Minggu, Juni 13, 2021
BerandaTips Android14 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Merespon

14 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Merespon

Touchscreen hp ialah sisi input dari piranti android yang langkah pemakaianya dengan 1 atau dua pergerakan. Touchscreen hp tidak terlepas dari permasalahan error, misalkan saja layar android tidak merespon bahkan juga tidak berperan benar-benar bila disentuh.

Cukup banyak sebagai factor pemicu layar hp tidak merespon itu. Entahlah itu sebab mekanisme yang error atau kerusakan pada elemen yang menyebabkan layar sentuh tidak responsive.

Lalu bagaimanakah langkah memperbaiki layar android tidak merespon sentuhan itu ?

Sepanjang keadaan fisik tidak retak, kamu tak perlu keluar dari rumah untuk menukar layar hp itu. Karena saya sendiri pernah merasakannya di mana touchscreen macet keseluruhan yang karena kemampuan RAM mulai penuh.

Tetapi jika keadaan fisik telah pecah bahkan juga lcd sampai bergaris akan lain ceritanya, bila tidak langsung diperbaiki dapat menyebabkan layar touchscreen tidak berperan sama sekalipun.

Oleh karenanya pada pertemuan kesempatan ini, lewat situs Caramudah.id ini saya akan memberi 14 langkah memperbaiki layar sentuh tidak merespon bila disentuh itu.

Pemicu Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon

Sepanjang layar sentuh tidak retak atapun pecah, pemicu touchscreen hp error itu kerap kali berlangsung karena banyak hal sebagai berikut :

  • Panas berlebihan, tiap elemen elektonik akan memiliki masalah bila keadaannya begitu panas. Begitupun dengan hp android, layar hp akan kurang merespon jika telah alami overhead.
  • Signal hp jelek, jaringan internet yang lemot dapat membuat hp android kamu sulit disentuh.
  • beberapa sumber menjelaskan type layar benar-benar memengaruhi perform satu handphone. Misalkan saja Super AMOLED akan jauh lebih bagus dibanding IPS LCD.
  • Bentrokan benda keras, banyak pemakai android yang alami permasalahan layar sentuh tidak dapat disentuh karena jatuh.

Dan ada banyak factor yang lain seperti RAM mulai penuh sampai layar hp terserang air.

14 Langkah Mengatasi Layar Sentuh HP Android Tidak Merespon Bila Disentuh

19

Berikut cara – cara bila layar android alami error seperti nge-lag, tidak merespon, atau kurang responsive hingga berkesan tidak berperan dengan normal :

langkah ini dapat kamu aplikasikan di seluruh hp android seperti vivo, oppo, xiaomi, asus atau hp samsung yang touchscreen terkadang dapat terkadang tidak.

1. Check Peranan Layar HP

Langkah awal yang penting kamu kerjakan jika layar sentuh hp android kerap tidak merespon dengan pastikan touchscreen hp bisa berperan secara benar terlabih dulu.

Untuk memeriksa peranan layar hp, langkah yang termudah dengan memakai menu Setel Cepat notifikasi.

Dengan cara ini, kamu akan mengenali apa touchscreen tidak berperan beberapa atau mungkin tidak. Triknya :

  • Pertama – tama sentuh pojok kiri atas layar
  • Selanjutnya geret jemari kita ke sudut kanan bawah tanpa mengusung jemari secara perlahan-lahan
  • Kerjakan hal itu secara perlahan-lahan hingga kita bisa hitung sampai 10 saat sebelum capai pojok layar yang berseberangan

Bila kamu bisa tarik menu Setel Cepat dan notifikasi sampai sisi bawah layar karena itu permasalahannya bukan berawal dari tempat spesifik pada layar. Tetapi jika menu Setel Cepat dan notifikasi lepas waktu kamu sedang menggeret jemari di layar karena itu coba Ulang pengetesan.

Dan jika Setel Cepat dan notifikasi lepas kembali di bagian layar yang serupa, karena itu ada peluang ada kerusakan hardware hingga touchscreen tidak berperan beberapa.

Kamu dapat memperbaiki permasalahan itu tanpa keluar dari rumah dengan mengambil Aplikasi Touchscreen Repair, karena terlambat tanggapan yang berbeda dapat menyebabkan touchscreen tidak berperan beberapa itu.

2. Gunakan Aplikasi Multitouch Tester

Touchscreen / layar LCD hp android tidak berperan sebab error kerap kali tidak jauh dengan permasalahan seperti layar tidak merespon, layar bergerak sendiri, pencet sendiri atau ghost touch.

Untuk memeriksa kerusakan pada layar sentuh hp android itu kalian dapat memakai aplikasi yang namanya “Multitouch Tester” dan dapat kamu peroleh dengan gratis pada google play android.

Untuk memakai aplikasi itu, cara – cara yang perlu kita kerjakan salah satunya ialah :

  • Ambil aplikasi Multitouch tester di playstore hp android lebih dulu
  • Kemudian install aplikasi dan nantikan sampai proses instalasi usai
  • Selanjutnya lakukan aplikasi, kemudian kita akan disuruh untuk tempelkan jemari ke layar
  • Bila telah tempelkan jemari ke layar seperti yang disuruh oleh aplikasi, tetapi ada yang tidak terhitung. Karena itu bisa ditegaskan ada kerusakan pada layar smartphone itu

3. Membersihkan Layar HP

Kontaminasi kotoran yang melekat menjadi pemicu layar touchscreen tidak merespon. Apa lagi bila kotoran itu berbentuk minyak tersisa makanan.

Oleh karena itu supaya layar sentuh dapat berperan kembali lagi kamu harus bersihkan kotoran yang menepel pada touch screen hp android itu.

Triknya :

  • Mengambil lap / kain lembut.
  • Selanjutnya sedikit basahi memakai minyak kayu putih.
  • Lantas seka layar hp secara perlahan-lahan untuk membersihkannya.
  • Kemudian ulang memakai sisi lap yang kering.

Umumnya bila tidak ada minyak kayu putih, saya memakai tissue basah untuk bersihkan layar hp android yang kotor itu.

4. Gunakan Pasta Gigi Bila Layar HP Bergaris

Kecuali kontaminasi kotoran tersisa makanan, pemicu touchscreen tidak tanggapan bila disentuh dapat karena layar hp yang bergaris. 

Kamu dapat memakai pasta gigi untuk hilangkan guratan pada permukaan layar hp android. Selanjutnya gosok secara perlahan-lahan memakai cutton bud.

atau kamu dapat menyaksikan cara – jalannya pada posting saya awalnya berkenaan langkah mengatasi layar hp bergaris, disitu lebih komplet jalan keluarnya.

5. Tukar Tempered Glass

Kenapa harus tukar tempered glass ? Karena tempered glass yang retak akan memengaruhi performa pada layar sentuh hp android kamu.

Perlu kamu kenali jika tempered glass yang retak akan menyebabkan touchscreen tidak berperan beberapa. Misalkan saja di bagian tombol kembali lagi atau tombol home terkadang merespon terkadang tidak.

Oleh karena itu langkah mengatasi touchscreen tidak berperan beberapa itu dengan menukar TG yang retak itu.

Untuk mengubahnya kamu dapat kerjakan sendiri, cara – jalannya :

  • Pertama terlepas tempered glass itu lebih dulu.
  • Jika kamu kenakan sarung tangan, alangkah sebaiknya terlepas sarung tangan itu.
  • Selanjutnya waktu kamu tempelkan stiker pada layar atau sensor, jangan sangsi untuk melepaskan stiker.
  • Dan yakinkan saat sebelum menempatkan layar lcd hp android pada keadaan bersih.

6. Restart HP

HP android yang tidak merespon sentuh bisa juga karena mekanisme error. Karena itu mematikan daya hp dapat kamu buat jadi solusi untuk merefresh mekanisme hp yang error itu.

Tetapi waktu kamu merefresh mekanisme hp android supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kerjakan secara sistem berikut :

  • Pertama matikan daya hp android.
  • Sesudah hp pada keadaan mati > lapas baterei, sim card dan kartu memori.
  • Lantas biarkan sepanjang 30 detik.
  • Selanjutnya pasang seluruh elemen itu dan nyalakan kembali lagi.

Namun bila hp android kamu telah memakai baterei tanam, mematikan hp android lalu biarkan sepanjang 30 detik saja bisa mengatasi layar sentuh tidak berperan itu.

7. Membersihkan RAM Yang Mulai Penuh

Kamu tak perlu tergesa – gesa untuk pastikan jika ada kerusakan pada hardware layar hp android yang kita punyai jika layar sentuh tidak responsive atau mungkin tidak bergerak walau telah di sentuh.

Karena layar hp android yang kurang merespon bisa juga karena kemampuan RAM mulai penuh. Oleh karenanya untuk mengatasi permasalahan layar sentuh yang error itu kamu meniadakan aplikasi yang jarang-jarang digunakan.

Atau mengambil aplikasi pencuci memori seperti Clean Master agar performa hp android lebih enteng.

Karena bila RAM hp mulai penuh kadang dapat menyebabkan touchscreen error yang lain, misalkan saja nge-lag atau berkedip.

8. Rendam Ke Dalam Beras

Layar hp ialah sisi elemen piranti android yang mudah error jika terkena air, imbas terjeleknya hp jadi ngeblank.

Oleh karena itu bila alami permasalahan itu, selekasnya rendam ke dalam beras sesudah hp terkena air.

Untuk berapakah lama dipendam di dalam beras atau bahan lain alternatif beras, kamu dapat menyaksikan dipostingan saya awalnya. Saya telah kupas habis layar hp tidak berperan sesudah terkena air pada posting itu.

9. Masuk Ke Save Model

Untuk pastikan selanjutnya tentang layar hp tidak dapat sentuh itu yang karena aplikasi yang sudah terinstal pada hp yang kita punyai, karena itu kita bisa menentukannya dengan masuk pada model aman handphone android itu.

Untuk masuk di dalam save model piranti android itu, cara – cara yang penting kita kerjakan sebagai berikut :

  • Pertama – tama pencet dan tahan tombol power di piranti android
  • Pada layar handphone, tap lama untuk Matikan piranti Daya
  • Sesudah masuk model aman, lalu sentuh layar
  • Bila layar berperan dalam model aman, kemungkinan pemicu permasalahannya ialah aplikasi yang sudah kita ambil pada hp android itu
  • Bila benar-benar begitu karena itu kita perlu untuk meniadakan aplikasi – aplikasi itu

Untuk masuk pada model aman, tiap handphone android mempunyai langkah yang lain. Oleh karena itu, supaya lebih detilnya kita bisa lakukan penelusuran langkah masuk di model aman hp android yang kita punyai itu pada penelusuran Google.

10. Nonaktifkan Pilihan Developer

Perlu untuk kita kenali jika kadang bila kita aktifkan pilihan developer karena itu bisa mengubah perform layar sentuh.

  • Membuka aplikasi Setel di hp android yang kita punyai.
  • Tap Mekanisme selanjutnya Pilihan developer. Kita akan menyaksikannya cuman bila pilihan developer diaktifkan.
  • Nonaktifkan Pilihan developer.

11. Aktifkan GPU Reading

Dampak peralihan jelek pada layar hp android kadang dapat jadi pemicu layar sentuh tidak merespon.

Oleh karena itu tidak ada kelirunya bila kita memakai Force GPU reading untuk memudahkan komponen yang ada di layar. Berikut cara – cara untuk aktifkan feature Force GPU reading, salah satunya ialah :

  • Pertama, Settings >> Developer Options >> Force GPU reading
  • Ke-2 , bila tidak ada menu developer options, kita perlu masuk di Settings >> About phone >> Developer Options

12. Kalibrasi Layar HP Android

Bila kita alami touchscreen susah di pergerakan padah telah kita sentuh berkali – kali dan keadaan layar tidak retak atau pecah karena itu kita perlu untuk coba lakukan kalibrasi layar android.

13. Kembali lagi Ke Pengaturan Awalnya

Bila dari cara-cara di atas tidak ada yang berbuah hasil akan mengatasi layar sentuh yang error sebab software karena itu reset kembali pada pengaturan pabrik ialah cara paling akhir yang penting untuk kita kerjakan.

Tetapi saat sebelum kita lakukan cara – cara barusan, alangkah sebaiknya bila kita lakukan backup data yang ada di hp kita lebih dulu.

  • Langkah awal pencet tombol power dan tombol volume secara bertepatan
  • Tahan dan jangan dahulu dilepaskan, kecuali tampil menu dilayar
  • Kemudian tentukan menu faktory resert atau kembali pada pengaturan pabrik
  • Gunakan tombol volume untuk menaik-turunkan supaya bisa pilih menu, dan tombol power selaku opsi
  • Tentukan menu faktory reset dan tunggu hingga proses usai

Dan mudah-mudahan layar akan menjadi lagi normal dan dapat digunakan kembali lagi

14. Opsional : Tukar Touchscreen HP

Menukar layar sentuh / touchscreen hp android ialah cara paling akhir yang penting untuk kita kerjakan jika seluruh langkah di atas tidak memberi hasil yang positif.

langkah mengatasi touchscreen tidak dapat disentuh
Tetapi untuk cara yang paling akhir ini, saya anjurkan untuk menukar touchscreen hp android kamu.

Nah.. untuk berapakah ongkos servis waktu tukar touchscreen hp android, seluruh bergantung dari type androidnya ya gaiss..

atau kamu langsung bisa contact saya dari rumah saja, agar kelak saya beri perkiraan ongkos tukar layar hp android yang tidak merespon itu.

PENUTUP

Begitu pertemuan kita kesempatan ini yang barusan membahas mengenai langkah mengatasi layar sentuh hp android yang tiba-tiba tidak merespon itu.

Jangan sangsi untuk memberi keluh kesah kamu lewat kotak kometar, asal tidak ada masalah saya akan cepat untuk merespon kamu.

demikian dan terima kasih.

5f62c81507a19ee53728c6d994369d74?s=117&d=mm&r=g
GaniNugrahahttps://www.caramudah.id
Saya Gani Nugrah Penulisa serta Pemilik dari Blog Caramudah.id, Saya Lulusan SMKN 6 Pandeglang. Semoga Blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua, Amiin.
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments