dengan sektor text, photo, dan video. Cukup klik simbol + di side bar kanan untuk menambah pertanyaan baru, atau klik simbol text, photo, atau video untuk menambah media ke formulir Anda.

Tiap fitur meliputi tombol tulis untuk menduplikat cepat, dengan cara simpel untuk menambah pertanyaan sama ke formulir Anda. Ada pula tombol hapus, pilihan untuk membuat lapangan diperlukan, dan menu dengan pilihan tambahan disamping kanan.

Anda bisa menukar tipe pertanyaan kapan pun, walau perhatikan jika pengaturan lapangan dan pertanyaan Anda akan ditata ulang bila Anda berpindah dari pilihan ganda, kotak contreng, atau menu ke tipe pertanyaan yang lain.

Untuk cepat isi pertanyaan di kolom, cukup pencet enter untuk mulai menambah lainnya.

Panduan Cepat: Menyengaja menghapus komponen formulir atau menambahnya kebanyakan? Cukup ketuk CMD + Z atau Ctrl + Z untuk menggagalkan, seperti yang Anda kerjakan dalam document.
Bagaimana Cara Mengirim Google Forms Yang Sudah Dibikin?

Cara Mengirimkan Google Forms Yang Telah Dibuat

Jika Anda siap mengirim Forms Anda, Anda bisa mengirimkan melalui e-mail, mengopi dan tempelkan link dalam pesan chat atau e-mail, memasangkannya di website, atau share link di sosial media.

Cara Kirim Forms Anda:

  1. Dikanan atas, klik Kirim.
  2. (Opsional) Untuk kumpulkan alamat e-mail: Bila pendengar formulir terbatas pada organisasi Anda, check secara automatis mengumpulkan alamat e-mail organisasi informan Anda. Bila Anda membagikan formulir secara external, check Mengumpulkan alamat e-mail.
  3. Pilih bagaimana Anda ingin kirim formulir:
  4. Masukan alamat e-mail di kolom Ke. Anda bisa sesuaikan content subyek dan pesan.
  5. Link-Klik Link ‘insert link‘. Anda bisa menyingkat URL. Klik Tulis dan tempel link ke percakapan, pembicaraan, atau e-mail.
  6. Content situs web-Klik kode Embed. Anda bisa tentukan dimensi frame sebaris. Klik Copy dan paste HTML ke web atau website Anda.
  7. Untuk mengirim Forms Anda pada disosial media yang Anda punyai Anda tinggal Klik salah satunya simbol sosial media.

Itu pembahasan kami mengenai cara membuat Google Forms. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here