CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Tips Ampuh Agar Tidur Nyenyak Yang Perlu Dicoba

Tips Tidur Nyenyak Yang Harus Anda Coba – Memiliki pola tidur yang teratur adalah kebiasaan baik sehingga akan mendapatkan manfaat tidur banyak sekali. Pasalnya tidur merupakan cara paling efektif guna mengistirahatkan tubuh dan menstabilkan stamina. Tidur yang baik adalah berkisar antara 6 hingga 8 jam di setiap harinya. Hanya dengan cara inilah tubuh akan bisa memanjakan organ untuk beberapa saat sebelum bekerja kembali.

Mungkin anda yang kerapkali mengalami gangguan tidur, membuat tubuh tidak terasa segar dan bugar ketika hendak menjalankan aktifitas sehari-hari. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan anda, kemurungan, masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit. Nah, berikut ini adalah tips tidur nyenyak yang harus anda coba.

Tips-Ampuh-Agar-Tidur-Nyenyak-Yang-Perlu-Dicoba

Tips Ampuh Agar Tidur Nyenyak Yang Perlu Dicoba

1.Jadwalkan Waktu Tidur

Menjadwalkan tidur anda secara teratur juga hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas. Maka dari itu, hindari waktu tidur anda pada pukul 10 malam atau 12 malam ke atas. Pastikan anda memiliki keteraturan dalam mengatur jadwal tidur malam, paling tidak pukul 9 malam sudah dapat tertidur. Hal inilah yang akan membantu metabolisme dalam tubuh anda sendiri agar berjalan secara baik.

2.Melakukan Olahraga

Menurut para ahli kesehatan, maka menerapkan olahraga secara rutin dapat menyegarkan tubuh kembali. Bahkan berolahraga mampu mendapatkan porsi tidur lebih nyenyak pada malam hari. Memang banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu anda agar cepat tidur di malam hari dan anda memperoleh tidur yang berkualitas (nyenyak). Di samping itu, tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

3.Hindari Konsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Setidaknya anda memastikan anda tidak akan makan berat atau terlalu banyak sebelum menjelang waktu tidur. Namun makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Bisanya seseorang yang menjalankan diet ketat, mereka akan makan sedikit nasi atau bahkan tidak makan nasi sama sekali, hanya lauk pauk dan sayur-sayuran saja. Hal justru akan membuat perut yang sangat penuh dapat membuat anda kesulitan untuk tidur.

4.Pastikan Lampu Kamar Padam

Alangkah baikna jika saat tidur malam keadaan kamar telah gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur. Bahkan efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh. Biasanya jika ruangan tempat tidur beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

5.Lingkungan Tidur Anda

Apabila anda sering terbangun malam hanya untuk mematikan AC atau kipas angin, karena merasa kedinginan, maka jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer.  Pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun di tengah malam.

Selain cara di atasa, salah satu cara tidur nyenyak  adalah mengatur bantal, sebelum anda berangkat ke kamar tidur maka aturlah tempat bantalnya agar terasa nyaman.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post