Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini, 8 Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat

 

Begini, 8 Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat

Caramudah.id - Kartu memori adalah bagian utama dalam satu perangkat smartphone. Dengan kartu memori, Anda dapat menambahkan kemampuan penyimpanan pada smartphone Anda yang umumnya terbatas. Hingga, Anda dapat simpan bermacam file photo, video, dan file-file memiliki ukuran besar yang lain, tanpa perlu cemas kurangi kemampuan penyimpanan intern smartphone Anda.

Kecuali untuk smartphone, kartu memori adalah elemen penting untuk bermacam perangkat, seperti kamera digital, kamera DSLR, mikrokontroler, dan perangkat yang lain. Oleh karenanya, kartu memori harus ada pada keadaan sempurna supaya tetap dapat digunakan.

Tetapi, kadang kartu memori dapat alami masalah yang dapat memunculkan kerusakan. Kerusakan ini pada akhirnya mewajibkan Anda untuk lakukan pola kesemua data yang ada dalam kartu memori Anda. Padalah, bisa pada kartu memori itu disimpan beberapa file-file penting Anda.

Nah, kesempatan ini, kami akan mengulas berkenaan langkah memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Beberapa cara yang akan kami terangkan pada artikel kesempatan ini lumayan gampang kok untuk dikerjakan oleh Anda sendiri. Baik, kita awali pengkajiannya:

Begini, 8 Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat

Begini, 8 Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat

1. Membersihkan kartu memori

Arti dari bersihkan di point ini bermakna Anda betul-betul bersihkan kartu memori Anda secara manual. Bagaimana triknya? Pertama, mengeluarkan kartu memori dari smartphone Anda. Lihat sisi lurusan tembaga yang warna keemasan dibagian bawah kartu memori Anda. Kadang bila sisi lurusan itu kotor, maka berpengaruh sukarnya kartu memori Anda teridentifikasi oleh smartphone.

Untuk membersihkannya, Anda cuku memakai penghapus pensil yang warna putih atau warna yang jelas. Selanjutnya, gosoklah sisi lurusan itu secara perlahan-lahan sampai nampak bersih dan mengkilat. Lantas, coba masukan kembali lagi kartu memori Anda ke dalam slot yang ada dan hidupkan smartphone Anda. Check apa kartu memori Anda dapat bisa dibaca oleh smartphone Anda atau masih tidak dapat bisa dibaca.

2. Membersihkan bad sector pada kartu memori

Salah satunya langkah memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat yang dapat Anda kerjakan ialah bersihkan bad sector yang berada di kartu memori memakai computer PC atau laptop. Bad sector jadi salah satunya penyebab kerusakan hard disk pada computer. Hingga, janganlah sampai kartu memori Anda mempunyai bad sector.

Triknya, sambungkan lebih dahulu kartu memori yang rusak ke computer melalui card reader (intern pada computer/laptop atau card reader external tipe USB). Selanjutnya, click kanan pada nama kartu memori yang bisa dibaca pada Windows Explorer. Lantas tentukan Properties > Alat > Cek now. Berikan contreng pada "Automatically final file sistem errors" dan "Scan for and attempt recovery of bad sector". Click tombol Start untuk mengawali proses pembersihan bad sector. Kecuali untuk memperbaiki kartu memori, langkah ini dapat digunakan untuk memperbaiki USB flashdisk yang rusak.


3. Memakai Command Prompt


Langkah seterusnya untuk mengatasi kartu memori yang rusak tanpa pola ialah memakai feature yang ada secara standar pada Windows, yakni Command Prompt. Langkah buka Command Prompt untuk Anda yang memakai OS Windows 7 ke atas, ialah click Start Menu > ketik "cmd" (tanpa sinyal kutip) di bar penelusuran. Untuk Anda yang memakai OS Windows XP, click Start, lalu tentukan Run. Selanjutnya ketik "cmd" (tanpa sinyal kutip), dan paling akhir pencet Enter pada keyboard. Seterusnya, jendela Command Prompt akan terbuka.

Saat sebelum ke cara seterusnya, check dulu partisi yang bisa dibaca pada kartu memori Anda memakai Windows Explorer. Misalnya, kartu memori yang bisa dibaca ialah partisi G:. Nah, pada jendela Command Prompt, ketik "chkdsk : /f" (tanpa sinyal kutip), selanjutnya pencet Enter pada keyboard. Berdasar contoh, ketik "chkdsk g: /f". Nantikan sesaat sampai Windows mengetahui persoalan yang ada di kartu memori Anda. Bila pada layar computer Anda tampil tulisan "Windows Has Made Corrections To The File Sistem", karena itu berarti kartu memori Anda yang rusak telah sukses diperbarui. Langkah ini bisa juga diaplikasikan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak.

4. Scan dengan Antivirus

Cara ini cukup terkait dengan cara awalnya. Sambil memeriksa kartu memori melalui computer, Anda dapat sekalian lakukan scanning virus yang peluang berada di kartu memori Anda memakai antivirus. Bisa, tidak terbacanya kartu memori Anda sebab tingkah beberapa macam virus Android paling beresiko yang menyerbu kartu memori yang memblok akses kartu untuk dapat dibaca di smartphone.

Langkah lakukan scanning virus pada kartu memori ini dapat memakai bermacam tipe antivirus yang terinstal pada computer Anda, dimulai dari Avira, Smadav, AVG, dan yang lain. Bila sesudah proses scanning usai, rupanya kartu memori Anda betul-betul diserang virus, selekasnya membersihkan virus itu. Baru selanjutnya kenakan kembali lagi kartu memori ke smartphone.

5. Perbaiki Memori Card Memakai HP Drive Boot Utility

Masih kesusahan?. Tenang saja, masihlah ada langkah lain, yaitu memakai software HP Drive Boot Utility, triknya :

  • Unduh software itu, cari di google ya.
  • Instal softwarenya.
  • Masukan kartu memori punya anda yang error barusan, lalu membuka softwarenya.
  • Tentukan drive micro sd selanjutnya tentukan opsi Create New Or Replace Existing Configuration.
  • Eject dan cabut kartu memori sudahkah teridentifikasi atau belum.


6. Check Kerusakan Kartu Memori Di PC

Masih error?, tenang saja ada langkah pengatasan lanjutannya kok. Ini adalah salah satunya langkah memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Check kerusakannya saja lewat PC. Sesudah mengenali kerusakan pada kartu memori kemungkinan anda dapat mendapati solusi yang pas untuk mengatasinya.

Ini adalah salah satunya langkah memperbaiki memori card yang tidak dapat diformat pada android. Untuk langkah pengujiannya yaitu :

  • Sambungkan smartphone anda memakai kabel data.
  • Bila smartphone anda android yakinkan tersambung dalam model mass penyimpanan model (MSC), bukan Medium transfer model (MTP).
  • Membuka windows explorer, click kanan pada drive memori card anda, selanjutnya tentukan Properties > Alat > Error Checking, Paling akhir click Start. Nantikan sampai seluruh proses usai. error checking drive
  • Eject kartu memori dan check apa error telah hilang atau belum.

Panduan ke 6 ini adalah langkah memperbaiki kartu memori yang rusak keseluruhan bila kartu memori terserang virus/malware.

7. Check Memakai Smartphone Lain

Ini langkah paling akhir yang umumnya saya gunakan untuk mengenali kerusakan kartu memori. Anda dapat mengenali yang rusak apa kartu memori atau slot memori pada smartphone anda dengan memakai triknya. Cukup masukan kartu memori pada smartphone lain apa teridentifikasi/terjadi error apa tidak.

Bila tidak ada kerusakan bermakna slot memori di smartphone anda yang alami permasalahan, tetapi bila kartu memori yang error bermakna kartu memori anda yang alami permasalahan. Mudah sekali kan?.

Catatan :

Saat sebelum bingung mengenali kartu memori rusak dan anda telah memakai semua langkah untuk melakukan perbaikan tetapi tidak dapat, kemungkinan ada banyak hal yang mengakibatkan kerusakan kronis itu. Yaitu :

  • Kartu memori patah sisi dalamnya.
  • Card reader untuk menyambungkan ke computer rusak.
  • Slot memori di smartphone rusak.
  • Kerap mengambil memori pada kondisi smartphone masih berpijar.
  • Kerap mengubah kartu memori dari 1 smartphone ke smartphone lain.

Anda harus jaga kartu memori dengan sebaik-baiknya sebab menyaksikan memiliki bentuk yang kecil dan rawan rusak/patah.

8. format kartu memori Anda

Loh, kok malahan harus diformat, walau sebenarnya kan Anda tidak ingin memformat kartu memori? Dapat disebut, langkah pola ini ialah langkah terakhir untuk memperbaiki kartu memori Anda jika tidak dapat diatasi dengan beberapa cara awalnya yang sudah kami ulas.

Salah satunya langkah pola memori card di Android ialah masuk di pada menu Setting pada Android Anda. Selanjutnya tentukan Penyimpanan. Pada opsi yang ada, tentukan "Erase SD Card". Mekanisme Android Anda akan meniadakan dan bersihkan isi dalam kartu memori Anda secara automatis. Kartu memori yang telah bersih kemungkinan bisa digunakan kembali lagi seperti semua.

Berikut penyebab kartu memori rusak yang perlu Anda kenali:

1. Kualitas kartu memori buruk

Sesungguhnya, point ini ialah point paling penting waktu Anda akan beli kartu memori. Anda tentu saja harus menimbang kartu memori yang Sahabat membeli. Salah satunya alasan yang dapat Anda tentukan ialah dari brand-nya. Makin populer merk kartu memori itu, dan makin banyak orang yang mereferensikan merk itu, karena itu umumnya kualitas yang dipunyai oleh kartu memori itu baik sekali. Tetapi sudah pasti, kartu memori yang baik umumnya mempunyai harga yang relatif mahal. Tapi, hal itu tentu saja akan lurus sebanding dengan kualitas yang dijajakan. Hingga kartu memori itu dapat tahan lama dan tidak gampang rusak.

Tetapi, jangan cuman terpatok pada merk saja. Jangan yakin bila ada yang jual kartu memori merk populer pada harga murah. Sebab kemungkinan, kartu memori itu ialah kartu memori palsu, atau umum disebutkan dengan kualitas KW.

Lihat class kartu memori yang Anda membeli. Class paling tinggi sekarang ini dalam kartu memori ialah class 10. Anda harus membaca langkah mengenali class pada SD Card yang pernah kami ulas di web ini.

2. Usia kartu memori telah tua

Walau kartu memori yang Anda punyai ialah kartu memori dengan kualitas terhebat dalam kelasnya, atau bila Anda mempunyai harddisk external terhebat sekalinya, tapi bila kartu memori itu telah digunakan belasan atau beberapa puluh tahun, karena itu performnya lama-lama akan turun. Pengurangan itu dapat berpengaruh pada rusaknya kartu memori Anda.

3. Pemakaian kartu memori yang keliru

Memakai kartu memori rupanya ada triknya tertentu, terutamanya saat akan melepas kartu memori dari smartphone. Anda tidak dapat melakukan secara asal-asalan secara langsung mengambil atau melepas kartu memori demikian saja. Anda harus lakukan eject manual pada smartphone waktu ingin mengambil kartu memori. Sama seperti saat Anda akan melepas flashdisk dari computer atau laptop. Triknya ialah masuk di menu Setting, tentukan Penyimpanan > MicroSD > Unmount SD Card.

Dengan lakukan hal itu, bila ada data yang lagi digunakan pada kartu memori, karena itu mekanisme Android Anda akan menghentikan proses pembacaan data itu. Hal yang lain akan terjadi waktu kartu memori dilepaskan demikian saja. Data yang lagi digunakan mendadak dihentikan secara paksa. Mengakibatkan, kartu memori bertambah lebih gampang rusak. Apabila hal itu terus-terusan dikerjakan, karena itu tentu saja kartu memori Anda jadi cepat rusak.

Penutup

Demikian artikel kami kesempatan ini berkenaan langkah memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Mudah-mudahan artikel kesempatan ini bisa menolong Anda untuk memperbaiki kartu memori Anda. janganlah lupa turuti lagi caramudah.id dengan Follow account Media sosial kami

Posting Komentar untuk "Begini, 8 Cara memperbaiki kartu SD yang rusak tanpa memformat"