Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online Terbaru 2021


Pada Artikel Sebelumnya kita telah mengulas bagaimana caranya bayar pajak motor secara online, saat ini kita bahan mengenai bagaimana caranya bayar pajak mobil secara online yah guys.

Kamu paham.kamu mengerti tidak jika cara bayar pajak mobil online rupanya ada? Jadi, kamu tidak perlu kembali dech pergi-pergi ke Samsat sampai harus berbaris beberapa jam untuk bayar pajak.

Cara bayar pajak mobil online ini pasti benar-benar menolong sekali buat kamu yang super duper repot.

Masalahnya jika tidak bayar pajak, kendaraanmu tidak bisa dibawa kemanapun. Karena demikian ada pengecekan oleh Polisi bersama dinas perpajakan wilayah, pemilik kendaraan yang belum bayar pajak kendaraan akan ditindak.

Jika kedapatan polisi bawa kendaraan yang pajaknya belum dibayar, dapat terkena tilang.

Terlambat bayar pajak kendaraan motor atau PKB bisa juga membuat kamu terkena denda, besarannya variasi, dapat lebih dari 25 % dari pajak, bergantung dari berapakah lama kamu terlambat bayarnya.

Nah, saat ini bayar pajak kendaraan motor, apa lagi pajak tahunan kendaraan motor sudah mudah sekali.

Sekarang ini telah ada banyak propinsi yang memudahkan masyarakatnya dalam bayar pajak kendaraan motor atau PKB.

Bayar pajak mobil online bisa, lagi jika cek pajak dapat online tidak ya?

Cara Cek pajak kendaraan Mobil

Beberapa propinsi di Indonesia telah sediakan sarana berbentuk web untuk memeriksa pajak kendaraan yang umum disebutkan e-samsat.

Dengan terdapatnya sarana itu, kamu dapat memeriksa masa aktif nomor polisi kemudian pajak yang perlu kamu bayarkan.

Tidak susah kok, tinggal input nomor polisi dan dengan KTP pemilik kendaraan. Kelak keluar langsung dech semua info yang kamu perlukan, terhitung denda yang perlu dibayar bila terlambat.
Cek pajak kendaraan online Klik link E-Samsat

Aceh E-Samsat Aceh
Sumatera Utara E-Samsat Sumatera Utara
Sumatera Barat E-Samsat Sumatera Barat
Kepulauan Riau E-Samsat Kepulauan Riau
Riau E-Samsat Riau
Jambi E-Samsat Jambi
Sumatera Selatan E-Samsat Sumatera Selatan
Bengkulu E-Samsat Bengkulu
Lampung E-Samsat Lampung
Banten Sambat - Samsat Banten Luar biasa
DKI Jakarta E-Samsat DKI Jakarta
Jawa Barat E-Samsat Jawa Barat
Jawa tengah E-Samsat Jawa tengah
Jawa Timur E-Samsat Jawa Timur
Nusa Tenggara Barat E-Samsat NTB
Nusa Tenggara Timur E-Samsat NTT
Kalimantan Utara E-Samsat Kalimantan Utara
Kalimantan Timur E-Samsat Kalimantan Timur
Kalimantan tengah E-Samsat Kalimantan tengah
Kalimantan Selatan E-Samsat Kalimantan Selatan
Sulawesi Utara E-Samsat Sulawesi Utara
Gorontalo E-Samsat Gorontalo
Sulawesi tengah E-Samsat Sulawesi tengah
Sulawesi Selatan E-Samsat Sulawesi Selatan

Di mana saja dapat bayar pajak mobil online

Bayar pajak ialah sebuah keharusan yang perlu dilaksanakan tiap masyarakat. Sebab dari pajak itu, pemerintahan memperoleh penghasilan, yang maksudnya untuk pembangunan negara.

Karenanya, janganlah sampai terlambat apa lagi tidak bayar ya!

Ada saja argumennya buat tidak bayar pajak, dimulai dari tidak ada waktu, malas berbaris, bahkan tidak ada uang. Dapat membeli mobil periode tidak dapat bayar pajaknya sich?

Walau sebenarnya, pemerintahan sekarang ini telah sediakan banyak keringanan untuk masalah satu ini. Ada beberapa cara yang dapat kamu kerjakan buat membayar pajak-pajakmu

1. Samsat

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dari dahulu jadi salah satu tempat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Di sini kamu dapat bayar pajak tahunan, pergantian STNK lima tahunan.

2. Samsat Drive Thru

Pembayaran pajak bermotor sekarang dapat dilaksanakan seperti pesan makanan di restaurant cepat sajian. Sarana yang disiapkan ialah Drive Thru Samsat.

Bayar pada tempat ini ditanggung bisa lebih cepat daripada di Samsat biasanya, bahkan juga kamu tidak perlu turun dari kendaraan. Saat yang diperlukan kurang dari 2 menit. Wah, cepat sekali ya!

Tetapi sayang service ini baru berada di Jakarta. Jadi untuk masyarakat di wilayah lain, kemungkinan untuk lebih bersabar, siapa tahu saja pada tempat kamu akan ada yang kaya begini.

3. Kantor kecamatan

Nah, kelebihan yang ini cuman berlaku di Kota Jakarta. Di tahun 2015 lalu, faksi Pemerintah provinsi sudah mengeluarkan service pembayaran pajak kendaraan motor lewat Kantor Kecamatan.

Keuntungannya bayar di Kecamatan, beberapa harus pajak jadi tidak perlu repot kembali untuk berjalan jauh ke kantor Samsat dan berbaris.

Tetapi sayang, Kecamatan cuman layani pembayaran pajak tahunan saja. Jika pajak lima tahunan atau pergantian STNK, kamu harus tetap melapor ke Samsat.

4. Samsat Keliling

Ada pula pilihan pilihan yang lain yakni bayar di Samsat Keliling. Samsat ini menggunakan mobil yang telah dimodif seperti loket pembayaran.

Tetapi, kamu harus rajin-rajin memeriksa agenda mereka. Dapat dilihat di account sosial media kantor Samsat semasing.

Sesudah mengenalinya, kamu tinggal tiba dech. Umumnya, posisi yang diputuskan oleh Samsat Keliling beberapa daerah yang ramai warga dan gampang dicapai.

5. Minimarket

Kamu juga bisa juga melakukan cara bayar pajak mobil online di minimarket lho. Selama ini, ada dua minimarket yang layani pembayaran pajak, yakni Indomaret dan Alfamart.

Walau bagaimanapun, tidak banyak wilayah yang berlakukan peraturan pembayaran pajak di minimarket. Beberapa daerah yang mengaplikasikan sistem pembayaran ini, diantaranya Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Lalu, seperti apakah cara bayar pajak mobil di minimarket? Di bawah ini cara-caranya.

  • Kunjungi minimarket paling dekat dengan bawa STNK asli dan KTP.
  • Kasir kelak akan bertanya nomor KTP, nomor tanda kendaraan motor (nomor plat polisi), nomor mesin kendaraan, dan nomor HP harus pajak.
  • Data diverifikasi dan kasir akan memberitahu nominal pajak yang dibayar.
  • Sesudah bayar, kamu akan terima tanda terima bukti pembayaran dan SMS bitly yang berisi Electronic Registration and Identification (ERI).
  • SMS bitly berisi Tanda Bukti Pelunasan Keharusan Pembayaran (e-TBPKP) dan QR kode yang dapat tersimpan atau diciptakan.
  • Seterusnya, kerjakan verifikasi pembayaran ke Polres dengan bawa bukti pembayaran supaya diciptakan helaian Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Cara bayar pajak kendaraan baik mobil secara online

Pembayaran pajak kendaraan online bisa melalui aplikasi Samolnas dan web sah e-Samsat. Walau secara online, ada banyak persyaratan yang perlu dipersiapkan saat akan pajak kendaraan. Pada artikel ini diperlengkapi cara bayar pajak melalui Indomaret dan Alfamart.

Aplikasi Samsat Online. (Korlantas lewat indonesia.go.id) Cara bayar pajak kendaraan online

Bayar pajak kendaraan secara online dapat melalui aplikasi Samsat Online Nasiona (Samolnas) dan web sah e-Samsat.

Diambil dari Kompas.com, berikut cara bayar pajak kendaraan online:
  • Pemohon mengambil aplikasi Samolnas.
  • Sesudah terinstal, klik mulai dan registrasi.
  • Pemohon dapat isi data di kolom yang ada diantaranya nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor paling akhir kerangka kendaraan, dan klik "teruskan".
  • Sistem akan mengolah data sepanjang lebih kurang semenit.
  • Bila data yang ditempatkan telah betul, akan tampil data komplet mengenai kendaraan yang akan dibayar pajaknya, sekalian besaran pajak yang perlu dibayar.
  • Tampil kode bayar yang berjalan sepanjang 2 jam.
  • Pembayaran dapat dilaksanakan melalui bank atau kanal pembayaran yang lain dengan dikenai ongkos administrasi Rp 5.000,00.
  • Pemohon akan memperoleh e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang berjalan sepanjang 30 hari.
  • Pemohon dapat memperoleh TBPKB/SKPD dan stiker legitimasi STNK yang dikirim Samsat melalui layanan ekspedisi ke alamat pemohon sesuai yang tercantum di STNK.

Bayar pajak kendaraan melalui e-Samsat

Kecuali melalui aplikasi, pemilik kendaran bisa juga melakukan pajak melalui service e-Samsat.
Pembayaran melalui service e-Samsat sudah bekerja bersama dengan Bank DKI, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin dan Maybank.
Persyaratan bayar pajak melalui e-Samsat ialah tidak ada tunggakan pajak optimal satu tahun dan atas nama pemilik individu.

Sesudah sukses melakukan pembayaran pajak kendaraan motor, pemilik kendaraan harus menukarkan bukti bayar optimal 30 hari sesudah tanggal pembayaran ke Kantor Samsat Induk di mana object pajak tercatat.

Ketentuannya ialah bawa:

1. KTP asli yang seperti di STNK dan foto copy
2. STNK asli dan foto copy
3. BPKB asli dan foto copy
4. Bukti pembayaran

Cara bayar pajak kendaraan melalui minimarket

Diambil dari Otomania.com, minimarket tujuan pastikan sudah mempunyai service e-Samsat (Payment Poin Online Bank/PPOB).

Cara bayar pajak kendaraan di Indomaret

  • Di Indomaret sediakan monitor tertentu untuk pembayaran pajak kendaraan ini.
  • Cukup ketik Samsat pada penelusuran akan tampil aplikasi Samsat.
  • Untuk pembayaran pajak kendaraan di minimarket, janganlah lupa untuk membawa STNK asli mobil atau motor berkaitan dan KTP pemilik.
  • Kemudian, kasir akan bertanya data diri dimulai dari nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan, dan nomor HP harus pajak.
  • Bila data telah komplet, maka tampil nominal pajak yang perlu dibayar dan baru pemakai dapat menyerahkan uang seperti ketetapan dan dibayarkan melalui kasir.
  • Pembayar pajak akan mengecek tanda terima bukti pembayaran dan SMS bitly yang berisi Electronic Registration and Identification (ERI).
  • Bila pesan singkat itu di-click, maka tampil gambar tanda bukti pelunasan keharusan pembayaran yang diperlengkapi barcode (QR kode).
  • Taruh bukti pembayaran itu untuk digunakan sebagai legitimasi di STNK kendaraan motor pemakai.
  • Legitimasi STNK dapat dilaksanakan di Polsek atau Polres paling dekat.
  • Barcode (QR kode) yang didapat itu adalah tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Legitimasi STNK yang benar dan syah.
  • Jadi nanti, petugas yang melakukan razia, karena itu dapat mengonfirmasi legitimasi dengan menggunakan scan barcode (QRcode) itu.
  • Melalui barcode itu, pemakai tak perlu kembali ke Samsat kembali untuk cetak Tanda Bukti Pelunasan Keharusan Pembayaran (TBPKP).
  • Karena, sesudah bayar secara online akan memperoleh e-TBPKP yang dapat tersimpan di hp dan diciptakan sendiri dan syah di kepolisian.
  • Tetapi, untuk cetak helaian pajak yang menjadi satu dengan STNK harus pajak masih disuruh ke kantor Samsat di hari dan jam dinas.

Cara bayar pajak kendaraan di Alfamart

  • Adapun cara bayar pajak kendaraan di Alfamart yang diambil dari alfamart.co.id yaitu:
  • Tiba ke Alfamart paling dekat dan perlihatkan nomor kendaraan Anda yang tercantum di STNK punya Anda ke kasir.
  • Kemudian, kasir akan mengolahnya dan Anda akan memperoleh besaran bill yang perlu dibayar.
  • Kemudian, Anda dapat membayarnya dan secara automatis bill akan terbayar dari transaksi yang dilaksanakan di Alfamart itu.

Kesimpulan

Bayar pajak mobil online ini benar-benar menolong buat kamu-kamu yang lagi tidak ada di kota asal.

Misalnya saja seperti langkah yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Propinsi Jawa Barat. Sejak Gubernur Ridwan Kamil memegang, warga Jawa barat dapat bayar pajak kendaraan motor lewat Bukalapak.

Inovasi baru ini sebagai langkah untuk memudahkan warga, tentu saja untuk memberikan dukungan perubahan e-commerce kreasi anak negeri.

Jadi, untuk masyarakat Jawa Barat, tidak ada argumen kembali buat kalian untuk malas bayar pajak sebab permasalahan jauh dari Samsat atau tidak ada waktu.

Kamu tidak perlu kembali dech cepat-cepat pulang ke desa halaman untuk menuntaskan tanggung jawab yang ini. Kecuali ringkas dan cepat, service bayar pajak mobil online semacam ini dapat menahan praktek percaloan lho!

Dengan demikian, tidak ada argumen kembali buat tidak bayar pajak. Kembali juga terlambat bayar pajak kendaraan motor itu ada ancamannya lho.

Asal tahu saja nih, denda ketertinggalan pembayaran PKB itu besarannya 25 % dari nominal pajak /tahun.

Tetapi, jika terlambatnya perhitungan bulan, perhitungannya ialah jumlah bulan ketertinggalan dipisah 12 lalu dikalikan 25 % dan dikalikan nominal PKB.

Ini juga masih ditambah lagi denda Bantuan Harus Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Posting Komentar untuk "Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online Terbaru 2021"