CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Pulau Bungin, Pulau Terpadat di Dunia Ini Ada di Indonesia Lho

Indonesia adalah negara ke empat di dunia, namun Indonesia ternyata mempunyai sebuah pulau yang merupakan pulau terpadat di dunia. Pulau ini bernama Pulau Bungin yang terletak di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mengapa pulau bungin dikatakan sebagai pulau terpadat? Ini karena pulau Bungin memiliki luas hanya 8,5 hektar namun dihuni oleh 3.400 jiwa! Angka yang sangat fantastis untuk sebuah pulau kecil yang berluas hanya 8,5 hektar. Bahkan pulau ini tidak mempunyai garis pantai, karena di sepanjang pesisir dibangun menjadi tempat tinggal. Jadi kalau kamu kelak berwisata ke tempat ini jangan sekali sekali berharap untuk bermain air dan pasir di tepi pantai, karena pantai di tempat ini sudah menjadi kawasan huni.

Pulau Bungin, pulau terpadat di dunia

pulau bungin

Selain menjadi pulau terpadat di dunia, pulau Bungin ini juga tidak memiliki lahan terbuka, satu satunya lahan terbuka di tempat ini adalah halaman Masjid setempat. Penduduk asli Pulau Bungin juga jarang sekali yang merantau, kebanyakan dari mereka tetap tinggal disana hingga keturunan mereka terus berdiam disana

Saking sesaknya pulau ini, tidak ada kebun dan pepohonan. Sampai sampai kambing di tempat ini punya kebiasaan makan plastik dan kertas. HAH?! Ini dikarenakan disana tidak ada lahan terbuka yang bisa untuk ditumbuhi rumput, dan kambing serta hewan ternak lainnya di pulau bungin sudah terbiasa dengan memakan apa saja yang ada.

Reklamasi sebelum membangun sebuah rumah

pulau bungin

Hal unik yang ada disini adalah kalau ada warga yang ingin membangun sebuah rumah, maka mereka harus mereklamasi pulau dan menguruk laut dengan batu karang, ini dikarenakan tidak adanya lahan lagi di tempat ini. Akibatnya ukuran pulau terus bertambah dari waktu ke waktu. Dan keterbatasan lahan ini banyak rumah yang dihuni oleh beberapa keluarga.

Pulau ini kebanyakan dihuni oleh keturunan Suku Bajo dari Sulawesi, suku yang gemar mengembara di lautan dan mereka ini penyelam yang ulung loh. Upacara Toyah adalah tradisi setempat untuk mengenalkan anak anak Bungin pada dunia bahari. Dalam ritual ini, bayi bayi dipangku oleh 7 wanita yang duduk di ayunan secara bergantian. Ayunan ini ibaratnya adalah gelombang lautan yang dihadapi anak anak kelak saat melaut.

Jadi bisa dikatakan seluruh penduduk pulau bungin sudah terbiasa dengan lautan sejak mereka masih kecil, bisa jadi dikatakan kalau laut sudah menjadi bagian dari hidup mereka sehari hari.

Keseharian penduduk pulau bungin

pulau bungin

Berburu ikan dan menyelam sudah menjadi keseharian anak anak Bungin sejak kecil. Bermain perahu di laut sudah menjadi kebiasaan anak anak Bungin. Dan bocah SD disana sudah mampu mencari uang jajan mereka dengan berburu ikan hias di laut. Cukup kreatif ya, mengingat perairan disana masih terbilang belum terlalu tercemar dengan hal hal yang merusak lingkungan, jadi anak anak disana masih bisa mencari ikan hias di lautan untuk dijual ke masyarakat umum.

Sedangkan para orang tua memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Mereka mencari ikan dengan menyelam dan memanah, namun ada juga yang memiliki keramba, serta mencari lobster dan kepiting. Kekayaan lautan yang ada di sekitar pulau bungin ini benar benar kaya, jadi penduduk yang ada di sekitar pulau bungin tidak perlu kuatir kalau mereka akan kehabisan bahan makanan suatu hari nanti.

Unik juga ya pulau ini, dan sepertinya seiring bertambahnya jumlah penduduk, luas pulau ini akan semakin bertambah sampai sampai pulau ini disebut sebut sebagai pulau terpadat di dunia, dengan luasnya yang kecil  sekitar 8,5 hektar namun dihuni sampai dengan 8.400 jiwa, sebuah angka yang cukup fantastis. Ingin jalan jalan kesana? Atau malah sudah pernah kesana?

Related Post

  • coban-nirwana 60x60

    Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Malang yang Instagramable

    Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Malang yang Instagramable - Tempat wisata baru di Malang memang selalu bermunculan baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Biasanya tempat wisata yang baru ini
  • sate-kere-yogyakarta 60x60

    Sate Kere Mbah Mardi Kekinian Yang Ngga Bikin kere

    Sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik, apa sih persamaan antara sate serta miskin (kere) padahal kedua nya adalah hal yang sangat berbeda, sama halnya seperti air serta minyak. Kutub Utara serta
  • travelling 60x60

    Ini Bukti Kalau Tidur Lebih Baik Daripada Travelling

    Banyak orang yang mengelu elukan mengenai indahnya Indonesia. Bahkan cukup banyak bule yang jatuh cinta kepada Indonesia dan sampai sampai mempelajari budaya Indonesia bahkan ada yang rela menjadi
  • jejak-barrack-obama-di-jogjakarta-2 60x60

    Jejak Barrack Obama Di Yogyakarta

    Tidak banyak yang tahu kalau Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Yogyakarta. Ya, Obama sering menghabiskan masa liburan saat kecilnya di rumah pamannya,
  • es-mpok-duren-yogyakarta-2 60x60

    Nikmatnya Es Mpok Duren Yogyakarta Yang Juara !

    Cuaca yang semakin memanas akhir akhir ini memang paling nikmat dan pas kalau sambil menyantap es, segarnya es dan paduan rasa lainnya akan membuatmu melupakan panasnya siang hari. Tapi kalau