Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mudah menghilangkan komedo terbaru 2021

Komedo ialah gumpalan massa sebum yang tampil ke atas kulit. Saat pori-pori mampet dan tutup, itu dikenali sebagai whitehead atau bintik putih.

Sementara saat sisi atas masih terbuka, membuat komedo. Komedo tercipta karena ada produksi kelenjar minyak dan sel kulit mati yang menutup pori-pori. Warna hitam tampil karena ada oksidasi saat bersinggungan dengan udara.

Sering kita risih dan ingin hilangkan komedo yang ada di muka.

Cara menghilangkan komedo

Diambil dari Healthline, berikut 12 cara gampang yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah untuk hilangkan komedo:

1. Bersihkan muka 2x satu hari dan sesudah berolahraga

Seharusnya bersihkan muka bahkan juga pada pagi hari untuk hilangkan kotoran atau bakteri yang kemungkinan melekat di muka saat malam hari. Hati-hatilah tidak untuk membersihkan muka terlalu berlebih karena bisa mengurangi kelembapan kulit yang malah membuat muka kembali menghasilkan minyak berlebihan sebagai ganti ruginya.

Pastikan untuk membersihkan sarung bantal dengan teratur.

2. Uapi muka

Coba uapi muka yang berfungsi buka pori-pori kulit. Triknya dengan tempatkan muka di atas baskom berisi air mendidih.

Kemudian tutup kepala dengan baskom menggunakan handuk supaya semua uap langsung bisa mengenai muka. Saat pori-pori muka terbuka, jadi lebih gampang untuk bersihkan komedo.

3. Gunakan tirai surya bebas minyak

Tirai surya adalah salah satunya produk perawatan kulit yang harus digunakan untuk menahan kulit terkena cahaya UVA dan UVB. Meskipun begitu, untuk kulit yang berkomedo dianjurkan menggunakan tirai surya yang memiliki kandungan kandungan minyak sedikit atau bahkan juga tidak mempunyai kandungan minyak. Hingga, tidak menutup pori-pori muka yang mempunyai potensi memunculkan komedo.

4. Eksfoliasi

Gunakan eksfoliator yang memiliki kandungan asam hidroksi alfa dan beta (AHA dan BHA). Ini ialah asam halus yang menolong mengusung sel kulit mati. Produk itu bisa juga membuat produk perawatan wajah yang lain dapat bekerja lebih efisien.

Meskipun begitu, AHA dan BHA dapat mengurangi susunan kulit hingga kulit jadi lebih rawan pada cahaya UVA dan UVB. Maka janganlah lupa gunakan tirai surya saat melakukan aktivitas di luar ruang.

5. Gunakan clay mask

Clay mask adalah masker yang sanggup mengusung debu dan kotoran, meresap minyak berlebihan di wajah. Masker yang dibikin dengan bahan landasan tanah liat atau lumpur ini bisa juga menolong longgarkan atau bahkan juga hilangkan kotoran dari pori-pori yang mampet.

Clay mask juga sekarang ini telah gampang didapat di beberapa toko kosmetik atau apotek.

6. Gunakan charcoal mask

Sekarang ini banyak produk menggunakan bahan baku charcoal atau arang karena bahan itu adalah detoxifier yang baik. Bahan itu bisa menolong keluarkan kotoran yang menutup pori-pori.

Sekarang, masker atau produk memiliki bahan landasan charcoal juga banyak diketemukan di toko kosmetik atau apotek.

Meskipun begitu, Anda dapat membuat sendiri di dalam rumah. Triknya, menggunakan kombinasi tanah liat bentonit, bubuk arang aktif, madu, atau dapat menggunakan air biasa.

7. Coba retinoid tropis

Retinoid tropis berawal dari vitamin A, dan sudah bisa dibuktikan untuk menyembuhkan jerawat. Produk dengan bahan ini ada di counter atau berbentuk resep.

Bahan ini bisa mempengaruhi perkembangan beberapa sel kulit dengan membuat susunan kulit terkelupas seperti peeling, hingga buka pori-pori kulit yang mampet.

Perlu dicatat jika wanita hamil dianjurkan untuk menghindar produk memiliki bahan ini karena jumlah yang terlalu berlebih bisa mengusik perubahan janin.

Untuk wanita hamil bisa coba menggunakan bakuchiol atau minyak rosehip sebagai alternatif retinol untuk dampak sama.

8. Berikan gel asam salisilat

Asam salisilat bisa menolong meleburkan keratin yang menutup pori-pori, mengakibatkan komedo. Bahan ini adalah exfoliator yang efisien, tetapi gunakan cuman di tempat muka yang ada komedo karena memakainya di semua badan bisa mengakibatkan keracunan salisilat.

Cara menghilangkan komedo dengan bahan alami

9. Menghilangkan komedo dengan Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan alamiah yang memiliki kandungan anti-comedogenic hingga sanggup hilangkan komedo hitam di kulit Anda. Pertama, tuangkan 2-3 tetes tea tree oil dan minyak kelapa ke kapas lalu terapkan pada komedo. Anda dapat melakukan sekitar 3-4 kali dalam satu hari.

10. Menghilangkan komedo dengan Stroberi

Strobery bisa juga Anda gunakan sebagai cara hilangkan komedo hitam. Tipe buah ini mempunyai banyak vitamin C yang sanggup jaga kelembapan kulit. Disamping itu, strobery dapat bersihkan sel kulit kering dan mati hingga komedo juga dapat hilang.

Anda perlu tumbuk beberapa buah strobery lebih dulu kemudian tambah air lemon dan madu. Aduk bahan itu sampai berupa pasta lalu terapkan pada tempat kulit yang mempunyai komedo. Biarkan sepanjang 15-20 menit lalu basuh sama air.

11. Menghilangkan komedo dengan Kayu Manis

Mencuplik dari Stylecraze, kandungan dalam kayu manis bermanfaat untuk tingkatkan sintesis kolagen hingga kulit jadi lebih kuat. Dengan demikian, munculnya komedo juga dapat menyusut.

Anda perlu menambah bubuk kayu manis dan air lemon lalu terapkan pada komedo. Biarkan dahulu minimum 20 menit kemudian basuh sama air. Anda dapat melakukan cara itu dua sampai 3x dalam satu minggu.

12. Menghilangkan komedo dengan Kunyit

Cara hilangkan komedo hitam bisa juga Anda kerjakan secara manfaatkan kunyit. Bahan alamiah ini memiliki kandungan curcumin yang bisa bersihkan pori-pori kulit secara optimal. Anda perlu menambah bubuk kunyit sama air.

Sesudah teraduk rata dan berupa pasta, gunakan kombinasi itu di kulit di mana komedo tampil. Biarkan dahulu sepanjang beberapa waktu saat sebelum Anda mencucinya sama air. Anda dapat memakainya tiap hari sampai munculnya komedo menyusut.

Cara menahan komedo agar tidak ada

1. Tidak boleh kerap bertukar produk perawatan muka

Coba kebanyakan produk perawatan muka sekalian dapat memunculkan komedo di muka.

Disamping itu, janganlah lupa untuk menggunakan pelembab karena kulit yang begitu kering memacu produksi minyak berlebihan di muka dan beresiko memunculkan komedo.

2. Jauhi benzoil peroksida

Benzoil peroksida ialah bahan umum dan efisien yang diketemukan dalam banyak obat jerawat yang dipasarkan bebas.

Bahan ini adalah anti-inflamasi maknanya menolong menurunkan jerawat yang meradang. Meskipun begitu, komedo tidak dipandang seperti infeksi jerawat hingga benzoil peroksida tidak mempunyai dampak yang riil.

3. Tidak boleh menekan komedo

Menekan komedo untuk menghilangkan tidak dianjurkan dilaksanakan sendiri di dalam rumah.

Hal tersebut seharusnya dilaksanakan oleh sejumlah profesional karena mereka mempunyai alat yang pas dan bersih.

Coba menekan, atau keluarkan komedo di hidung sendiri tanpa kontribusi professional bisa hasilkan kemerahan, iritasi, atau jaringan parut tetap.

Posting Komentar untuk "12 Cara Mudah menghilangkan komedo terbaru 2021"