7 Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop

0
35
Begini 7 Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop
Begini 7 Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop
caramudah.id – Tiap kendaraan tentu memerlukan aki (aki) yang berperanan penting untuk memasok daya listrik ke elemen kendaraan yang lain.

Jika peranan aki berlangsung masalah atau permasalahan seperti aki ngedrop, rusak, kurang kuat, atau mati keseluruhan. Ini akan membuat terusiknya kinerja pada kendaraan.

Lantas bagaimanakah langkah memperbaiki aki kering yang ngedrop atau rusak?

Dalam lakukan pembaruan aki kering diperlukan ketrampilan yang dapat didalami. Saat sebelum memperbaiki aki kering persiapkan dahulu alat dan bahan berikut ini.

Siapkan Alat dan Bahan Pembaruan

Saat sebelum memperbaiki aki kering yang rusak, lebih dulu siapkan peralatan berbentuk beberapa alat pembaruan yang bermanfaat untuk mempermudah pembuatan nanti.

1. Air aki yang dapat diperoleh di toko otomotif
Air aki atau zuur di sini digunakan untuk isi aki baru, bukan malahan untuk menambahkan cairan aki. Kamu dapat beli air aki ini di bengkel atau toko otomotif paling dipercaya.

2. Selotip atau isolasi ukuran besar
Isolasi nanti digunakan untuk tutup sisi lubang aki supaya bisa merekat kuat dan tidak gampang lepas masa datang. Selotip atau isolasi upayakan yang memiliki ukuran besar dan mempunyai daya lekat kuat.

3. Pisau atau gergaji besi
Perlengkapan yang lain diperlukan untuk memperbaiki aki kering ialah pisau atau dapat dengan gergaji besi bila kamu punyai. Alat ini nanti digunakan untuk buka tutup aki.

4. Obeng minus

Untuk buka cover aki pada bagian atas dibutuhkan alat berbentuk obeng minus selaku pencungkit.

5. Obeng plus
Sama seperti dengan obeng minus, obeng plus digunakan untuk buka penguncian pada beberapa bagian aki yang cuman dapat dibuka dengan obeng plus.

Langkah Memperbaiki Aki Kering Yang Ngedrop

Begini 7 Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop
Begini 7 Cara memperbaiki aki kering yang ngedrop

1. Melepas Aki Kering dari Kendaraan

Saat sebelum lakukan pembaruan pada aki kering kendaraan baik itu motor atau mobil, lebih dulu harus melepas atau lepas aki dari tempatnya. Yang penting kamu kerjakan pertama lepas kutup positif (+) dibagian aki.

Bila kutup negatif (-) mesih melekat dengan kutup positif (+) maka berlangsung percikan api atau saluran listrik yang dapat mensetrum anggota tubuh. Ini mempunyai tujuan supaya lebih aman dalam melepas aki dari tempatnya.

2. Membersihkan Permukaan Aki Kering

Jika aki kering telah lepas dari tempatnya, cara selanjutnya membersihkan aki yang telah lama digunakan itu dari debu dan kotoran yang lain melekat di atas aki.

Dengan demikian kotoran di atas aki tidak turut masuk kebagian aki dibawahnya di saat lakukan pembaruan. Tidak itu saja saja bila keadaan aki kering telah bersih, jadi lebih tenteram untuk diperbarui.

3. Buka Penutup Aki Kering

Seterusnya membuka sisi penutup (cover) aki kering pada bagian atas sampai terbuka dengan memakai pisau dapur atau gergaji besi yang telah dipersiapkan awalnya.

Selanjutnya gergaji sisi atas yang ada tulisan “Do Not Open”. Kerjakan hal sama di bagian samping dan belakang penutup aki.

Kerjakan hal itu dengan berhati-hati agar benda tajam semacam pisau atau gergaji besi tidak melukai tangan dan pun tidak menghancurkan elemen aki yang lain.

4. Isi Aki dengan Air Aki (Aki Zuur)

Sesudah buka penutup aki kering dilangkah awalnya, seterusnya akan mendapati enam lubang untuk di isi memakai air aki (aki Zuur) yang telah disiapkan awalnya lebih kurang sekitar 15 ml.

Siapkan kain lap dan suntikan untuk lakukan pengisian aki. Langkah memasukkan air aki di dalam aki yakni isi suntikan sama air aki lalu saran di dalam setiap lubang dengan disuntikan jarum di dalam lubang karet sampai kedalaman 1 cm.

Kerjakan pengisian itu sampai seluruh lubang karet terisi kembali lagi apabila telah berisi seluruh tutup kembali lagi sisi lubang itu.

Jauhi contact langsung aki zuur dengan sisi anggota badan sebab bisa mengakibatkan iritasi kulit. Jika terserang cairan air aki seharusnya selekasnya gosok mamakai sabun dan basuh sampai bersih.

5. Tutup Aki Kering Kembali lagi

Langkah memperbaiki aki kering seterusnya dengan menempatkan penutup aki pada bagian atas seperti sebelumnya. Triknya yakni dengan pengeleman aki menggunakan lem spesial berdaya lekat tinggi untuk tutup cover yang telah dibuka memakai pisau atau gergaji besi.

Lihat secara detail diolah penutupan aki kering, yakinkan tidak ada yang terbuka sedikitpun supaya udara tidak masuk atau keluar dari aki.

6. Isi Daya Aki Kering

Jika di rasa seluruh proses di atas berjalan baik dan tanpa masalah bermakna, seterusnya yang perlu kamu kerjakan ialah isi daya aki kering dapat dengan isi arus listrik ke aki kering.

Kamu dapat isi daya arus litrik ke aki kering dibengkel aki mana yang telah ada alat untuk pengisian daya aki itu. Alat ini umumnya berbentuk adaptor atau disebutkan trafo dengan kemampuan ampere sesuai yang diperlukan aki kering untuk isi daya.

Atau kamu bisa juga mennggunakan jumper aki dengan persyaratan aki kering telah ditegaskan pada kondisi yang sehat dan baik.

7. Perhatikan dan Check Kembali lagi Aki kering

Paling akhir bila kamu telah lakukan beberapa langkah di atas dan belum juga memberikan pertanda pembaruan, karena itu kamu bedah satu kali lagi aki kering yang memiliki masalah itu dan perhatikan siapa tahu ada beberapa sel aki yang rusak.

Apabila sukses, aki kering dapat digunakan kembali lagi untuk menyupali daya pada mobil atau motor. Diamkan 15 sampai 30 menit dalam status stasioner agar tegangan baru bisa sesuaikan dengan keadaan kendaraan.

Langkah Menjumper Aki dengan Betul

Pada cara memperbaiki aki kering di atas ada pilihan isi daya aki dengan menjumper aki kering untuk mengembalikan kembali lagi daya aki.

Langkah menjumper aki secara benar sebagai berikut.

  • Gunakan alat keselamatan lebih dulu seperti sarung tangan, sepatu bersol karet dan yang lain. Kerjakan jumper di tempat yang kering dan tidak terserang hujan, jauhi dari cairan yang gampang terbakar.
  • Ke-2 kendaraan statuskan bersisihan supaya dalam lakukan jumper gampang dikerjakan.
  • Lihat kutup positif dan kutup negatif aki pada ke-2 kendaraan yang menerima atau pemberi daya aki.
  • Kerjakan pembersihan pada ke-2 kutup saat sebelum lakukan transfer daya, dan kondisi kendaraan dalam status kunci contact mati (off).
  • Seterusnya capit klem jumper merah ke kutub positif mobil yang menerima daya, dan sambungkan dengan kutup positif mobil pemberi daya.
  • Harus kuat dan konstan capitannya.
  • Lalu jempitkan klem kabel jumper warna hitam di kutup negatif, diawali pada mobil pemberi daya selanjutnya ke mobil yang menerima daya.
  • Hidupkan atau start mobil pemberi daya aki, dan diamkan sesaat agar daya arus mengucur ke mobil yang menerima daya.
  • Bila telah di isi, coba hidupkan mobil yang menerima daya.
  • Proses menjumper aki telah usai.
Jika dengan coba memperbaiki aki kering di atas tidak sukses, seharusnya tukar aki lama kamu yang baru. Aki kering dengan keadaan baru mempunyai kinerja yang lebih bagus dibanding aki yang telah lama yang rusak walau sukses diperbarui.

Bila harus terpaksa tukar aki kering yang baru baca info terkini harga aki kering motor.

PENUTUP

Begitu penjelasan berkenaan langkah memperbaiki aki kering di atas, yang terpenting ialah prioritaskan keselamatan lebih dulu di tiap proses pembaruan aki.

Jika dirasa artikel ini kurang membantu, kalian bisa baca artikel ini yang masih berhubungan dengan artikel tersebut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here