CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Shalat Subuh Berjamaah Adalah Wajib, Inilah Alasannya!

Shalat subuh adalah bagian dari kewajiban utama umat muslim dalam menjalankan syariat islam. Namun waktunya yang bertepatan dengan terbitnya matahari membuat banyak orang menjadi enggan dan malas untuk berangkat ke masjid menunaikan shalat subuh berjamaah. Padahal bagi laki laki muslim, menunaikan shalat subuh di masjid adalah sebuah keutamaan.

Banyak keutamaan yang akan didapatkan oleh seorang laki laki muslim kalau ia rajin menunaikan ibadah shalat subuh di masjid, melangkahkan kaki ke masjid adalah salah satu bagian pahala shalat subuh dimana langkah kaki seorang muslim dalam berjalan kaki ke masjidlah yang akan menggugurkan semua dosa dosa seorang muslim.

Tapi sayangnya tidak banyak orang yang tau kenikmatan shalat subuh di masjid selain yang sudah disebutkan diatas. Kenikmatan yang membuat seorang laki laki muslim menunaikan ibadah shalat subuh di masjid.

Apakah itu? Simak ulasannya berikut ini

Diberikan Pahala Yang Sama Dengan Shalat Malam Sepanjang Waktu

Shalat subuh

Shalat subuh dan juga shalat isya merupakan ujian bagi umat muslim karena ada pada jam dimana umat muslim sedang melakukan istirahat baik itu istirahat sepulang kerja dan istirahat tidur malam. Namun sama seperti ujian ujian lainnya, kedua shalat yang penuh dengan ujian ini menjanjikan hadiah yang sangat manis bagi mereka yang berhasil menunaikan ibadah shalat subuh dan isya.

“Barangsiapa yang melakukan sholat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan sholat setengah malam. Barangsiapa yang melakukan sholat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan sholat malam sepanjang waktu malam itu,” (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu).

Mereka Yang Menegakkan Shalat Subuh Berjamaah Akan Bebas Dari Semua Sifat Sifat Kemunafikan

Shalat subuh

Orang munafik sangat terlihat ciri cirinya, ucapannya yang sering berbohong dan janji janjinya yang seringkali diingkari adalah tanda tanda yang sangat jelas dari seorang munafik. Orang orang seperti ini sangat jauh dari sadar untuk mendirikan shalat Subuh dan Isya berjamaah.

” Tidak ada sholat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada sholat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (sholat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang tidak keluar melaksanakan sholat (di masjid),” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah).

Cahaya Terang pada Hari Kiamat Akan Menerangi Mereka

Shalat subuh

Shalat subuh yang waktunya bersamaan dengan istirahat malam di hari pagi buta adalah sebuah ujian tersendiri bagi umat muslim. Gelap nya malam yang masih terasa menjelang pagi, udara dingin, kantuk yang menyerang dan berbagai macam godaan lainnya adalah ujian bagi mereka yang akan melakukan shalat subuh berjamaah. Tapi sebenarnya itulah kekuatan kita yang akan akan membuat seorang muslim jauh dari api neraka di hari kiamat kelak. Allah menjanjikan akan memberikan cahaya terang yang sempurna bagi mereka yang menegakkan shalat subuh berjamaah di masjid

“Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat,” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Allah Akan Memberikan Pahala Setara Haji atau Umrah Bila Menegakkan Zikir Hingga Matahari Terbit

Shalat subuh

Impian berangkat haji dan umrah terasa begitu jauh karena rezeki anda belum cukup untuk melangkah kesana? Jangan berkecil hati karena Allah memberikan sebuah pahala yang sangat besar bahkan setara dengan saat kita melakukan ibadah umrah dan haji bagi mereka yang rutin berdia dan rutin shalat subuh berjamaah di masjid.

“Barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna,” (HR. Tirmidzi).

Sudah jelas Allah memberikan pahala yang sangat besar bagi mereka yang mau menegakkan shalat subuh berjamaah di masjid. Kalau anda adalah laki laki, maka wajib hukumnya shalat subuh berjamaah di masjid.

Pencarian Populer:

Related Post