CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Wisata Sejarah Ke Candi Banyunibo Yogyakarta

candi banyunibo

Candi Banyunibo ini dibangun saat kerajaan Mataram Kuno berjaya. Dalam bahasa Jawa, Banyunibo artinya air yang menetes.

Candi ini diperkirakan dibangun di abad ke-9. Atap dan relief menjadi penandanya. Selain satu buah bangunan induk, Candi Banyunibo dikelilingi enam buah candi pendamping atau disebut juga perwara. Tiga perwara di sisi selatan, sisanya di sebelah timur. Bangunan utama candi berukuran sekitar 15 meter x 14 meter dengan ketinggian 14 meter. Sedangkan kaki candi sendiri tingginya 2,5 meter, dibangun di atas batu, lalu terdapat sebuah jalur yang digunakan mengelilingi candi saat ritual keagamaan.

Akses untuk menuju Candi Banyunibo cukup mudah, dan lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena akses kendaraan umum masih sangat minim untuk menjangkau lokasi ini. Secara administratif, Candi Banyunibo terletak di Dusun Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Prambanan, Yogyakarta. Untuk menuju lokasi Candi Banyunibo ini, perjalanan dari kota Yogyakarta, ambil saja arah ke timur melalui jalan Jogja-Solo menuju Candi Prambanan. Sesampainya di pertigaan lampu merah sebelum Candi Prambanan, ambil ke kanan (arah selatan) menuju jalan Piyungan.

Bila anda menggunakan transportasi umum, anda harus naik Trans Jogja trayek 1A atau 1B dan berhenti di shelter Prambanan . Perjalanan ke kuil dapat dilanjutkan dengan mengambil ojek ( taksi motor ) ke selatan sampai Anda melihat tanda jalan yang menunjukkan arah ke kuil Banyunibo .

Untuk memasuki Candi ini pengunjung membayar retribusi untuk tiket masuk sebesar Rp 2.000,00 per orang. Cukup murah bukan?

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner