Minggu, Juni 13, 2021
BerandaKeyboard10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

Caramudah.id –Keyboard adalah salah satunya elemen netbook yang cukup riskan alami kerusakan. Dimulai dari tombol yang keliru masukkan watak, tidak berperan beberapa, sampai tidak berperan semuanya. Oleh karena itu kesempatan ini Caramudah.id akan membahas cara-cara memperbaiki keyboard netbook yang rusak itu.

Umumnya untuk memperbaiki keyboard yang rusak kita harus mengenali lebih dulu pemicunya, apa tersiram air, terserang debu, dan yang lain. Tetapi sayang kadang keyboard netbook kerap error secara mendadak tanpa dijumpai dengan cara tepat apa pemicunya.

Bila demikian karena itu secara automatis kita harus coba langkah-langkah pembaruan genting sekalian mengira-ngira apa pemicu kerusakannya itu. Nah, berikut langkah-langkah pembaruan genting itu yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah saat sebelum memilih untuk mengantarnya ke tempat service.

10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

1. Restart Laptop

1a

Merestart Laptop adalah langkah awal yang harus Anda kerjakan saat sebelum bertindak yang lain. Merestart Laptop bisa memperbaiki beberapa ratus masalah pada mekanisme operasi langsung. Bila tidak dapat direstart, Anda bisa mendesak tombol power sepanjang beberapa menit sampai Laptop itu mati. Bila sesudah direstrat masalah masihlah ada, karena itu silakan coba beberapa langkah selanjutnya.

2. Periksa Num Lock

2a

Keyboard yang tidak berperan secara baik kadang secara tidak disengaja berasal dari kita sendiri. Salah satunya yang umum berlangsung ialah aktifnya Num Lock karena kita mendesak gabungan tombol spesifik. Saat Num Lock aktif, karena itu watak yang keluar umumnya berlainan dengan tombol yang didesak.

Untuk mematikan Num Lock itu, silakan pencet tombol “Fn” dan “NumLk” di keyboard secara bertepatan. Untuk beberapa macam Laptop, mendesak “Capas Lock” dan “NumLk” dapat mematikannya. Silakan kontak konsumen suport dari produsen Laptop Anda untuk mengenali langkah mematikan Num Lock bila ke-2 gabungan di atas tidak berperan.

3. Masalah Driver

3a

Masalah pada driver dapat mengakibatkan keyboard tidak berperan secara baik. Menurut PCMag, hal itu umumnya berlangsung saat Anda memasang software faksi ke-3 , terserang virus, dan yang lain. Untuk memeriksanya, silakan membuka Piranti Manajer selanjutnya lihatlah sisi keyboard.

Bila di situ ada sinyal segitiga warna kuning, karena itu ditegaskan driver keyboard itu alami masalah. Silakan unduh driver terbaru di situs produsen Laptop yang Anda punyai. Langkah ini dapat Anda kerjakan bila keyboard tidak teridentifikasi oleh Laptop.

4. Melakukan Sistem Restore

4a

Bila Anda percaya jika keyboard tidak berperan secara baik sesudah memasang satu program, karena itu coba untuk lakukan sistem restore. Triknya untuk Windows 8 dan Windows 7, membuka Start Menu selanjutnya search “Recovery”. Sedang untuk Windows XP click Start → All Programs → Asesoris → Sistem Alat, lalu tentukan Sistem Restore.

Dengan lakukan sistem restore ini karena itu Laptop Anda akan kembali ke kondisi saat sebelum Anda memasang program memiliki masalah itu. Bermacam program yang diinstall sesudah memasang program memiliki masalah itu akan secara automatis hilang. Oleh karenanya, back up lebih dulu bermacam data yang perlu saat sebelum melakukan.

5. Membersihkan Debu dan Kotoran

5a

Salah satunya pemicu yang tersering mengakibatkan kerusakan pada Laptop ialah debu dan kotoran. Debu dan kotoran itu umumnya tersisip antara tombol keyboard hingga bisa tutupi elemen didalamnya. Makin tua Laptop Anda, karena itu umumnya makin banyak juga kotorannya.

Langkah paling mudah untuk membersihkannya dengan memiringkan atau membalikan Laptop sampai 45 sampai 75 derajat sekalian menggoyangkannya. Anda dapat memakai pencuci spesial untuk keyboard yang umumnya berbentuk vacuum kecil untuk singkirkan debu.

Bila keyboard Laptop Anda tidak berperan sebab tersiram air, karena itu Anda harus bersihkan sisi dalamnya. Copotlah tombol-tombolnya dan membersihkan papan circuitnya dengan memakai kain lembut atau cotton buds yang sudah dikasih sedikit alkohol.

Manfaat Tombol ctrl pada Keyboard yang Kemungkinan Belum Dijumpai

Melepas tombol-tombol pada keyboard memang lumayan susah dan memerlukan ketrampilan spesifik. Bila Anda belum menguasainya karena itu lebih bagus tidak untuk melakukan sebab bisa jadi malahan akan menambahkan kerusakan pada keyboard Laptop itu.

6. Lepas Baterei Laptop

6a

Jika ada banyak tombol di keyboard Laptop yang tidak berperan, coba untuk lakukan reset. Dengan langkah ini umumnya keyboard yang tidak berperan akan normal kembali seperti yang lalu. Triknya sebagai berikut ini:

– Shut down Laptop.
– Bebaskan baterei dan kabel adapter, lalu biarkan sepanjang 1 menit.
– Pencet dan tahan tombol power sepanjang 60 detik.
– Saran kembali lagi baterei.
– Nyalakan kembali lagi Laptop.

7. Konektor Terlepas

7a

Masalah keyboard yang tidak teridentifikasi umumnya bisa ditangani dengan memasang driver. Tetapi bila keyboard Anda belum juga teridentifikasi, karena itu kemungkinan ada masalah pada konektornya, seperti rusak, tertekuk, renggang, atau bahkan juga dapat sampai lepas.

Untuk membenarkannya, Anda perlu buka keyboard itu untuk menyambungkan kembali lagi konektornya. Silakan membuka video panduan yang banyak menyebar di YouTube untuk mengenali langkah buka Laptop Anda. Tetapi bila Anda tidak berani, karena itu jangan melakukan supaya tidak ada kerusakan yang lebih kronis.

8. Menukar Keyboard Bawaan

8a

Bila konektor keyboard di Laptop tersambung tapi keyboard Anda masih memiliki masalah, langkah melakukan perbaikan dengan menukar keyboard bawaan Laptop itu. Langkah ini bisa juga jadi solusi terhebat untuk persoalan beberapa tuts keyboard yang tidak berjalan baik.

Untuk menukar keyboard bawaan, Anda dapat cari keyboard di toko online dengan tuliskan type Laptop itu. Misalkan, Anda punyai Laptop ASUS X411MA dan beberapa tuts keyboard di Laptop itu rusak, Anda cukup cari di toko online dengan keyword “Keyboard ASUS X411MA”.

Kemudian, Anda tinggal membeli apabila telah silahkan pasang sendiri dengan buka Laptop itu. Bila Anda tidak berani dan tidak ingin mengambil risiko, Anda dapat cari layanan penggantian keyboard Laptop ke tempat servis spesifik. Pasti bila masih juga dalam periode garansi, Anda sesungguhnya dapat mengakui garansi penggantian keyboard Laptop ke produsen.

9. Gunakan Keyboard USB atau Wireless

9a

Bila seluruh langkah memperbaiki keyboard Laptop di atas telah Anda coba tetapi gagal, karena itu Anda harus mengantarnya ke tempat service. Bila masih juga dalam periode garansi, karena itu umumnya Anda tidak dikenai ongkos pembaruan. Tetapi bila garansinya telah hangus, karena itu Anda harus bayar ongkos service atau ongkos pergantian unit keyboard baru.

Nah, bila Anda berasa harga service Laptop begitu mahal, karena itu Anda bisa memakai keyboard USB untuk beberapa waktu. Keyboard external USB ini bisa digunakan langsung cukup dengan menyambungkannya ke port USB. Harga lumayan murah pada range Rp 50.000.

Bila Anda kurang sreg dengan keyboard USB, karena itu Anda dapat memakai keyboard wireless. Keyboard wireless berperan dengan memakai jaringan Bluetooth hingga lebih ringkas dan tidak banyak mengonsumsi tempat.

10. Gunakan On-Screen Keyboard

10a

Jika Anda tidak sempat beli keyboard USB tetapi Anda benar-benar memerlukan keyboard untuk menulis, karena itu coba untuk memakai on-screen keyboard. Untuk memakainya bukalah Start > Program > Asesoris > Accessibility, selanjutnya tentukan On-Screen Keyboard.

On-Screen Keyboard ini berperan seperti keyboard biasa. Namun, Anda harus menjalankannya dengan memakai mouse atau touchpad. Cukup menyusahkan benar-benar, tetapi benar-benar bermanfaat bila Anda memerlukannya pada keadaan tertekan.

PENUTUP

Itu beberapa cara yang bisa Anda kerjakan untuk memperbaiki keyboard pada Laptop yang rusak. Langkah memperbaiki keyboard Laptop di atas hanya beberapa dari banyak langkah yang dapat dicoba bergantung dari merk netbook yang Anda punyai. Silakan kontak servis center bila keyboard Laptop Anda telah betul-betul tidak dapat diperbarui. Selamat mempraktikkan!
Jika dirasa artikel ini kurang Lengkap, kalian bisa baca artikel ini yang masih berhubungan dengan artikel tersebut.

5f62c81507a19ee53728c6d994369d74?s=117&d=mm&r=g
GaniNugrahahttps://www.caramudah.id
Saya Gani Nugrah Penulisa serta Pemilik dari Blog Caramudah.id, Saya Lulusan SMKN 6 Pandeglang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments