13 Cara Cek Saldo KIP di HP Via WEB, Aplikasi, BRI, dan BNI

Cara Cek Saldo KIP di HP – KIP (Kartu Indonesia Pintar) berhubungan dengan PIP (Program Indonesia Pintar). Di mana nanti pendistribusian dana kontribusi PIP ini dilaksanakan berbentuk Kartu Indonesia Pintar Yakni (KIP). PIP sendiri sebagai merupakan program dana Pendidikan yang disahkan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini direncanakan khusus untuk menolong beberapa anak dari keluarga yang kurang sanggup supaya masih meneruskan pengajaran sampai mulai dari SD hingga SMP/SMA/SMK/MA (Sederajat).

Kembali lagi ke topik utama tentang KIP, di sini kami caramudah.id akan mengulas bagaimana cara cek saldo KIP di HP kalian. Cara cek saldo KIP (Kartu Indonesia Pintar) ini bisa dilakukan dengan 4 cara , yaitu via web, via aplikasi android, Via BANK BRI dan Via BANK BNI.

Semua cara tersebut bisa dilakukan dengan mudah apabila kalian mengikuti tutorial yang akan kami bagikan ini, jadi kalian tak perlu bingung untuk menanyakan ke seorang saat akan memeriksa saldo KIP. Sebelum ke pembahasan utama alangkah baiknya kita sedikit mengetahui tentang KIP (Kartu Indonesia Pintar) itu.

APA ITU KIP (Kartu Indonesia Pintar) ?

KIP atau Kartu Indonesia Pintar dari PIP (Program Indonesia Pintar) merupakan wujud kontribusi tunai yang di berikan kepada pelajar sekolah yang berusia dari 6 tahun sampai maksimal 21 Tahun pelajar yang dari keluarga kurang sanggup, yang mana penerima kontribusi bisa memeriksa melalui ponsel saldo KIP itu apa sudah cair atau memang belum. Penerima kontribusi umumnya siswa/pelajar yang sudah menggenggam KIP, jika kamu termasuk siswa dari keluarga tidak sanggup bisa ajukan untuk Program Indonesia Pintar.

Saldo KIP menjadi dana kontribusi yang diberi pemerintahan ke anak dari keluarga kurang sanggup. Di mana nanti dana KIP/PIP itu bisa dicairkan untuk menolong ongkos atau biaya sekolah sampai tingkat lanjut keatas (SMA/SMK/MA).

Saldo KIP juga menjadi wujud pencairan dana kontribusi PIP lewat KIP (Kartu Indonesia Sehat), KIP ini dikasih ke pelajar (penerima kontribusi) sebagai identitas atau pertanda jika pelajar itu sudah memperoleh kontribusi yang mana penerima kontribusi bisa memeriksa saldo KIP melalui ponsel/smartphone

Sebelum melakukan pengecekan saldo dari KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kita harus mengetahui terlebih dahulu. Apakah kita menjadi penerima dari Bantuan Dana KIP ini. Untuk cara pengecekannya bisa kalian lihat di bawah ini.

Cara Cek Penirima KIP / PIP

Triknya lumayan gampang untuk melihat dan memeriksa penerima dana kontribusi PIP di situs pip.kemdikbud sesudah kamu masukkan NISN dan data yang lain selanjutnya pencet cek data karena itu kamu akan memperoleh info mengenai pelajar itu apa pelajar SD/MI,SMP/MTs/SMA/MA/MAN/Sederajat memperoleh dana kontribusi PIP/KIP atau mungkin tidak. Cara lengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Berikut cara memeriksa pelajar penerima Dana Bantuan atau kontribusi PIP/KIP

1. Buka Situs Penerima KIP

cara cek saldo kip di hp

Langkah Pertama ialah buka situs SiPintar dengan alamat link https://pip.kemdikbud.go.id/

2. Scroll Kebawah

cara cek saldo kip di hp 1

Setelah situs sipintar terbuka kalian Scroll kebawah dan temukan form Penerima PIP dan Kalian Isi data kalian. Seperti contoh di bawah ini.

  • NISN : Masukan Nama NISN
  • Tanggal Lahir : Masukan Tanggal Lahir
  • Nama Ibu Kandung : Masukan Nama Ibu Kandung

3. Cek Data

Setelah Kalian Memasukan data yang sudah kalian isi di form penerima PIP kalian Klik “Cek Data”

4. Selesai

Setelah kamu klik Cek data maka kamu akan memperoleh info dari data pelajar tersebut. jika kamu sebagai penerima PIP, maka kamu bisa mencairkan saldo kip pada rekening bank penyalur dan kamu akan memperoleh info salah satunya seperti di bawah ini :

  • Nama : Informasi Nama Penerima
  • Sekolah : Informasi Sekolah Penerima
  • Kecamatan : Informasi Kecamatan Penerima
  • Kabupaten : Informasi Kabupaten Penerima
  • Provinsi : Informasi Provinsi Penerima
  • Bank penyalur: Informasi Bank Penyalur bisa BRI atau BNI

Nah, Kebalikannya Jika pelajar Tidak memiliki informasi sebagai penerima bantuan KIP/PIP maka akan muncul informasi tidak sebagai penerima kontribusi PIP atau “Pelajar bukan penerima PIP” .

Selesai melakukan pengecekan penerimaan dana bantuan PIP/KIP Langkah selanjutnya kita akan cek saldo KIP apakah sudah cair atau masuk kerenkening atau belum. Caranya bisa kalian lihat di bawah ini.

Baca Juga : 15 Pinjaman Online Bunga Rendah Terdaftar OJK

Cara Cek Saldo KIP (Kartu Indonesia Pintar)

Terdapat 4 cara mudah untuk melakukan pengecekan saldo bantuan KIP yang bisa kalian coba. Simak baik baik di bawah ini yah.

Cek Saldo Kip Di Hp Lewat Aplikasi

Cara cek saldo KIP di HP yang pertama adalah dengan cara menggunakan aplikasi JAGA yang ada di playstore. Aplikasi ini bisa didownload dengan gratis lewat Play Store kalian masing masing. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memeriksa saldo KIP dengan beberapa langkah seperti berikut ini:

1. PASANG APLIKASI JAGA

Aplikasi Jaga.id kip

Unduh dan instal Aplikasi JAGA, selanjutnya login ke account itu dengan mengggunakan e-mail dan sandi yang kalian gunakan.

2. PILIH MENU PENDIDIKAN

Di halaman ini, kalian tentukan menu pendidikan, lalu tentukan tingkat sekolah sekolah (SD, SMP SMA, SMK, MAS, MAN, dan sebagainya / tetapkan opsi seperti tingkat sekolahmu) dan melengkapi informasi data :
– Kota/Kabupaten
– Nama Sekolah
– Pilih dan klik tombol mencari sekolah
– Kalau sudah ada, pilih dan klik sekolah kalian

3. TAMPIL PILIHAN TAHAP CEK SALDO KIP

Setelah itu nanti akan tampil beberapa pilihan menu opsi untuk cara cek saldo KIP, salah satunya ialah:
– Lihat Profile Sekolah
– Lihat Sekolah
– Lihat Program Sekolah

4. PILIH PROGRAM SEKOLAH

Di halaman Program Sekolah, masukan info di kolom berikut:
– Tingkatan sekolah : Masukan Tingkat sekolah kalian (SD, SMP SMA, SMK, MAS, MAN)
– Masukan NISN : Masukan NISN Kalian
– Klik/Tekan tombol mencari

5. INFORMASI DETAIL TERLIHAT

Kalian akan menyaksikan beberapa penampilan info tentang tingkatan sekolah, NISN, nama, nama sekolah, kelas, nomor SK, rekening bank pencairan saldo KIP/PIP, tanggal cair Saldo KIP dan yang lainnya.

Baca Juga : 15 Pinjaman Online Tenor Panjang Terdaftar OJK

CEK SALDO KIP DI HP LEWAT WEBSITE (WEB)

Untuk Cara yang kedua kalian bisa lakukan dengan cara menggunakan Website/Web untuk melaukan cara pengecekan Saldo KIP. Cara Seperti di bawah ini. simak dengan baik yah.

1. BUKA BROWSER atau Google

Langkah Pertama ialah buka browser chrome atau apapun yang kalian suka di HP kalian, selanjutnya di kolom penelusuran saat alamat www. jaga.id. Dan login memakai e-mail dan sandi yang kalian gunakan.

Untuk memeriksa pencairan saldo PIP/KIP tanpa Aplikasi bisa kamu kerjakan dengan buka browser baik lewat computer atau memakai HP dengan alamat link cek saldo PIP/KIP https:// jaga.id/

2. PILIH MENU PELAYANAN PUBLIK

Setelah itu pilih atau tentukan menu Pelayanan Publik pada bagian bawah, lalu pilih Pendidikan. Di menu Pendidikan ada banyak menu yang penting dan harus dilengkapi, misalnya:

Tentukan Kelompok: Tingkatan/tingkat sekolah
Nama : Isi Nama Sekolah
Daerah Kota/Kabupaten: Isi Nama Kabupaten
Pencet tombol hadirkan/tampilkan.

3. MUNCUL NAMA SEKOLAH/LEMBAGA

Nanti akan ada halaman Bidang/Pendidikan yang ditampilkan nama sekolah. Kemudian cek saldo KIP/PIP:

Tap nama instansi yang diperlihatkan di monitor
Bakal tampil halaman profile sekolah
pilih Program PIP
Pada bagian samping kanan pada cek nomor KIP, masukan nomor KIP atau NISN pelajar penerima kontribusi/bantuan lalu tap/klik Mencari.

4. MUNCUL KETERANGAN TANGGAL PENCARIAN KIP/PIP

Selanjutnya Kalian bisa menyaksikan info pelajar penerima bantuan KIP/PIP seperti data diri seperti berikut ini:

Tingkatan Pengajaran/Sekolah
Nama Sekolah
Nomor NISN Pelajar
Kelas
Rekening Bank Pencairan KIP

5. DANA BANTUAN SIAP DI CAIRKAN

Jika saldo KIP/PIP telah cair maka penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar bisa langsung saldo PIP itu di bank penyalur yang sudah di tentukan untuk kebutuhan sekolah pelajar.

Baca Juga : 15 Pinjaman Online Via Web Terdaftar OJK

Cara Cek Saldo KIP di BRI

kamu bisa cek saldo kip di BRI lho. jika penyalur bank yang ada di kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) adalah bank BRI kamu bisa langsung mengeceknya dengan cara kunjung Agen BRI LINK terdekat dan kemudian kamu tinggal minta cek saldo KIP ke pengawas AGEN BRILINK tersebut

Jika kamu bingung tentang cara pengecekan Saldo KIP di BRI kamu bisa melihat Video ini dari Channel Youtube “Top Youtube Channel ID” dengan Judul “Cara Cek Saldo Kartu Indonesia Pintar Via Agen Brilink” . Vidio ini sudah di lihat lebih dari 46000 Orang.

Cara Cek Caldo KIP di BNI

Tak hanya Bank BRI, Jika Penyalur bank yang ada di KIP kamu Bank BNI. maka kamu juga bisa mengecek saldo tersebeut di ATM BNI. caranya kamu bisa lihat Vidio yang di bagikan oleh Devnay Channel ini.

Ahir Kata

Saldo PIP/Program Indonesia Pintar bisa dicairkan oleh pemegang KIP (Kartu Indonesia Pintar) yang mana KIP itu diberikan ke peserta didik berdasar pangkalan data terintegrasi (BDT) yang dikeluarkan oleh menteri sosial Penerima kontribusi PIP diprioritaskan yang sudah mempunyai KIP, tetapi jika kamu termasuk pelajar yang kurang sanggup bisa mengajukannya supaya di usulkan sesuai proses yang berlaku

Nah itulah cara cek saldo KIP di HP 2021. kamu bisa coba cara di atas jika ingin memeriksa saldo PIP/KIP supaya dipahami dana, apakah dana bantuan telah cair apa belum di rekening kamu.

GaniNugrahahttps://www.caramudah.id
Saya Gani Nugrah Penulisa serta Pemilik dari Blog Caramudah.id, Saya Lulusan SMKN 6 Pandeglang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles