CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Resep Masakan Ikan Patin – Pepes Ikan Patin

Ikan Patin merupakan ikan laut yang warnanya hitam keabua-abuan dengan daging yang tebal, lemut, gurih dan agak sedikit berlemak, Ikan Patin bisa dibuat berbagai aneka masakan ikan selain itu dapat juga dibuat berbagai aneka olahan ikan, meskipun daging ikan patin ini lembut dan gurih tetapi ikan ini lebih cocok diolah ke dalam masakan berkuah, gulai ataupun dibuat pepes ikan.

Dalam artikel kali ini caramudah ingin berbagi cara memasak pepes ikan patin, mari kita simak resep ikan patin lengkap dengan cara mengolahnya sebagai berikut.

resep masakan ikan membuat pepes ikan patin

Bahan-Bahan Resep Ikan Patin

1 Ekor ikan Patin dengan ukuran kurang lebih 500 Gram per ekor.

2 Buah Jeruk Nipis diperas dan diambil airnya.

3 Butir Kemiri

2 Sendok Teh Garam Halus

1/4 Sendok Teh penyedap rasa, bila suka.

4 lembar daun salam

2 batang serai iris-iris dengan panjang kurang lebih 1cm.

4 buah belimbing sayur

2 ikat kemangi diambil daunnya saja.

2 batang daun bawang iris 1 cm

Daun pisang secukupnya digunakan untuk membungkus.

Beberapa bahan-bahan dibawah ini harus dihaluskan terlebih dahulu bisa menggunakan blender ataupun diuleg.

Haluskan 10 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 15 buah cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya, 3 cm jahe dan 4 cm lengkus.

Cara Membuat Pepes Ikan Patin

1.Bersihkan dahulu ikan patin lalu potong-potong menjadi empat bagian, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.

2.Ambil dua lembar daun pisang lalu letakkan sehelai daun salam, beberapa iris serai dan dua iris belimbing sayur, letakkan sepotong ikan patin yang sudah dilumuri bumbu di atasnya, lalu taburi dengan daun kemangi dan daun bawang.

3.Bungkus ikan dan sematkan kedua ujungnya dengan lidi, lalu kukus selama 1 jam sampai pepes matang, Angkat lalu panggang di atas bara api sampai daunnya kering.  ( Untuk Porsi 4 Orang ).

Selamat mencoba sahabat caramudah, mudah bukan cara membuatnya. pepes ikan lebih sehat karena tidak memakai minyak goreng dan aman dari kolesterol. sangat cocok bagi orang yang sedang mengurangi kadar kolesterol.

Pencarian Populer:

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post