Minggu, Juni 13, 2021
BerandaPlaysore10 Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Dapat Dibuka

10 Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Dapat Dibuka

Pemakai Android sudah pasti dekat dengan Google Play Store. Masalahnya Play Store ialah penyuplai aplikasi yang berlisensi sah dari Google untuk semuanya tipe perangkat Android. Jadi, bisa ditegaskan jika aplikasi yang disiapkan Play Store semua aman dan bebas dari virus.

Namun, Play Store bisa alami permasalahan, seperti tidak dapat dibuka. Mengapa Play Store tidak dapat dibuka? Nah, persoalan ini dapat berasal dari bermacam jenis hal dimulai dari pengaturan yang keliru sampai ada aplikasi yang memiliki masalah.

Tetapi, Anda tidak perlu cemas sebab permasalahan ini bisa dituntaskan dengan gampang. Apa saja perangkat Android yang Anda gunakan, baik Samsung, Xiaomi, Sony, atau Asus, persoalan Play Store yang tidak dapat dibuka bisa ditangani dengan cara yang serupa. Yok, baca cara mengatasi Play Store tidak dapat dibuka di bawah ini.

10 Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Dapat Dibuka

1. Hentikan Seluruh Mode yang Berjalan Pada Perangkat

2. Non-aktifkan Beberapa Aplikasi

3. Membersihkan Perangkat Anda

1

Google Play Store yang tidak dapat dibuka benar-benar kuat hubungannya dengan model atau ikatan internet yang Anda gunakan. Sebab agar bisa memakai Play Store, Anda harus tersambungsi dengan internet. Turuti beberapa langkah di bawah ini untuk hentikan seluruh model yang lagi berjalan di perangkat Anda :

  • Google Play Store: Membuka Settings > Manage Apps > All > Google Play Store > Tentukan Menu ‘Force Stop’. Sesudah hentikan Play Store, Anda dapat meneruskan dengan meniadakan data dan cache di Play Store. Tentukan ‘Clear Data’ dan ‘Clear Cache’ untuk meniadakan timbunan data dan cache pada Play Store.
1a
  • Wi-Fi: Bila Anda memakai jaringan Wi-Fi untuk buka Play Store, karena itu matikan Wi-Fi Anda lebih dulu, nantikan sesaat baru selanjutnya dinyalakan kembali lagi.
1b
  • Aiplane Model: Aktifkan model pesawat terbang ini rupanya bisa memperbaiki performa Play Store. Triknya sama seperti pada atas, aktifkan airplane model, nantikan sesaat, lalu matikan kembali lagi.
1c
  • Perangkat Anda: Sesudah lakukan ke-3 cara di atas, sekarang waktunya Anda mematikan atau merestart perangkat Anda. Matikan perangkat sepanjang 5 menit, selanjutnya hidupkan kembali lagi dan coba Play Store Anda.
2

Aplikasi yang memakai cache dan data yang besar bisa memengaruhi performa Play Store. Perangkat Anda harus bekerja lebih keras untuk jalankan beberapa aplikasi ‘besar’ hingga tidak dapat buka Play Store. Oleh karena itu, matikan beberapa aplikasi yang Anda kira begitu besar dan habiskan ruangan RAM semakin banyak.

Cara untuk mematikan beberapa aplikasi itu ialah Membuka Settings > Manage Apps > All > Tentukan beberapa aplikasi yang besar dan memakai RAM semakin banyak > Tentukan Menu ‘Force Stop‘ dalam aplikasi yang akan disetop.

3

Bukan hanya cache dan data dari aplikasi yang lain mengakibatkan Play Store tidak dapat dibuka, tapi junk dan file-file besar lain bisa juga memengaruhi performa Play Store dan perangkat Anda. Jalan keluarnya dengan lakukan aktivitas ‘bersih-bersih’ di perangkat Anda.

Mulai bersihkan cache dan data dari seluruh aplikasi yang terinstall di perangkat dengan cara Membuka Settings > Manage Apps > All > Membuka seluruh aplikasi satu-satu dan tentukan menu ‘Clear Data’ di setiap aplikasi. Bila tidak mau ribet, Anda dapat memakai aplikasi Clean master untuk melakukan.

Cara ini kemungkinan membuat aplikasi Anda kembali pada pengaturan awalnya, tetapi cara ini cukup baik untuk membuat Play Store bisa dibuka kembali lagi. Selain itu, membersihkan junk dan file-file yang tidak terpakai. Hapus photo, musik, atau video yang Anda merasa tidak dibutuhkan untuk memudahkan performa perangkat.

4. Hapus Google Akun Anda

4

Jika seluruh cara di atas tidak bisa membuat Play Store berperan kembali lagi, karena itu Anda harus meniadakan Google Akun yang digunakan untuk log in di Play Store. Cara ini umumnya cukup baik untuk memperbaiki permasalahan di Play Store.

Cara meniadakan Google Akun dapat mengikut cara berikut.

  • Membuka Settings, selanjutnya tentukan Accounts
4a
  • Kemudian, tentukan account Google. Nanti akan tampil alamat e-mail yang menjadi account Google Anda.
4b
  • Tentukan account Gmail yang akan Anda hapus, selanjutnya gulir ke bawah sampai mendapati opsi “hapus” ataun “delete”
4c
  • Bila account Google Anda ada beberapa, hapus satu-satu.
  • Restart perangkat Anda dan membuka kembali lagi Play Store. Selanjutnya, Anda mulai bisa log in kembali lagi dengan Google Akun Anda.

5. Uninstall dan Install Ulangi Google Play Store

5

Salah satunya cara mengatasi Play Store tidak dapat dibuka ialah lakukan uninstall. Ya, untuk beberapa waktu Play Store akan dihapus dari perangkat Anda. Tetapi Anda tak perlu cemas sebab kemudian Google Play akan kembali lagi terinstall.

Cara yang pas untuk uninstall Play Store sebagai berikut.

  • Membuka Settings.
  • Tentukan Apps atau Apps Management
5a
  • Mencari Google Play Store. Bila tidak ada, mencari di “Show All Apps” atau “Show Sistem Process”
5b
  • Bila telah diketemukan, membuka Google Play Store
5c
  • Tentukan ‘Uninstall Updates’.
  • Seterusnya, restart perangkat Anda
  • Lalu masuk ulang kembali cara di atas dan install ulangi versus terkini dari Google Play Store.
  • Bila tidak, Anda dapat cari Google Play Store dari faksi ke-3 . Misalkan dari toko aplikasi APKPure.

6. Bersihkan Cache Google Play Servis

6

Google Play Servis juga bisa jadi salah satunya fakta mengapa service Google Play Store tidak dapat dibuka. Karenanya, cara ini bisa saja solusi dari permasalahan Play Store tidak dapat dibuka. Triknya seperti berikut.

  • Membuka Settings.
  • Tentukan Apps atau Apps Management
6a
  • Mencari Google Play Servis. Bila tidak ada, mencari di “Show All Apps” atau “Show Sistem Process”
  • Bila telah diketemukan, membuka Google Play Servis, membuka selanjutnya tentukan “Penyimpanan”
6b
  • Seterusnya tentukan “Clear cache” dan “Clear data“.
  • Kemudian, silahkan restart perangkat Anda selanjutnya coba membuka kembali lagi Google Play Store.

7. Non-aktifkan Proxy dan VPN

7

Kemungkinan Anda tidak menyengaja telah aktifkan proxy dan VPN di perangkat Anda. Selekasnya non-aktifkan ke-2 nya dengan cara: Membuka Wireless and Networks > More > VPN. Sedang untuk mendapati proxy, Anda dapat Masuk di Wi-Fi > Advanced.

8. Reset Data Perangkat

8

Cara ini termasuk sedikit berlebihan, sebab resikonya bisa hilangkan seluruh data di perangkat Anda. Namun, Anda tak perlu cemas bila telah lakukan back up kesemua data perangkat Anda di microSD atau computer.

Pertama kali, back up data dengan cara Membuka Settings > Backup dan Reset > Pastikan menu ‘Back up my data’ telah aktif > Tentukan account untuk simpan data. Selanjutnya, ulang cara di atas tapi tentukan ‘Factory Data Reset’. Pastikan baterei Anda terisi penuh sebab cara ini akan memerlukan waktu yang lumayan lama.

9. Memeriksa Memori External

9

Cara yang lain untuk mengatasi permasalahan Play Store tidak dapat dibuka dengan memeriksa memori external seperti microSD. Bila hp Android Anda memakai memori external, seharusnya mengeluarkan lebih dulu. Sesudah dikeluarkan baru dimasukkan kembali lagi. Ini bisa terjadi ingat microSD bisa masih kurang cocok masuk.

10. Perbarui Mekanisme Operasi

10

Solusi yang lain untuk mengatasi Google Play Store yang tidak dapat dibuka dengan mengupdate mekanisme operasi. Karenanya, coba untuk mengupdate mekanisme operasi bila benar-benar hp ini memperoleh penyempurnaan mekanisme.

Kesimpulan

Mengatasi Play Store tidak dapat dibuka bukan cara yang susah, kan? Jadi, Anda tak perlu cemas jika alami kejadian di mana Play Store tidak dapat dibuka. Coba beberapa cara di atas ini untuk mengembalikan kembali lagi Play Store Anda. Selamat mempraktikkan!

5f62c81507a19ee53728c6d994369d74?s=117&d=mm&r=g
GaniNugrahahttps://www.caramudah.id
Saya Gani Nugrah Penulisa serta Pemilik dari Blog Caramudah.id, Saya Lulusan SMKN 6 Pandeglang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments