Mudah! 13 Cara Mengatasi HP Yang Lemot, Lag/Ngelag, Kembali Ngebut (Xiaomi Oppo Realme) Semua HP


CARAMUDAH.ID - Xiaomi adalah merek handphone yang sekarang ini sedang populer di Indonesia. Kecuali harga yang murah, spesifikasi yang dijajakan cukup menarik.

Tetapi, ini tidak jadikan handphone Xiaomi jadi "kebal" pada lag.

Bersamaan dengan penggunaan dan jumlahnya aplikasi yang terinstall, handphone Xiaomi kadang dapat alami lag.

Bila sekarang ini handphone Xiaomi kamu berasa lamban, lag, hang atau sejenisnya, kamu dapat coba 13 langkah berikut ini untuk menanganinya.

13 LANGKAH MENGATASI HP XIAOMI LAG, TERBAIK


Langkah berikut ini dapat kamu terapkan ke seluruh type handphone Xiaomi ya. Bahkan juga kamu bisa juga pakai untuk handphone lain, yang paling penting masih memakai Android selaku mekanisme operasinya.

Langsung, di bawah ini ialah 13 langkah menangani lag pada handphone Xiaomi (dan handphone Android yang lain) versi caramudah.id:

1. Hapus Aplikasi Dan Game yang Telah Tidak Dipakai

Langkah pertama yang dapat kamu kerjakan untuk menangani handphone Xiaomi lag atau lelet dengan meniadakan aplikasi dan game yang tidak dipakai lagi.

Coba lihat satu-satu aplikasi yang terinstall di handphone kamu. Selanjutnya hapus aplikasi dan game yang telah tak pernah kamu pakai lagi.

Kecuali tidak lelet, penyimpanan handphone Xiaomi kamu bertambah lega. Dan dapat dipakai untuk simpan beberapa foto bekas lebih banyak.

2. Hentikan Aplikasi yang Berjalan Dilatar Belakang

Langkah ke-2 dengan hentikan aplikasi dilatar belakang. Langkah ini benar-benar efisien untuk kurangi pemakaian RAM handphone Xiaomi.

Jadi handphone Xiaomi kamu akan berasa lebih enteng dan tidak lag lagi.

Di bawah ini ialah beberapa langkah langkah hentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang:

-buka Setelan > Aplikasi > Tentukan aplikasi yang pengin disetop > Hentikan aplikasi

Kamu dapat hentikan seluruh aplikasi yang diharapkan. Makin banyak semkain baik.

3. Jangan Pakai Widget

Widget akan membuat penampilan homescreen bertambah menarik. Tetapi ada harga yang perlu dibayarkan untuk itu.

Diantaranya ialah perform handphone kamu akan menurun. Itu sebab perlu resource yang banyak untuk jalankan widget.

Karena itu, jika tidak penting-penting sangat, lebih bagus hapus widget dari homescreen kamu.

Bahkan juga, seluruh team penulis di Androbuntu.com tidak ada yang memakai widget di handphone nya loh. Itu sebab kami ketahui dampak negatif dari pemakaian widget.

4. Nonaktifkan Feature Penyelarasan

Feature penyelarasan benar-benar sangat berguna. Kamu dapat menyesuaikan data handphone dengan data yang tersimpan di cloud.

Tetapi, tidak selama-lamanya feature ini harus diaktifkan.

Aktifkan saja feature penyelarasan pada saat spesifik. Diantaranya ialah waktu tersambung ke wifi.

Nonaktifkan feature penyelarasan waktu kamu tidak tersambung ke wifi. Kecuali handphone kamu jadi tidak lag, menonaktifkan feature penyelarasan akan membuat kamu lebih irit paket data.

5. Jangan Pakai Live Wallpaper, Sebab Membuat Berat

Sama dengan widget, pemakaian live wallpaper akan membuat handphone bertambah lemot. Terlebih jika handphone kamu mempunyai detail yang rendah.

Jadi, jangan pakai live wallpaper ya. Pakai gambar wallpaper biasa-biasa saja. Masih nampak tarik ko.


6. Nonaktifkan Feature Bluetooth

Sama dengan feature penyelarasan, feature bluetooth bagusnya kamu nonaktifkan bila tidak sedang dibutuhkan. Sebab bila kamu aktifkan lagi sepanjang hari, handphone kamu bakal menjadi lelet dan lag.

7. Jangan Pakai Aplikasi Antivirus

Saya bukan fans aplikasi antivirus.

Faktanya?

Sederhana. Sebab memakai antivirus semakin banyak kerugian daripada manfaatnya. Antivirus akan berjalan lagi dilatar belakang, hingga bisa mengonsumsi RAM. Akhirnya, handphone jadi lemot. Karena itu, jangan pakai aplikasi antivirus. Apa lagi saat ini tiap handphone telah diperlengkapi dengan aplikasi semacam antivirus secara bawaan. Jadi antivirus tidak diperlukan lagi.

8. Pakai SD Card Dengan Class yang Tinggi

Bila handphone kamu memberikan dukungan pemakaian memori external, jangan cuman memakai SD Card. Pakailah SD Card dengan class atau kelas yang tinggi. Saya benar-benar mereferensikan untuk memakai SD Card dengan class 10.

9. Nonaktifkan Feature GPS

Satu kembali feature yang tak perlu kamu aktifkan sejauh waktu, yakni GPS. Pakailah feature ini pada saat spesifik saja. Misalkan saat kamu pengin ke satu tempat dan memakai Google Maps.

10. Hapus Aplikasi Sosial Media

Tidak disangsikan kembali jika aplikasi media sosial ialah "pemakan" RAM yang cukup rakus. Jadi, kamu mulai bisa tuch meniadakan koleksi aplikasi media sosial kamu seperti Facebook, T yang lain dan witter. Selaku pilihan, kamu dapat megnakses media sosial lewat browser. Lebih irit RAM.

11. Pakai 1 Aplikasi Pesan Instant Saja

Tidak hanya aplikasi sosmed. Aplikasi pesan instant mengonsumsi lumayan banyak RAM. Karena itu, lebih bagus pakai 1 aplikasi pesan instant saja. Agar handphone kamu tidak begitu lelet dan lag.

12. Pakai Aplikasi Versus Lite

Beberapa aplikasi seperti Facebook, sediakan versus landasan atau yang kerap disebutkan dengan Lite. Aplikasi versus Lite ini umumnya lebih enteng. Baik dari sisi ukuran aplikasi atau pemakaian RAM nya. Nah, kamu dapat pilih memakai aplikasi versus Lite. Agar handphone Xiaomi kamu tidak begitu lag.

13. Taruh Data Di Cloud Penyimpanan, Daripada Di Handphone

Kebanyakan simpan data di penyimpanan handphone terkadang membuat handphone jadi lag. Jadi, coba alihkan beberapa data kamu ke tempat lain. Diantaranya ialah aplikasi cloud storage. Kemudian hapus beberapa data kamu yang berada di handphone, agar lebih mudah handphone nya.

PENUTUP

Nah, itu ia barusan 13 panduan yang dapat kamu coba untuk menangani handphone Xiaomi yang lelet, lamban dan lag. Kecuali untuk handphone Xiaomi, 13 langkah di atas bisa juga kamu kerjakan untuk handphone merek lain.

Triknya tinggal disamakan saja.

Selamat coba.