Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mudah Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian Pada HP Android

Layar Sentuh TIdak Berfungsi Sebagian - Bagaimana bila layar sentuh hp kamu hancur ? Misalkan saja seperti layar hp tidak memberi respon waktu di sentuh seolah tidak berfungsi sama sekali.

atau malahan touchscreen HP tidak berfungsi sebagian, waktu dipegang samping kiri tidak dapat tetapi yang kanan malahan normal - normal saja.

Pasti membuat bingung untuk kita pemakai android, karena touchscreen jadi salah satunya part yang paling utama pada satu hp layar sentuh.

Lalu bagaimanakah langkah memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian itu ? Berikut cara - cara yang penting dikerjakan bila permasalahan touchscreen error berlangsung di hp android kamu.

Pemicu Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Ada beberapa factor sebagai pemicu touchscreen hp tidak berfungsi sebagian, tetapi yang tersering berlangsung sering berasal dari :
  1. Mekanisme Error, dampak dari penggunaan RAM yang mulai penuh dapat menyebabkan layar sentuh tidak memberi respon.
  2. Tertekan Benda Berat, memungkinkan touchscreen hp jadi hancur jika di bagian ujung layar tertekan benda berat.
  3. HP Jatuh, kadang layar sentuh jadi tidak berfungsi secara datang - datang sesudah bentrokan waktu hp jatuh. Apa lagi bila monitor-nya langsung yang terkena.
  4. Usia Gunakan HP, saya sediri kerap alami HP tiba-tiba alami keluh kesah layar yang tidak berfungsi bila telah lama dipakai. Umumnya sich seputar 2 - 3 tahunan, tetapi bila kerap buat main game dapat bisa lebih cepat kembali rusaknya.
  5. Layar HP Terkena Air, touchscreen tidak dapat bekerja sebagian jika berlangsung konsleting karena air masuk ke sisi spesifik layar hp.
  6. Paling akhir, pemakaian pengisi daya yang keliru bisa juga membuat hp susah didesak pada sebagian layar.

Langkah Memeriksa Layar Sentuh Yang Error

Saat sebelum kamu mengatasi permasalahan itu, alangkah sebaiknya bila kamu mengenali lebih dulu sisi layar sentuh yang mana error.

Ada cara-cara untuk memeriksa touchscreen hp yang error itu, dimulai dari memakai code rahasia, aplikasi gambar, aplikasi touchscreen tes atau disaksikan secara visual.

Namun dari semuanya, saya paling senang memeriksa layar sentuh hp android yang error memakai aplikasi gambar. Soalnya mudah langkah memeriksanya.

Kamu dapat menyaksikan seluruh cara - jalannya pada halaman awalnya yang mengulas Langkah Memeriksa Touchscreen HP.

Langkah Mengatasi Touchscreen HP Tidak Berfungsi Sebagian (Dead Spot)

8 Cara Mudah Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian Pada HP Android
8 Cara Mudah Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian Pada HP Android

Berikut ini Technoecho akan memberi langkah mengatasi touchscreen tidak dapat disentuh sebagian.

Menyaksikan pemicu di atas, kerap kali dikarenakan oleh kerusakan elemen hingga HP perlu tukar LCD. Walau sebenarnya untuk ongkos tukar LCD HP Android, diperlukan dana yang agak banyak.

Oleh karena itu coba langkah-langkah berikut ini :

Panduan ini dapat kamu pakai pada HP Xiaomi, Realme, OPPO, VIVO, Samsung atau yang lain.

1. Check Keadaan Perlindungan Layar

Tempered glass adalah alat tolong perlindungan layar sentuh atau touchscreen hp android yang paling terkenal.

Namun,tahukah kamu perlindungan layar yang kotor / hancur dapat menyebabkan layar tidak dapat disentuh sebagian.

Oleh karena itu jika sisi spesifik layar hp sulit disentuh dan keadaan tempered glass sudah pecah (retak), alangkah sebaiknya bila kamu melepaskan perlindungan layar itu lalu tukar yang baru.

Tetapi bila layar hp kamu terlanjur retak, dipostingan awalnya saya pernah membahas mengenai Layar HP Retak Tidak Dapat Disentuh.

2. Masuk Ke Dalam Safe Mode

Jika dengan langkah awal layar sentuh hp kamu masih error karena itu coba masuk ke dalam "safemode".

Ini mempunyai tujuan untuk pastikan layar sentuh tidak berfungsi sebagian ini dikarenakan oleh permasalahan pada mekanisme operasi android atau mungkin tidak.

Untuk masuk ke "safe mode", triknya :
  • Pertama matikan HP android kamu.
  • Seterusnya pencet dan tahan tombol power untuk mematikan daya hp. Saat sebelum daya betul - betul mati, pencet "volume bawah" sampai tampil notifikasi "Safe Mode : ON".
  • Jika kamu pengin menonaktifkannya, ulang cara - cara ke tiga di atas sampai tampil pernyataan "Safe Mode : OFF"

3. Tukar Pengisi daya HP Kamu

Bila waktu HP sedang di cas malahan tampil permasalahan layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian, karena itu ada peluang permasalahannya ada di pengisi daya hp kamu.
Tegangan yang tidak tepat karena pemakaian pengisi daya yang tidak pas bisa hilangkan tanggapan spesifik dari HP kamu.

Oleh karena itu, langkah menanganinya :

Tukar pengisi daya ponsel-nya dan pakai yang orisinal, karena bila didiamkan bisa memunculkan permasalahan lain seperti baterei hp hancur, hp android mati sendiri sampai hp jadi ngeblank.

4. Tes Touchpoint Layar Sentuh Android

Ada banyak titik sentuh pada layar touchscreen hp android dan jika Touchscreen yang error pada sebagian layar, karena itu kamu perlu mengetes layar untuk mengenali tempat sisi layar yang mana hancur.

Oleh karenanya kamu perlu memasang aplikasi penguji titik sentuh untuk mengecek samping mana sisi layar sentuh yang hancur. Dengan mendaftar sentuhan jemari kamu di layar hp, secara automatis aplikasi ini akan mengetahui tempat layar itu.

Aplikasi yang dipakai ialah Multitouch Tester.

5. Pakai Mouse

Perlu kamu kenali jika mouse dapat dipakai pada hp android juga. Mouse ini berfungsi untuk menjalankan mekanisme sama dengan waktu memakai perangkat computer.

Di saat mouse dihubungkan ke hp android akan tampil satu cursor yang nanti cursor ini berfungsi untuk pilih dan sentuh di bagian layar yang tidak dapat disentuh.

Saya pernah coba langkah ini saat belum mempunyai ongkos untuk tukar touchscreen hp. Langkah memakai mouse di hp android inipun lumayan gampang, yaitu :

Cukup persiapkan mouse dan ikatan kabel OTG. Seterusnya, cukup kamu sambungkan mouse pada hp android melalui kabel OTG itu.

Kenapa ini sukses ?

Karena layar hp yang tidak berfungsi sebagian itu kerusakannya ada di hardwarenya saja, tetapi softwarenya masih normal.

6. Yakinkan Status LCD

Jika sesudah hp kamu jatuh monitornya tidak dapat disentuh sebagian karena itu selekasnya check status LCD dan socket touchscreen.

Namun bila kamu tidak mempunyai pengalaman alangkah sebaiknya bila mengantarnya ke tempat servis hp.

7. Pakai Korek

Benar-benar kedengar aneh untuk kalian yang tidak pernah mengenalinya, tetapi rupanya memperbaiki touchscreen error sebagian memakai korek banyak dikerjakan di youtube atau beberapa komunitas.

Triknya :
  • Pertama persiapkan pemantik korek gas listik.
  • Selanjutnya persiapkan hp yang alami permasalahan dead spot itu.
  • Kemudian jentikkan pemantik >> selanjutnya hadapkan ujung kabel yang berpijar di bagian layar sentuh yang tidak berfungsi.
  • Coba periksa dulu apa layar sentuh hp kamu bisa berfungsi kembali lagi atau belum. Bila belum juga, coba ulang kembali lagi.
Bila kamu belum juga tahu dengan cara di atas, selaku kisah kamu dapat buka aplikasi youtube.

Lalu kamu tulis di kolom penelusuran "langkah memperbaiki touchscreen dengan korek".

8. Tukar Touchscreen HP

Bila seluruh langkah di atas telah kamu kerjakan tetapi hp android masih tidak dapat berfungsi waktu dipegang karena itu coba untuk tukar touchscreen-nya.

Ada peluang ada kerusakan dibagian spesifik layar hp kamu itu sebab pernah jatuh, tertekan benda berat, atau terkena air.

Lalu berapakah harga touchscreen hp android ?

Bila kamu membeli elemen di toko online seperti tokopedia, bukalapak atau shopee umumnya seputar 300 ribu sampai 500 ribu sesuai merk ponsel-nya.

Tetapi bila kamu menukar layar sentuh dalam tempat serive hp atau servis center sah pasti ditambah lagi ongkos layanan penempatannya.

PENUTUP

Begitu pertemuan kita kesempatan ini yang membahas mengenai langkah mengatasi touchscreen tidak dapat disentuh sebagian itu.

Mudah-mudahan pertemuan kesempatan ini dapat memberi faedah untuk kita.

Demikian dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "8 Cara Mudah Mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian Pada HP Android"