CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda

Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda – Anak-anak memang memiliki usia bermain cukup banyak. Namun belakangan ini banyak anak-anak yang bermain bukan menggunakan aktifitas sebagai gerakan tubuhnya. Tetapi mereka cenderung lebih suka bermain game yang mengandalkan kedua mata, tangan dan badan di depan layar monitor atau gadget. Maka tak heran jika si anak jarang bergerak dan bersifat sedikit malas untuk melakukan sesuatu.

Apabila anak masih mempelajari suatu hal di sekolahnya, sebaiknya pilihlah video games yang bisa membantunya untuk berlatih atau yang sedang ia pelajari di sekolah. Maraknya game online rupanya menjadi faktor buruk bagi anak-anak untuk ingin memainkannya. Oleh karena itu, penting diketahui  cara memilih video game untuk anak yang baik dan benar.

Cara Memilih Video Game Untuk Anak Anda

1.Memilih Sesuai Kemampuan Anak

Ada kalanya orang tua menyesuaikan kemampuan dan minat anak. Pasalnya pada tahapan perkembangan dan tingkat kesulitan dalam permainan game, akan membuat si anak menikmati permainan dari levil mudah hingga tersulit. Carilah game yang memberi kesempatan anak untuk membuat keputusan dan mengeskpresikan kesukaannya. Sebagai contoh memilih game berkonsep warna, bentuk, hingga karakter sebuah tokoh.

2.Batasan Waktu Bermain Video Games yang Sehat dan Normal

Para pakar dari The American Academy of Pediatrics atau AAP memberikan saran bagi para orang tua untuk tidak memberikan akses pada layar televisi maupun layar gadget bagi anak-anak yang masih berusia di bawah 2 tahun. Namun untuk anak yang berusia lebih dewasa, harus dibatasi bermain video games maksimal 1 jam atau 2 jam saja dan tidak disarankan lebih dari itu. Jenis game yang sifatnya bersenang-senang, jangan diberikan pada anak-anak.

3.Cermati Pula Deksripsi Konten dari Video Game

Konten dalam game memiliki aneka ragam genre yang menarik, mulai dari Blood and Gore (menggambarkan adanya darah dan mutilasi bagian tubuh), Intense Violence (penggambaran konflik fisik yang mempertontonkan darah, senjata, cedera manusia, kematian secara realistis), Nudity (penggambaran tubuh telanjang), hingga Sexual Content (mengandung konten seksualitas). Semua itu, harus diperhaikan betul karena merupakan game terlarang di dunia.

4.Berikan Games yang Edukasi

Video games yang sifatnya mengedukasi tidak selamanya membosankan untuk anak-anak. Pasalnya video games seharusnya membuat anak melatih kemampuan memecahkan masalah dan skill kehidupan yang mendasar lainnya.  Pastikan video games yang dimainkan oleh anak  cukup menantang otak dan instingnya untuk mencari jalan keluar agar anak tidak cepat bosan memainkannya. Selain itu, perhatikan agar video games tersebut tidak terlalu sulit dan sesuai dengan kemampuan kognitif.

5.Setting Parental Control pada Game

Beberapa device PLAYSTATION 3 ataupun Sony PlayStation Portable (PSP) memiliki game console yang mana akan menolak untuk memainkan permainan tertentu. Dengan begitu orang tua lebih tenang karena anak tidak dapat memainkan video game yang tidak sesuai dengan tingkat umurnya. Adapun caranya dengan melakukan pengaturan (setting), seperti memberi kunci (password) pada game console tersebut. Alhasil  anak tidak akan dapat mengubah pengaturan yang telah dibuat.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Manfaat-Bermain-Game-Untuk-Kecerdasan-Anak 60x60

    Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak

    Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak – Memainkan video game rupanya memiliki banyak manfaat bagi kecerdasan anak. Mungkin bagi sebagian orangtua menganggap bahwa bermain game akan membuat
  • Penyebab-Anak-Kecanduan-Game-Online 60x60

    Faktor Penyebab Anak Kecanduan Game Online

    Faktor Penyebab Anak Kecanduan Game Online – Anak – anak memang merupakan salah satu yang menyukai bermain game, karena pada dasarnya kebiasaan anak – anak memang gemar bermain, dan game
  • Tips-Memilih-Video-Game-Untuk-Anak-Anda 60x60

    Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda

    Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda – Anak-anak memang memiliki usia bermain cukup banyak. Namun belakangan ini banyak anak-anak yang bermain bukan menggunakan aktifitas sebagai gerakan