Cara Bayar BPJS Kesehatan Secara Online Terbaru 2021

0
28

Bayar iuran Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat dilaksanakan dengan gampang. Peserta BPJS Kesehatan tidak perlu tiba ke kantor BPJS atau melalui toko retail tertentu. Sekarang ini ada beberapa saluran untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan. Diantaranya Berdikari Online.

Pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan paling lamban tanggal 10 pada tiap bulannya.

Cara bayar BPJS Kesehatan melalui Mandiri Online

Berikut cara bayar BPJS Kesehatan melalui Mandiri Online:

  • Membuka aplikasi Mandiri Online. Lalu login dengan Username dan Sandi Anda.
  • Pilih “Bayar”. Masuk di menu Bayar.
  • Masuk di “Buat Pembayaran Baru” lalu “Asuransi”.
  • Tap di menu Buat Pembayaran Baru kemudian pilih Asuransi.
  • Tetapkan Rekening Sumber yang akan anda gunakan lalu tap isian Penyuplai Layanan.
  • Pada pilihan Penyuplai Layanan, scroll ke bawah untuk mendapati pilihan BPJS Kesehatan Keluarga.
  • Masukan Nomor VA BPJS anda, tetapkan Jumlah Bulan yang pengin anda bayar kemudian Lanjut. Transaksi usai sesudah anda Verifikasi dan masukkan MPIN.

Nomor Virtual Akun (VA) BPJS kesehatan di Bank Berdikari diawali dengan angka 89888 dan dituruti dengan 11 digit paling akhir nomor kartu BPJS Kesehatan Anda. Contoh, bila nomor peserta 0001234567890, karena itu no VA peserta ialah: 8988801234567890

Perincian iuran BPJS Kesehatan terkini

Diringkas dari situs sah BPJS Kesehatan berikut perincian iuran BPJS Kesehatan terkini: – Untuk peserta Yang menerima Kontribusi Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan iuran dibayarkan oleh Pemerintahan.

  1. Iuran untuk Peserta Karyawan Yang menerima Gaji yang bekerja pada Instansi Pemerintah terbagi dalam Karyawan Negeri Sipil, anggota TNI, anggota Polri, petinggi negara, dan karyawan pemerintahan non karyawan negeri sejumlah 5% dari Upah atau Gaji /bulan. Ketetapannya: 4% dibayarkan oleh pemberi kerja dan 1% dibayarkan oleh peserta.
  2. Iuran untuk Peserta Karyawan Yang menerima Gaji yang bekerja di BUMN, BUMD dan Swasta sejumlah 5% dari Upah atau Gaji /bulan. Ketetapannya: 4% dibayarkan oleh Pemberi Kerja dan 1% dibayarkan oleh Peserta.
  3. Iuran untuk keluarga tambahan Karyawan Yang menerima Gaji yang terbagi dalam anak ke 4 dan sebagainya, ayah, ibu dan mertua, besaran iuran sebesar sejumlah 1% dari upah atau gaji per-orang /bulan, dibayarkan oleh karyawan yang menerima gaji.
  4. Iuran Jaminan Kesehatan untuk Veteran, Pelopor Kemerdekaan, dan janda, duda, atau anak yatim piatu dari Veteran atau Pelopor Kemerdekaan, iurannya diputuskan sejumlah 5% dari 45% upah dasar Karyawan Negeri Sipil kelompok ruangan IIIa dengan periode kerja 14 tahun /bulan, dibayarkan oleh Pemerintahan.
  5. Iuran untuk famili lain dari karyawan yang menerima gaji (seperti saudara kandungan/ipar, orang kepercayaan rumah tangga, dll); peserta karyawan bukan yang menerima gaji dan iuran peserta bukan karyawan ialah sebesar:
  6. Sejumlah Rp 42.000 per-orang /bulan dengan manfaat servis di ruangan perawatan Kelas III. Khusus iuran BPJS Kesehatan kelas III, bulan Juli – Desember 2020, peserta bayar iuran sejumlah Rp. 25.500. Bekasnya sejumlah Rp 16.500 akan dibayarkan oleh pemerintahan sebagai kontribusi iuran. Per 1 Januari 2021, iuran BPJS Kesehatan kelas III yakni sejumlah Rp 35.000 sesaat pemerintahan masih memberi kontribusi iuran sejumlah Rp 7.000.
  7. Iuran peserta BPJS kelas II sejumlah Rp 100.000 per-orang /bulan dengan manfaat servis di ruangan perawatan Kelas II.
  8. Iuran peserta BPJS Kesehatan kelas I sejumlah Rp 150.000 per-orang /bulan dengan manfaat servis di ruangan perawatan Kelas I.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here