Minggu, Juni 13, 2021
BerandaTips Android4 Cara Memperbaiki Port Charger HP Rusak Longgar

4 Cara Memperbaiki Port Charger HP Rusak Longgar

Port Pengisi daya HP – Kecuali pengisi daya rupanya port pengisi daya hp yang hancur bisa juga jadi pemicu baterei android alami permasalahan. Misalkan saja waktu hp kamu dicas rupanya baterei tidak dapat makin bertambah.

Disamping itu, cukup banyak pemakai Android alami hp tidak dapat di charge pada kondisi hidup dan sinyal petir tidak tampil waktu di cas sebab konektor hp yang kendur itu.

Lalu bagaimanakah langkah memperbaiki port pengisi daya hp android yang hancur itu ? Ingat ongkos servis konektor pengisi daya hp android tidak murah, khususnya pada hp flagship.

Oleh karenanya pada pertemuan kesempatan ini saya akan beri cara-cara memperbaiki konektor hp dimulai dari tingkat kerusakan enteng sampai relatif berat.

Hancur enteng bisa seperti terkena kotoran, debu atau port pengisi daya yang telah kendur. Sedang hancur yang relatif berat umumnya pada elemen seperti permasalahan IC atau konslet.

Ciri-ciri – Ciri-ciri Port Pengisi daya HP Hancur

  1. Tidak Dapat Di Cas : Sinyal port pengisi daya hp memiliki masalah bisa disaksikan saat kabel pengisi daya berfungsi di hp android lain tetapi waktu dipakai pada hp kamu sendiri malahan tidak dapat buat ngecas.
  2. Pengisi daya Kerap Terlepas Sendiri : Umumnya waktu hp di cas akan susah untuk menyambungkan kabel dengan port pengisi daya-nya. Sekalinya dapat tersambung, umumnya proses charging akan putus menyambung.
  3. Pengisian Daya Baterei Begitu Lama : HP dan pengisi daya yang telah disokong feature fast charging pasti cepat dalam proses cas batereinya. Tetapi bila proses pengisian daya kelamaan, konektor pengisi daya bisa saja pemicunya.
  4. Konektor HP Berbau Gosong : IC pengisi daya hancur atau konslet bisa menyebabkan berbau gosong waktu hp di cas. Ini karena ada arus yang tidak konstan waktu pengisian daya baterei.
  5. Port Pengisi daya HP Patah : Ini akan susah untuk disaksikan secara kasat mata, karena kamu harus bongkar hp android lebih dulu. Tetapi bila hp tidak dapat di cas sesudah jatuh, bisa saja pemicunya ialah konektor hp yang patah itu.

Apabila kamu alami permasalahan ini, cuman ada 3 hal yang bisa kamu kerjakan. Yakni :
Pertama bersihkan konektor hp itu bila kotor, memperbaiki status port pengisi daya bila kendur dan menukar elemen port pengisi daya-nya bila hancur / patah.

Langkah Bersihkan Port USB HP Yang Kotor

14

Bila hp kamu telah lama sekali digunakan, port konektor yang kotor bisa berlangsung. Ini disebabkan sebab kotoran seperti debu yang melekat.

Pengalaman dari saya, dampak port pengisi daya kotor akan memunculkan permasalahan hp di cas lama penuh. Pernah hp saya memerlukan waktu sampai 2 jam untuk isi daya baterei sekitar 20% saja.

Tetapi sesudah port pengisi daya dibikin bersih, hp dapat kembali normal waktu di charge.

Untuk bersihkan port pengisi daya hp itu kamu cukup memakai cotton bud atau benda kecil yang lain lalu secara perlahan-lahan gosok sisi atas dan bawah konektor.

Langkah Memperbaiki Port HP Yang Hancur

Memakai pengisi daya hp asal-asalan bisa menyebabkan port pengisi daya hp jadi kendur. Ini karena ukuran yang lain pada tiap tipe usb pengisi daya hp (type a, b, c micro atau mini usb).

Bila benar-benar keadaannya kendur, berikut langkah memperbaiki port pengisi daya hp hancur itu :

  • Pertama persiapkan benda kecil, panjang, dan tipis yang kira-kira bisa masuk ke dalam port pengisi daya android kamu itu, misalkan jarum atau ejector sim card.
  • Kemudian pakai jarum yang sudah kamu persiapkan awalnya untuk mengganti status port pengisi daya itu. Tujukan ke bawah atau ke atas sama keadaan yang kamu rasakan sekarang ini.
  • Bila telah, coba kamu sambungkan kembali lagi dengan kabel pengisi dayanya untuk isi daya.

Tetapi kamu harus berhati – hati waktu lakukan cara barusan, karena konektor dapat patah bila kurang berhati – hati (sama seperti yang pernah saya rasakan sendiri… hehehe).

Langkah Menukar Konektor HP Yang Patah

Bila dengan bersihkan dan mengendalikan arah pin konektor hp tetapi baterei masih tidak dapat di cas karena itu solusi seterusnya yang penting kamu kerjakan dengan tukar port pengisi daya hp android.

Sesungguhnya untuk ongkos tukar konektor pengisi daya masih termasuk lumayan murah, karena kamu perlu menukar PCB dengan range harga seputar 10 ribu sampai 75 ribu dan konektor-nya seputar 3 ribu sampai 15 ribu rupiah saja.

Ini berlaku kesemua merek hp android, seperti Samsung, Xiaomi, Lenovo, OPPO, Vivo, ASUS dan type yang lain. Namun, harga kemungkinan dapat tambah mahal bila pada hp type flagship.

Tetapi bila kamu lakukan pembaruan port pengisi daya hp hancur itu dalam tempat sevice, keseluruhan ongkos pembaruan dapat capai 150 ribu sampai 250 ribu. Ini karena ada tambahan ongkos layanan pembaruan mesin untuk tukang servis ponsel-nya.

Tetapi bila kamu ingin mengubahnya sendiri, cara – cara berikut ini menjadi kisah secara singkat :

Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Port pengisi daya hp yang baru.
  • Obeng.
  • Heater.
  • Dan perlengkapan yang lain untuk buka casing hp kamu dan penempatan bautnya.

Langkah Menukar Konektor Pengisi daya HP Yang Hancur :

  1. Pertama membuka casing hp dengan melepaskan ke-4 skrup di setiap seginya.
  2. Kemudian bebaskan papan PCB dari casing >> selanjutnya check elemen kamera modul dan keytone >> bila telah bebaskan dua elemen itu.
  3. Jika seluruh elemen telah sukses dilepaskan >> lanjut dengan melepaskan port pengisi daya hp itu.
  4. Persiapkan heater dan mengatur pada temperatur 280 derajat dan pakai pinset untuk melepaskan port konektor.
  5. Lantas membersihkan papan pcb memakai kain halus.
  6. Bila telah pasang port pengisi daya baru yang telah kamu persiapkan.
  7. Untuk penempatan pakai heater seperti awalnya tetapi kesempatan ini panasi di bagian bawah.
  8. Cara paling akhir, kamu tinggal membuat kembali lagi hp android yang telah kamu bongkar itu.

Tambahan : Bila Masih Tidak Dapat Dicas, Kemungkinan IC Pengisi daya Hancur

Jika kamu telah lakukan segala hal di atas tetapi pengisian baterei masih memiliki masalah, bisa saja berasal dari ic pengisi daya yang hancur. Bukan pada konektor hp..

Apa itu IC Charging ?

IC Charging ialah elemen hp android yang mempunyai fungsi mengantarkan arus listrik dari port pengisi daya hp ke baterei.

Terhitung seluruh info sekitar proses pengisian daya, misalkan sinyal petir atau prosentase baterei.

Walau harga ic pengisi daya relatif murah, cuman seputar 100 beberapa ribu saja tetapi saya tidak mereferensikan kamu untuk mengubahnya sendiri.

Ini karena proses penempatan yang cukup susah hingga sebaiknya bila kamu ikhlaskan saja ke orang yang telah pakar di bagian service hp.

Penutup

Begitu pertemuan kita kesempatan ini yang sudah membahas mengenai langkah mengatasi konektor hp hancur pada perangkat android.

Posting ini saya bikin simpel agar lebih gampang untuk kalian ketahui.

Tetapi bila ada pertanyaan, silahkan catat pada kotak kometar atau langsung chat ke e-mail saya.

Karena beberapa kali sudah saya alami permasalahan itu, bahkan juga pada masalah sampai port pengisi dayanya hancur. Demikian dan terima kasih.

5f62c81507a19ee53728c6d994369d74?s=117&d=mm&r=g
GaniNugrahahttps://www.caramudah.id
Saya Gani Nugrah Penulisa serta Pemilik dari Blog Caramudah.id, Saya Lulusan SMKN 6 Pandeglang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments