Cara Memperbaiki Kabel Data Rusak, Tidak Mengisi, Longgar Pada Konektor

 

Kabel Data HP Android - Kabel data / kabel pengisi daya / kabel usb adalah salah satunya sisi pengisi daya yang bila hancur dapat mengakibatkan permasalahan pada pengisian daya baterei.

Banyak factor sebagai pemicu kabel data kerap hancur, dimulai dari factor bahan kabel pengisi daya sampai penggunaan oleh sang pemakai hp android tersebut.

Tetapi kerap kali banyak orang cenderung pilih mengubahnya yang baru jika kabel data mulai hancur, kendur atau sampai tidak dapat isi daya baterei sama sekalipun.

Walau sebenarnya kabel pengisi daya yang hancur dapat kita benahi sendiri, berikut langkah memperbaiki kabel data yang tidak isi pada hp android.

Pemicu Kabel Data Cepat Hancur

Apa kabel memengaruhi fast charging pada HP Android ?

Jawabnya ialah benar-benar memengaruhi. Karena kabel data orisinal telah dibuat dimulai dari bahan sampai panjang kabel supaya sesuai tegangan yang diperlukan untuk isi baterei HP.

Oleh karena itu, tidaklah aneh bila kabel data cepat hancur jika tidak kita tukar dengan dengan kabel yang asli bawaan HP.

Disamping itu, berikut sejumlah pemicu lain mengapa kabel data kerap hancur :

Kerap memakai hp android saat sedang di cas, ini bisa mengakibatkan di antara konektor USB dengan konektor hp jadi kendor karena tidak sanggup meredam desakan.
Kabel dan hp android tertekan badan kita waktu lakukan pengisian daya saat dibawa tidur.
Langkah menggulung kabel data yang tidak betul hingga berpengaruh pada putusnya kabel.
Kabel pengisi daya tanpa menyengaja bungkusukan air.

4 factor di atas jadi hal yang tersering berlangsung bila hp kamu tidak dapat isi daya jika pengisi daya telah tersambung dengan setop contact.

Ciri-ciri - Ciri-ciri Kabel Data Hancur

Saat sebelum kamu memilih untuk beli atau mengatasi kabel pengisi daya yang hancur itu, alangkah sebaiknya bila kamu menentukannya lebih dulu.

Bila kabel casan hancur, umumnya ciri-ciri - cirinya :

1. Umumnya akan diikuti dengan tidak memberikan tanda-tanda isi baterei saat konektor telah dipasang ke hp android itu. Sekalinya terkadang telihat isi tetapi daya baterei hp dicas tidak tambah tetapi malahan menyusut dengan seiringnya waktu.

2. Waktu konektor USB terpasang pada hp android akan berasa kendur. Walau sebenarnya semestinya, konektor harus presisi dan jangan kendor sebab akan memengaruhi arus listrik yang masuk.

3. Tampil peringatan "USB piranti not recognized" saat kabel data dihubungkan ke perangkat computer. Ini mengisyaratkan computer tidak sanggup membaca data hp android karena kabel usb yang memiliki masalah.

4. HP Android terkadang isi dan terkadang tidak bila kamu gerak - pergerakan kabel datanya. Ini sebab konektor kabel USB mulai kendur.

5. Dan yang paling akhir, nampak pada penampilan fisik kabel data hp android kamu. Saksikan apa keadaan kabel data ada yang terkelupas atau malah malahan nyaris putus. Karena bila cuman mengelupas sedikit saja, kadang jadikan kabel data memiliki masalah.

Bila benar-benar keadaan kabel data kamu sama seperti yang saya sebut, kamu dapat coba panduan untuk memperbaiki kabel data lama yang hancur dari saya ini.

Karena langkah ini telah saya coba dan sukses mengatasi kabel data hancur yang pernah saya rasakan sendiri.

Langkah Perbaiki Kabel Data Yang Hancur, Tidak Isi, Kendur dan Bahkan juga Nyaris Putus

Cara Memperbaiki Kabel Data Rusak, Tidak Mengisi, Longgar Pada Konektor
Langkah Perbaiki Kabel Data Yang Hancur, Tidak Isi, Kendur dan Bahkan juga Nyaris Putus


Bila permasalahannya sekedar hanya kendor bila kabel pengisi daya usb terpasang atau mungkin tidak isi, ini pasti bisa diperbarui sendiri supaya lebih irit ongkos.

Ini triknya :

1. Coba Amplas Sisi Konektor Pengisi daya Dan USB

Bila konektor hp otomatis kabel data pun tidak dapat dipakai, karena penghantar daya khusus dari pengisi daya diawali pada konektor.

Ini muncul karena 2 pemicu, yaitu :

Konektor untuk USB kotor.
atau konektor untuk port pengisi daya kendur.

Bila HP tidak dapat isi daya umumnya keadaannya kendur atau putus. Tetapi bila bisa isi daya tetapi lama penuh, umumnya karena hanya konektor yang kotor.

Kamu dapat memakai amplas untuk mengatasi kabel data yang tidak dapat dipakai untuk isi daya baterei hp itu.

Triknya :
  • Pertama, persiapkan amplas besi lebih dulu. Umumnya di bagian yang kasarnya warna hitam apabila kamu membeli di toko bangunan, harga seputar 2 ribu sampai 3 ribu saja. Kamu dapat pilih memakai amplas membeli ukuran 1000, tidak begitu lembut tetapi pun tidak begitu kasar.
  • Ke-2 , amplas di bagian konektor kabel data yang hancur itu secara perlahan-lahan. Kerjakan di bagian konektor untuk port pengisi dayanya dan di bagian USB. Bila telah membersihkan memakai tisu atau lap kering.
  • Ke-3 , coba kembali lagi kamu pakai kabel data itu untuk isi daya HP Android seperti umumnya. Arah menggosok konektor memakai amplas ini untuk hilangkan kotoran yang melekat, karena bila memakai tisu atau lap kotoran belum pasti dapat hilang.
Langkah ini seringkali saya kerjakan pada bermacam tipe konektor kabel, dimulai dari USB biasa sampai kabel data type C.

2. Pakai Tang Bila Kabel Data Kendur

Selanjutnya bila permasalahannya sebab kabel data kendur, misalkan saja pengisian daya baterei tidak isi karena hp bergerak atau goyang sedikit saja di saat hp sedang di cas.

Konektor yang berbeda wujud hingga tidak sesuai port pengisi daya HP jadi salah satunya pemicu kabel data yang kendur. Ini akan berlangsung jika kamu memakai kabel data pada ukuran port hp yang tidak tepat.

Sesungguhnya langkah mengatasi kabel data yang kendur itu lumayan gampang, kamu perlu memakai tang saja.

Berikut cara - jalannya :
  • Pertama persiapkan tang capit, bukan tang potong kabel.
  • Lantas mengambil kabel data yang hancur itu.
  • Selanjutnya capit dan sedikit kamu pencet pada ujung konektornya memakai tang. Tetapi supaya hasilnya tidak begitu meeting, jangan begitu keras menjepitnya karena dapat susah masuk ke HP.
  • Kemudian coba periksa kembali lagi dengan menghubungkan konektor kabel data itu ke HP kamu. Bila masih kendur, dapat kamu ulang kembali.
Dan sampai saat ini, langkah ini seringkali saya pakai untuk bikin kabel pengisi daya yang kendur jadi kembali normal.

Kecuali kabel pengisi daya, kamu perlu geser konektor yang ada dalam port hp kamu itu. Karena bila bukan kabel datanya, peluang lain sebab port pengisi dayanya yang kendur.

Saya paling senang memakai jarum untuk mengatasi permasalahan lubang pengisi daya yang kendor itu. Langkah melakukan perbaikan semacam ini :
  • Pertama, agar gampang menggesernya persiapkan jarum jahit yang gepeng dan jangan begitu besar.
  • Kemudian masukan jarum itu ke dalam port pengisi daya HP kamu.
  • Secara perlahan-lahan geser konektor usb hp itu ke bawah atau ke atas seperti yang kamu perlukan.
  • Selanjutnya untuk memeriksanya, coba cas hp kamu itu.
Note : Jangan memakai benda besar untuk geser port hp kamu itu, karena dapat menyebabkan konektor hp patah. Jadi memakai jarum jahit saja kelihatannya cukup.
Tetapi bila kamu kurang percaya untuk melakukan, saya punyai pilihan lain bila permasalahannya konektor hp android kamu yang hancur.

3. Ikat Kabel Yang Nyaris Putus Dengan Kabel Pengisi daya Lain

Untuk cara ke-3 ini, saya referensikan untuk kamu yang dapat menyolder saja. Karena bila kabel data hancur sebab nyaris putus, langkah melakukan perbaikan dengan menghubungkan pada kabel pengisi daya lain.

Untuk ikatan kabelnya, di sini saya merekomendasikan untuk memakai solder. Bila cuman dihubung saja, kadang tetap tidak dapat salurkan arus listrik ke konektornya.

Dan waktu kamu akan menghubungkan kabel pengisi daya hp yang putus itu, yakinkan hubungkan sesuai warna yang serupa. Karena makna warna kabel pengisi daya hp mempunyai arah sendiri - sendiri.

Saat nanti kamu menggunting kabel, akan nampak kabel warna merah, putih, hijau dan hitam.

Tetapi bila kamu tidak pahami mengenai solder menyolder, seharusnya membeli kabel barusan. Tetapi yakinkan kamu beli kabel yang orisinal.

Maksudnya supaya kamu tidak alami permasalahan waktu pengisian daya baterei sesudah tukar kabel data yang baru.

PENUTUP

Begitu pertemuan kita kesempatan ini yang sudah membahas langkah memperbaiki kabel data hancur itu.

Dan berikut saya bagi cara-cara menjaga kabel data supaya lebih tahan lama :
  • Jangan cuman melepaskan kabel, sesudah isi daya seharusnya terlepas kabel dan port-nya.
  • Pasang kabel pada kepala pengisi daya yang sama merk.
  • Gulung kabel dengan rapi, jauhi melilitkan kabel di kepala pengisi daya. Alangkah sebaiknya bila menggulung kabel pengisi daya mengikuiti skema melingkar.
  • Pakai perlindungan kabel, supaya lebih tahan lama mencari bahan yang bisa tutup kabel dari gesekan agar tidak gampang mengelupas.
Dan saya paling senang dengan perlindungan kabel dengan bahan seperti pelat warna - warni agar kabel pengisi daya lebih tahan lama dan tidak gampang mengelupas.

Mudah-mudahan langkah saya ini dapat mengirit ongkos bila kabel data kamu hancur. Demikian dan terima kasih.