Cara Jualan di Tokopedia Lengkap dengan Gambar

  • 8 min read
  • Feb 20, 2021
cara jualan di Tokopedia terbaru 2021

Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di indonesia. dengan hal ini cocok buat kalian yang ingin memulai jualan online di internet. bagaimana caranya? yuk kita simak bersama sama cara jualan di tokopedia.

Kamu pertama kalinya berjualan online atau baru ingin membuat toko online? Tokopedia saja! Membuka toko di Tokopedia mudah sekali. Kurang dari 5 menit, tokomu siap terima konsumen. Keuntungan membuka toko di Tokopedia juga berlipat. Misalnya, di Tokopedia ada lebih dari 90 juta pemakai aktif tiap bulannya! dan ,asih banyak lagi, seperti di bawah ini :

Keuntungan Jualan di Tokopedia :

  • Buka Toko Gratis (Tanpa biaya apapun)
  • Jangkauan Se-Indonesia ( Calon pembeli berpotensi di 98% di Wilayah Indonesia)
  • Layanan Pengiriman Lengkap (Cakupannya Hingga ke Pelosok Indonesia)
  • Banyak Pendukung Fitur Jualan (Lengkap dengan fitur-fitur pilihan untuk bantu kembangkan tokomu)

Cara Jualan atau buat toko di Tokopedia

cara jualan di Tokopedia terbaru 2021

Dibawah ini adalah beberapa langkah membuka atau membuat toko di Tokopedia ,Kamu belum verifikasi account Tokopediamu? Tidak boleh cemas ya, turuti beberapa langkah gampang di bawah ini untuk membuka toko di Tokopedia, Sebagai berikut.

Saat sebelum membuka toko di Tokopedia, kamu harus punyai account konsumen lebih dulu. Berikut 4 langkah gampang buat account konsumen Tokopedia.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Tokopedia di Google PlayStore atau AppStore, klik ‘Gabung Sekarang’ lalu klik ‘Daftar’ untuk membuat account konsumen.
1
  • Masukan nomor hp atau e-mail yang ingin kamu gunakan. Klik ‘Daftar’.
2
  • Kamu akan dikirim kode Verifikasi atau OTP (One Time Password) ke nomor hp atau e-mail yang kamu gunakan. kode Verifikasi itu untuk mengaktifkan account pembelimu. Ingat ya, kode OTP karakternya rahasia. Tidak boleh beri kode ini ke siapa saja terhitung yang akui sebagai tim Tokopedia.
3
  • Tulis nama lengkapmu yang seperti KTP supaya mempermudahmu melakukan penarikan saldo atau dana ke rekening kamu. Klik ‘Lanjut’. Selamat! Account pembelimu telah jadi!

Panduan buka toko di Tokopedia

Sekarang kita masuk ke cara membuka toko di Tokopedia. Turuti 5 langkah di bawah ini.

  1. Membuka aplikasi Tokopedia. Ketik ‘Buka Toko’ di kolom penelusuran, klik ‘Buka Toko Gratis’.
  2. Kamu akan ditujukan ke halaman membuka toko. Klik ‘Buka Toko Gratis’.
  3. 3. Catat nama tokomu. Nama toko tidak dapat diganti ya. Pastikan kamu telah mempersiapkan nama toko yang tepat. Sesudah isi nama tokomu, isi domain toko. Domain toko ini nanti akan berfungsi sebagai link tokomu di Tokopedia.
    • Contoh :
    • Nama toko: Tokopedia Merchandise
    • Nama domain: tokopedia.com/merchandise
  4. Isi survey singkat supaya Tokopedia dapat memberi pengalaman terbaik buat kamu dan dapat memberi suport jualan yang maksimal.
  5. Masukan alamat toko yang betul dan komplet. Alamat ini akan digunakan oleh pengantar untuk ambil barang dari tokomu. Melengkapi nama jalan, nomor bangunan, nomor RT dan RW, kecamatan, sampai kode pos. Klik ‘Simpan’. Selamat! Tokomu telah jadi!

Selekasnya lebih produk agar tokomu cepat bisa pesanan ya. Bila dalam 90 hari kamu tidak lebih produk, tokomu akan dihapus secara tetap. Kamu harus membuat toko dari awalnya lagi bila ingin buka toko baru.

Cara menambahkan alamat toko offline Tokopedia

Kamu dapat menambahkan alamat toko offlinemu dengan mengikuti langkah berikut yang sekiranya cocok dengan kebutuhan kamu, soalnya kami menyediakan cara menambahkan alamat toko offline di Komputer, Android, dan Ios :

Cara menambahkan alamat toko offline di Desktop/Komputer

  •     Login ke akun Tokopedia Anda
  •     Klik ikon tiga titik ,pilih Pengaturan Toko.
  •     Pilih tab Lokasi.
  •     Klik Tambah Lokasi.
  •     Isi semua data diri dengan benar
  •     Klik Simpan.

Cara menambahkan alamat toko offline di Android

  •    Klik Icon tiga titik atas, lalu pilih Pengaturan
  •    Pilih tab Atur Toko.
  •    Pilih Lokasi.
  •    Klik ikon + atau Tambah
  •    Isi semua data, lalu klik ikon Centang

Cara menambahkan alamat toko offline di IOS (Iphone/Apple)

  •     Klik icon tiga titik di atas
  •     Klik nama toko Anda di menu Toko Saya.
  •     Klik pengaturan di kanan atas layar.
  •     Pilih Lokasi.
  •     Klik ikon + atau Tambah
  •     Isi semua informasi yang diperlukan dengan benar, lalu klik Simpan.

Syarat Dan Ketentuan TokoMember di Tokopedia

Di kutip dari Tokopedia.com Syarat dan Ketentuan TokoMember merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi Tokopedia. Penggunaan TokoMember  tunduk pada Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi, Kebijakan Privasi, serta Syarat dan Ketentuan yang tertulis di bawah ini. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna secara hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.tokopedia.com, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Tokopedia. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.tokopedia.com.

A. Definisi

  1.     Tokopedia adalah PT. Tokopedia dan seluruh afiliasi atau anak perusahaannya, suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.tokopedia.com, yakni situs pencarian toko dan barang yang dijual oleh Penjual terdaftar. Selanjutnya disebut Tokopedia.
  2.     Situs/Aplikasi adalah situs www.tokopedia.com milik Tokopedia yang dapat diakses melalui desktop site dan/atau aplikasi yang berbasis Android atau iOS.
  3.     Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Tokopedia, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli, Penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
  4.     Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu barang kepada para Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
  5.     Partner adalah Penjual yang telah mendaftarkan tokonya di laman pendaftaran Official Store dan telah melalui kurasi oleh pihak Tokopedia.
  6.     Official Store merupakan ruang khusus yang disediakan bagi akun-akun Penjual atau Partner yang berdasarkan pengakuannya merupakan distributor atau pemegang hak merek/brand yang resmi dan sah untuk menjual produk mereka secara online melalui website Tokopedia.
  7.     Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan pembelian atas Barang yang dijual oleh Partner melalui Situs/Aplikasi.
  8.     TokoMember adalah fitur yang disediakan bagi Pengguna untuk dapat menjadi Member dari perkumpulan yang disediakan oleh Partner pada Situs/Aplikasi dan mendapatkan manfaat tambahan saat bertransaksi di Situs/Aplikasi.
  9.     Member adalah Pengguna yang terdaftar sebagai anggota Membership yang disediakan oleh Partner.
  10.     Membership adalah perkumpulan yang disediakan oleh Partner pada Situs/Aplikasi.
  11.     Program Membership adalah program yang disediakan oleh Partner bagi Pengguna yang terdaftar sebagai Member pada Official Store yang dikelolanya.
  12.     Stempel adalah tanda yang bisa didapatkan dan dikumpulkan oleh Member pada saat melakukan transaksi dengan Partner untuk mendapatkan manfaat tambahan apabila telah mencapai jumlah tertentu.
  13.     Kupon adalah berbagai manfaat yang dapat dinikmati oleh Member yang telah mengumpulkan stempel dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan program yang telah ditetapkan oleh Partner.
  14.     Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan situs/aplikasi, Kebijakan Privasi, Syarat dan Ketentuan ini dan setiap Syarat dan Ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan Penggunaan situs/aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
  15.     Syarat dan Ketentuan adalah Syarat dan Ketentuan untuk menggunakan TokoMember.

B. Umum

  1. Untuk dapat menggunakan fitur TokoMember, Pengguna harus memiliki akun terdaftar yang aktif dan telah terverifikasi, serta tidak dalam status moderasi.
  2. Pengguna hanya dapat mendaftar sebagai Member pada Partner yang menyediakan Membership.
  3. Manfaat tambahan yang dapat diperoleh Member hanya berlaku apabila melakukan transaksi yang memenuhi ketentuan Program Membership yang ditetapkan oleh Partner.
  4. Dengan menggunakan fitur TokoMember, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketentuan perolehan manfaat tambahan akan mengacu pada syarat dan ketentuan masing-masing Program Membership yang diadakan oleh Partners.
  5. Dengan menggunakan fitur TokoMember dan mendaftarkan diri sebagai Member, Pengguna memahami dan menyetujui untuk menerima informasi terkait penawaran, promosi, produk baru, dan lainnya oleh Partner melalui email dan fitur TopChat.
  6. Apabila Pengguna melakukan tindakan yang melanggar Syarat dan Ketentuan, Ketentuan Situs dan/atau ketentuan hukum yang berlaku, maka Tokopedia berwenang untuk melakukan tindakan atas hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) membatalkan Stempel yang telah dikumpulkan; (ii) membatalkan transaksi; (iii) penutupan akun Pengguna; (iv) membatalkan keikutsertaan Member; dan/atau (v) pembatalan Kupon.
  7. Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Tokopedia menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses Situs/Aplikasi, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.

C. Kelayakan Pengguna

  1. 1 (satu) Pengguna dapat mendaftarkan lebih dari 1 (satu) Member Official Store.
  2. Untuk dapat menjadi Member, Pengguna harus terlebih dulu mendaftarkan diri pada halaman Membership masing-masing Partner yang dapat dilihat di laman www.tokopedia.com/membership.
  3. Pelanggan akan otomatis terdaftar dalam satu Program Membership saat mendaftarkan diri.
  4. Jangka waktu Program Membership yang dapat diikuti Member akan ditentukan oleh masing-masing Partner dan dapat dilihat pada laman Membership milik Partner.

D. Program Membership

  1. Member akan mendapatkan Kupon apabila telah berhasil mengumpulkan Stempel dalam jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan Program Membership yang ditetapkan oleh Partner.
  2. Kupon dapat berupa kupon belanja dengan manfaat berupa promo cashback, diskon, gratis ongkir, dan manfaat lainnya yang diatur lebih lanjut sesuai dengan syarat dan ketentuan Program Membership atau syarat dan ketentuan Kupon yang diperoleh.
  3. Untuk mendapatkan Stempel, Member harus mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing Program Membership.
  4. Apabila terdapat ketentuan minimum transaksi, maka akan dihitung dari 1 (satu) kali transaksi pada Partner dan tidak termasuk biaya pengiriman.
  5. Ketentuan terkait perhitungan kelipatan nominal transaksi akan diatur lebih lanjut pada syarat dan ketentuan Program Membership masing-masing Partner.
  6. Stempel akan didapat saat Member melakukan konfirmasi penerimaan barang atau paling lambat 2×24 jam setelah pengiriman berstatus “terkirim” pada sistem Tokopedia.
  7. Stempel tidak dapat diakumulasikan dan/atau akan dianggap hangus apabila telah melewati masa promosi program membership.
  8. Kupon yang didapatkan akan otomatis masuk ke dalam halaman Kupon Saya.
  9. Ketentuan mengenai masa berlaku Kupon akan diatur pada masing-masing Kupon.
  10.  Kupon yang telah melewati masa berlaku tidak dapat digunakan dan akan dianggap hangus.

8 Hal yang Bisa Merpercepat Penjualan di Tokopedia

Hai Seller, terima kasih telah berani ambil langkah yang pas untuk mengawali usaha online di Tokopedia. Siap untuk berjumpa dengan 90 juta pemakai di Tokopedia kan?

1. Buat branding toko yang cocok

Merek atau merk ialah segala hal yang berkaitan dengan perusahaan, produk, atau service, semua atribut, baik yang berbentuk atau tidak berbentuk. Untuk mempertahankannya, kita perlu untuk mempunyai merek identity yang disebut komponen visual yang ada membuat sebuah merk. Merek identity ini meliputi simbol, tipografi, warna, dan paket.

Ini benar-benar dibutuhkan di usaha online supaya tokomu selalu menempel di pemikiran beberapa calon konsumen.

2. Persiapkan daftar produk yang bagus untuk mengundang perhatian konsumen

Daftar produk ialah halaman produk untuk tiap barang yang kamu jual di Tokopedia. Dengan daftar produk yang bagus, kekuatan produkmu diketemukan di halaman penelusuran oleh konsumen jadi lebih besar. Disamping itu adalah pemasti apa konsumen akan beli produkmu atau mungkin tidak.

Panduan mengendalikan daftar produkmu:

  • Beri nama produk dengan rumus: Tipe/kelompok + Merk + Info. Dalami di sini!
  • Gunakan photo produk yang memikat konsumen. Cek secara lengkap di sini!
  • Beri deskripsi produk yang jelas dan lengkap. Saksikan videonya di sini!
  • Beri harga yang bersaing agar berkompetisi dengan produk lain.

3. Unggah produk lnagsung dengan fitur ‘Tambah Sekaligus’

Saat ini kamu tidak perlu repot untuk unggah produk satu-satu lagi. Bila kamu ingin menambah banyak produkmu sekalian atau dengan jumlah banyak, kamu dapat menggunakan fitur ‘Tambah Sekaligus’ di Halaman Daftar Produk. Maka unggah produk dapat bisa lebih cepat dan efektif dech!

4. Optimalkan pengangkutan dan aktifkan Bebas Ongkos kirim

Semua konsumen yang belanja di toko Power Merchant dan Official Store dapat memperoleh Bebas Ongkos kirim sampai Rp20.000 untuk pengangkutan dalam pulau yang serupa dan sampai Rp40.000 untuk pengangkutan antar pulau menggunakan service reguler dari SiCepat dan Anteraja. Untungnya lagi, Seller tidak dibebani ongkos apa saja, alias GRATIS!

Saat sebelum aktifkan Bebas Ongkos kirim, pastikan jika tokomu telah up-grade Power Merchant ya Seller!

5. Mempercantik toko dengan Fitur Dekor Toko

Tokopedia punyai fitur Dekor toko untuk mempercantik penampilan halaman teras tokomu dengan menggunakan spanduk, promosi, produk favorit, dan video. Fitur ini dapat dijangkau di Halaman Tokopedia Seller dalam menu ‘Dekorasi Toko’. Konsumen akan ditujukan ke halaman Teras tokomu. Jadi mereka langsung akan menyaksikan beberapa konten terbarumu. Fitur dekor toko ini dapat digunakan oleh semua Seller, lho!

6. Urus toko dengan 1 halaman Tokopedia Seller

Kamu dapat terhubung Halaman Tokopedia Seller melalui link seller.tokopedia.com/home. Di penampilan Halaman Tokopedia Seller ini, kamu dapat mengendalikan perform harian toko, manajemen stock produk, sampai cari informasi artikel dan moment terkini. Semuanya ada pada sebuah halaman, yaitu di Halaman Tokopedia Seller!

Nah, kamu perlu tahu beberapa bagian penting dari halaman Tokopedia Seller:

1. Kamu dapat cek tersedianya barang, benar-benar menolongmu untuk mengendalikan stock produk

1

Sisi ‘Stok Produk’ ini baru akan tampil bila kamu punyai produk yang laku dalam tiga bulan paling akhir tapi stoknya kosong. Perannya untuk mengingati kamu supaya selalu up-date stock dan janganlah sampai menggagalkan pesanan yang tiba karena stock habis.

2. Info penting ini hari, berisi fokus yang perlu kamu kerjakan ini hari

2

Kamu akan memperoleh ringkasan info penting dan sedapat mungkin harus kamu tuntaskan ini hari. Infonya sekitar pesanan baru yang masuk, pesanan yang siap dikirimkan, chat dari konsumen, sampai ada atau tidaknya protes dari konsumen.

3. Ringkasan pemasaran berisi ringkasan penjualanmu dalam 1 minggu

3

Sisi ringkasan pemasaran memberi info seberapa banyak pemakai Tokopedia yang tiba ke tokomu, seberapa banyak produk yang terjual, dan penghasilanmu dalam 1 minggu. Kamu dapat menggunakan info dari ringkasan pemasaran untuk membuat neraca keuangan tokomu atau membuat taktik usaha yang akan datang.

7. Mengoptimalkan pemasaran dengan sejumlah fitur yang ada

Kamu dapat manfaatkan fitur TopAds untuk mencapai konsumen semakin banyak lagi. Bukan hanya hanya itu, beri kebahagiaan ke konsumen dengan Voucer Toko berbentuk cashback atau cuma-cuma ongkos kirim. Kamu perlu membuat toko dan produkmu lebih dikenali oleh beberapa konsumen dengan manfaatkan fitur Feed.

8. Awasi pemasaran menggunakan aplikasi Tokopedia Seller (khusus Android)

Dengan download aplikasi Tokopedia Seller, kamu makin lebih gampang untuk:

  • Mengendalikan fokus aktivitas berjualanmu tiap hari dengan fitur “Penting Hari Ini”.
  • Terhubung fitur utama di dalam aplikasi melalui penampilan navigasi baru.
  • Membalas pesan konsumen setia dengan bisa lebih cepat melalui fitur “Chat”.
  • Mengendalikan toko online punyamu pada sebuah halaman.

Penutup

Nah itular artikel tentang cara berjualan di tokopedia yang bisa kalian ikuti. bagaimana ? mudahkan

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *