10 Cara memperbaiki aki kering yang lemah

  • 5 min read
  • Des 16, 2020
10 Cara memperbaiki aki kering yang lemah

Caramudah.id – Aki jadi sisi terpening pada suatu kendaraan motor baik motor atau mobil. Ini dikarenaka Aki adalah salah satu sumber kelistrikan yang segera dapat hidupkan seluruh elemen elektronik yang ada di kendaraan, baik itu audio, lampu atau yang lain. Dan saat aki itu Lemah pastilah seluruh peranan serangkaian eketronik yang ada di motor atau mobil dapat mati sebab tidak ada saluran listrik.

Oleh karenanya jaga keadaan aki kering supaya masih sempurna adalah hal paling penting yang dapat kita kerjakan supaya peranan khusus dari aki itu masih dapat kita gunakan setiap waktu. Dalam industri otomotif, Aki sendiri adalah sumber listri bertenaga DC (direct current) yang bisa juga dikatakan sebagai Aki MF Baterai (Baterai Pemeliharaan Free) karena pada intinya perawatan aki kering tersebut sangat gampang.

Sebab hal tersebulah yang untuk sekarang ini banyak pabrikasi otomotif yang memakai aki kering selaku sumber keleistrikan pada motor atau mobil mereka. Walaupun demikian yang bernama barang elektronika pasti mempunyai usia, oleh oleh karena itu, kalian harus juga sedikit pahami bagaimanakah cara menjaga dan langkah memperbaiki aki kering ketika keadaannya mulai Lemah atau Mati supaya bisa digunakan kembali lagi seperti mestinya.

Panduan Langkah Memperbaiki Aki Kering Lemah

Seperti di atas kami berikan, dalam menjaga aki kering dapat di ngomong lebih gampang dibanding bila menjaga aki basah. Bahkan juga jika kita lupa memeriksanya juga tidak jadi masalah, sebab Aki kering tak perlu di isi carian seperti aki basah. Tetapi demikian harga aki kering umumnya semakin lebih mahal jika dibanding dengan aki basah. Nah untuk kalian yang pengin mengenali bagaimanakah cara memperbaiki aki kering silakan baca infonya di bawah ini.

4

1. Alat dan Bahan

Saat sebelum lanjut pada pengkajian bagaimanakah cara memperbaiki aki kering yang akan kita ulas kesempatan ini, seharusnya kenalilah dulu apa beberapa hal yang penting dipersiapkan supaya saat mulai membedah aki kita tak perlu ke sana-kemari cuman untuk cari alat yang dapat digunakan untuk memperbaiki. Dan berbicara apa bahan dan alat yang akan kita butuhkan silakan kalian dapat menyaksikan itu seluruh berikut:

  • Yang jelas supaya langkah memperbaiki aki kering ini dapat sukses, tentu saja saat sebelum mengejakannya kalian harus beli air aki
  • (zuur), dan yakinkan beli air yang khsus uuntuk isi aki baru tidak untuk menambahkan cairan aki
  • Siapkan obeng minus (-) atau siapkan satu pencukit yang nanti dapat digunakan untuk buka cover aki sisi atasnya
  • Kain lap yang nanti akan digunakan untuk mengelap jika ada cairan yang menetes atau jatuh ke sisi yang tidak diharapkan
  • Sealent atau bisa juga memakai lem plastik/lem tembak untuk kembali lagi menyambung sisi penutup aki
  • Dan paling akhir, sediakanlah satu suntikan tinta printer atau sejenisnya untuk nanti digunakan memasukkan air zuur kedalan box aki kering

Pastikan kembali lagi supaya tidak ada bahan atau alat yang ketinggalan hingga dalam lakukan langkah memperbaiki aki kering ini dapat berjalan dengan lancar dan baik. Bila ditegaskan seluruh alat dan bahan yang di perlukan telah ada baru kalian dapat membedah dan memperbaiki aki kering itu.

2. Melepas Aki dari Mobil/Motor

Selanjutnya cara seterusnya untuk langkah memperbaiki aki kering ialah melepas aki dari mobil atau motor. Sesaat akan lakukan pembaruan, tentu saja kalian harus melepas lebih dulu aki kering itu dari kendaran baik dari mobil atau motor. Yang penting di perhatian ialah kalian harus lebih dulu melepas kutub positif (+) pada aki mobil saat pengin melpasnya. Ini mempunyai tujuan supaya saat tidak menyengaja kalian jatuhkan kunci dan berkenaan sisi mobil dan bersinggungan dengan kutub negatif(-) dengan status kutub positif(+) masih melekat di aki biasnya akan memunculkan percikan api dan tentunya akan membuat terkejut.

3. Persiapkan dan Membersihkan

Sesudah aki kering itu telah lepas dari kendaraan mobil atau motor, sebaiknya kalian bersihkan lebih dulu sisi luar aki, hingga waktu mulai membedahnya kotoran yang ada di bagian atas tida menjatuhkan sisi yang tidak semestinya terserang kotoran. Tentang hal langkah membersihkannya dapat dibilagn benar-benar gampang sebab kalian perlu menyeka sisi yang kotor dengan kain lap yang telah disediakan seperti di atas kami berikan.

4. Membedah Penutup Aki

Langkah memperbaiki aki kering mobil atau motor seterusnya dengan membedah cover atau tutup aki sisi atas sampai terbuka. Dalam masalah ini kalian dapat memakainya dengan obeng yang telah disiapkan. Tetapi umumnya cover atau penutup pada aki kering ini sedikit kuat dan sulit dibuka, oleh karena itu kalian harus sedikit bersabar supaya keadaan aki tidak makin kronis sebab ada kekeliruan yang tidak diharapkan dan menyebabkan keadaan aki makin Lemah, yang automatis harus harus di buang ingat tidak ada sparepart yang dipasarkan.

5. Isi Air Aki (zuur)

Selanjutnya langkah memperbaiki aki kering yang seterusnya dengan mempersiapkan kain lap dan suntikan yang telah disiapkan pada langkah pertama. Sesudah ada silakan kalian check lebih dulu keadaan aki anda, dan yakinkan lubang karet pada aki telah terbuka semua. Umumnya dalam masalah ini ada 3 sampai 10 lubang karet sesuai kemampuan amperenya. Lantas bagaimanakah cara pengisia air zuur ini?

Sama seperti saat kalian sedang memperbaiki aki basah, kalian diwajibkan untuk memasukkan cairan air aki itu ke dalam suntikan dan saran di dalam masing-masing lubang dengan kalian menyuntikan jarum di dalam lubang karet sampai 1cm di bawah lubang aki itu. Saat itu, kerjakan kembali lagi cara barusan sampai seluruh lubagn karet yang ada terisi kembali lagi. Apabila telah tutup kembali lagi sisi lubang karet itu.

6. Menempatkan Penutup Aki

Jika seluruh lubang karet telah ditegaskan tertutup seluruh seperti sebelumnya, kalian dapat lakukan pengeleman memakai lem yang telah disiapkan untuk tutup kembali lagi cover yang telah kalian membuka memakai obeng di atas. Yakinkan waktu pengeleman tidak ada sisi yang ketinggalan supaya tidak ada udara yang dapat masuk atau keluar.

7. Isi Daya Listrik Aki

Proses langkah memperbaiki aki kering setelah itu isi tegangan daya atau bahasa bengkel biasa mengatakan dengan listrik aki. Dan perlu kalian kenali, pada proses ini umumnya ada dua sistem yang dapat kalian gunakan untuk isi arus listrik pada aki yang telah di betulkan. Dua sistem itu adalah isi aki dengan cas atau disetrum dan isi aki dengan memakai jamper. Untuk lebih detilnya dapat disaksikan di bawah ini.

8. Isi Daya dengan di Pengisi daya atau Listrik

Langkah yang ini tidak lagi jadi langkah yang baru dalam soal aki. Sebab umumnya di tiap bengkel aki telah disiapkan satu alat untuk isi arus listrik pada aki itu. Dan sama seperti dengan charge smartphone, pada pengisian daya aki kering ini memakai satu alat yang dibuat dari adaptor atau dapat disebutkan trafo yang serupa seperti trafo pada harge netbook atau smartphone. Namun kemampuan ampere yang di pasarkan jauh semakin besar, dan biasa bisa lebih cepat proses pengisiannya.

9. Isi Daya dengan Jamper Aki

Dan seterusnya langkah isi daya aki kering yang barusan di perbaiki bisa juga dengan jumper aki. Cuman untuk dapat lakukan langkah ini di butuhkan aki lain yang pada kondisi baik dan sehat tentu saja. Lantas bagaimana triknya? dapat disebut langkah mengisinya sangat gampang sebab kalian perlu menjumper aki dengan memakai kabel dari kutub (+) aki lain ke kutub (+) aki yang sudah di perbaiki dan kutub (-) aki lain ke kutub (-) ke aki yang sudah di perbaiki. Selanjutnya hidupkan mesin dan biarkan sampai 30 menit atau 1 jam.

10. Pengujian

Dan langkah paling akhir memperbaiki aki kering yang dapat ditangani adalah proses pengujian. Di mana dalam masalah ini, kalian membutuhkan satu alat ukur supaya bisa mengenali apa aki yang kita perbaiki dan kita listrik telah berisi daya atau belum. Jika telah bermakna proses langkah memperbaiki aki kering di atas sukses. Tetapi jika tidak ada bermakna benar-benar aki kering itu sudah di haruskan untuk di tukar. Dan selaku anjuran, jika langkah di atas sukses dan aki dapat di gunakan untuk menghidupkan motor atau mobil, seharusnya diamkan sampai 15 sampai 30 menit dalam status stasioner supaya tegangan baru dapat sesuaikan dengan keadaan kendaraannya.

PENUTUP

Dengan kalian pahami cara dan langkah memperbaiki aki kering baik pada kendaraan roda dua atau roda empat tentunya kalian akan lewbih dapat jaga keadaan aki supaya bisa bertahan semakin lama sebab umumnya ketahanan aki kering dapat dibilagn jauh semakin lama di banding aki basah. Hal itu yang membuat harga aki kering bagus untuk mobil atau motor dibanderol tambah mahal. Nah itu info sekitar langkah memperbaiki aki kering yang dapat kami berikan mudah-mudahan menjadi info yang berguna dan dapat menambahkan wacana kalian semua.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *