CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Perkara Yang Membatalkan Wudhu Menurut Al-Quran dan Hadits

Pengertian Wudhu

Perkara Yang Membatalkan Wudhu – Pengertian Wudhu menurut bahasa mempunyai artian Bersih dan Indah, sedangkan untuk menurut Syara mempunyai arti membersihkan bagian anggota tubuh untuk menghilangkan Hadats kecil sebelum anda mengerjakan Shalat (Shalat Wajib dan Sunnah) atau untuk keperluan lainnya seperti membaca Al Qur’an dll. Perlu di ingatkan kepada anda semua kaum Muslimin yg beriman bahwa Berwudhu merupakan kegiatan yg harus atau wajib untuk dilakukan oleh anda, sebelum anda mengerjakan Shalat karena Wudhu adalah Syarat Sah Shalat.

Wudhu juga merupakan amalan ringan yg cara kerjanya sangat simple tetapi mempunyai manfaat atau Keutamaan Wudhu yg sangat ajaib dan luar biasa karena Manfaat Berwudhu selain untuk menghapus dosa – dosa kecil, Berwudhu jg bisa mengangkat derajat dan kedudukan seseorang didlm Surga. Hal tersebut seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg diriwayatkan oleh HR Muslim 586 yang berbunyi,

” Maukah kalian aku tunjukkan tentang amalan yg dengan-nya Alloh menghapuskan dosa – dosa dan mengangkat derajat – derajat ? ” Lalu mereka (Sahabat) berkata, ”’ Mau, Wahai Rasullullah ” Kemudian Beliau Bersabda ”’ Amalan itu adalah menyempurnakan Wudhu di waktu yg tak menyenangkaan, Banyak-nya langkah menuju Masjid dan Menunggu Shalat Setelah Menunaikan Shalat (HR. Muslim Ayat 586 )”’.

Perkara Yang Membatalkan Wudhu Menurut Al-Quran dan Hadits

Perkara Yang Membatalkan Wudhu

Tetapi anda perlu memperhatian Perkara Yang Membatalkan Wudlu sehingga anda benar – benar dapat melaksanakan Wudhu ini dg benar dan lengkap atau tidak mubah dan batal. Untuk Hal Yang Dapat Membatalkan Wudhu akan dijelaskan secara lengkap dibawah ini.

1. Keluar sesuatu dari qubul dan dubur

Keadaan seperti ini lazim kita ketahui dengan uangkapan buang air, kecil maupun besar, atau pun jika keluar angin atau kentut yang merupakan najis.

Dalam hal ini kita juga harus memahami apakah najis itu dan ada beberapa macam golongan najis. Kita akan memulai dengan Pengertian Najis.

Najis menurut bahasa mempunyai artian kotor sedangkan menurut istilah mempunyai arti kotoran yg harus atau wajib dihindari atau di bersihkan oleh setiap umat muslim mana kala terkena olehnya. Adapun didalam Najis yg terdapat di ajaran islam sendiri mempunyai beberapa Macam Najis dan Pembagian Najis hal ini dikarenakan Najis di Islam sangat berperan penting dlm sah atau tidaknya dlm mengerjakan Shalat.

Pembagian Najis di Islam

Sedangkan untuk Pembagian Najis di ajaran Islam sendiri dibagi menjadi 3 (Tiga) golongan atau bagian yaitu :

1. Najis Mukhaffafah yaitu Najis yg masih tergolong Ringan kelasnya. Contoh Najis Mukhaffafah ialah air kencing seorang bayi laki – laki yg belum berumur 2 (Dua) tahun dan belum pernah makan sesuatu kecuali air susu ibu-nya.

2. Najis Mutawassithah yaitu Najis yg tergolong kedalam kelas Sedang. Contoh Najis Mutawassithah ialah segala sesuatu yg keluar dari kubul dan dubur manusia dan binatang, Kecuali Barang caiir yg memabukkan, Air Mani, susu hewan yg tidak halal dimakan, tulang, bangkai, dan bulu-nya. Kecuali Bangkai – Bangkai Manusia dan Ikan serta Belalang.

3. Najis Mughallazhah yaitu Najis terakhir yg masuk kedalam golongan Najis Berat. Contoh Najis Mughallazhah ini antara lain Najis Anjing dan Babi serta Keturunannya. Hal ini sudah disebutkan didlm Firman Alloh Swt yg berbunyi, ” Atau yg diharamkan juga Daging Babi itu Keji atau Najis (QR. Al An’am : 145) ”. Kemudian Hadist Nabi Muhammad Saw yg berbunyii, ”’ Apabilla anda dijilat anjing maka hendaklah dibasuh sebanyak 7 (Tujuh) kali yg salah satunya dicampur dg tannah (HR. Muslim) ”.

2. Hilang akal sehat (Gila), Pingsan, Mabuk atau Tertidur nyenyak

Dengan kata lain, seseorang yang telah berwudhu dan hendak sholat maka tidak diperkenankan untuk tidur atau pun mabuk. Dan bila mana keadaan tersebut terjadi maka ia telah melakukan hal hal yang membatalkan wudhu dan tentunya harus mengulangi wudunya kembali.

3.  Tersentuhnya kulit antara Laki – Laki dg Perempuan (Bukan Muhrim) dengan tidak memakai penutup.

Pengertian Muhrim sendiri keluarga yg tidak boleh di nikah atau ayah, ibu, adik dan kakak.

Kondisi seperti ini, menurut pendapat sebagian ulama, hanya jika keduanya sama-sama telah dewasa, dan keduanya bukan muhrim serta tidak adanya penghalang antara kulit dari muslim dan muslimat yang bersentuhan tersebut. Adapun maksud dari muhrim adalah orang yang diharamkan untuk dinikahi, seperti ibu, saudara perempuan dan sebagainya.

4. Tersentuhnya Kemaluan baik Qubul atau Dubur

Baik menyentuh kemaluannya sendiri atau pun kemaluan orang lain. Baik kemaluan laki-laki maupun kemaluan wanita. Baik kemaluan manusia yang masih hidup atau pun kemauan manusia yang telah mati (mayat). Baik kemaluan orang dewasa maupun kemaluan anak kecil.

Dan yang termasuk kemaluan adalah semua bagian dari kemaluan sebagaimana yang kita kenal dengan baik. Dan para ulama juga memasukkan dubur sebagai bagian dari yang jika tersentuh membatalkan wudhu.

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar hal membatalkan Wudhu, seperti makan dan minum apakah membatalkan Wudhu.

Apakah Makan dan Minum bisa membatalkan Wudhu ?

Makan atau minum tidak membatalkan wudhu’, sehingga ketika akan shalat kita tidak harus berwudhu’ lagi. Kecuali makan daging onta, sebagian Ulama berpendapat membatalkan wudhu berdasarkan hadits sebagai berikut:

عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ سُئِلَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْوُضُوْءِ مِنْ لُحُومِ اْلإِبِلِ فَقَالَ تَوَضَّئُوا مِنْهَا وَسُئِلَ عَنْ لُحُومِ الْغَنَمِ فَقَالَ لاَ تَوَضَّئُواْ مِنْهَا

Dari Barâ’ bin ‘Azib Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang wudhu dari (makan) daging onta, maka beliau menjawab, “Berwudhulah darinya”. Beliau juga ditanya tentang wudhu dari (makan) daging kambing, maka beliau menjawab, “Janganlah kamu berwudhulah darinya”. [HR. Abu Dâwud, no. 184; at-Tirmidzi, no. 81; Ahmad 4/303; dishahîhkan oleh al-Albâni]

Pencarian Populer:

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Translate »