CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Penyebab Perang Suriah Ternyata Masalah Yang Seringkali Dianggap Sepele

Peperangan yang berkepanjangan di Suriah membawa dampak yang sangat besar bagi seluruh warganya hingga saat ini. Tapi tidak banyak orang yang tahu apa yang sebenarnya menjadi pemicu perang suriah ini. Apakah anda tahu kalau pada kenyataannya sebenarnya pemicunya adalah hal yang seringkali dianggap remeh oleh banyak orang.

Dalam perkembangannya sebenarnya Suriah adalah sebuah negara baru yang perbatasannya baru terbentuk pada tahun 1920. Suriah sebenarnya tidak berbeda jauh dengan Indonesia, dimana penduduk disana terdiri dari lebih dari satu suku dan agama.

Keluarga Al Assad yang juga berasal dari golongan Islam Syi’ah kemudian menduduki dan menguasai Suriah sejak akhir 1970an hingga sekarang. Dan pada tahun 2000 Presiden Mashar Al Assad membawa suriah ke dalam kondisi yang stabil dan konsisten.

Hingga pada tahun 2011 silam, perang sipil pecah di Suriah dan berlangsung hingga sekarang ini. Apa yang menjadi pemicu perang saat itu?

Mulai sejak akhir th. 70an, Suriah ada di bawah pemerintahan diktator keluarga al-Assad, yang disebut golongan Islam Syi’ah. Mulai sejak th. 2000, Suriah konsisten stabil dibawa rezim Presiden Mashar al-Assad…

… hingga akhirnya pada tahun 2011, saat perang sipil pecah di Suriah, hingga saat ini. Apa pemicunya?

Suriah mengalami bencana kekeringan yang sangat parah pada tahun 2006 – 2011. Pada masa itu sangat banyak hewan ternak yang mati dan petani mengalami gagal panen karena hancur.

perang suriah

Namun pemerintahan Al Assad benar benar tidak perduli akan nasib rakyatnya hingga banyak petani yang terpaksa membuat sumur sumur ilegal dengan swadaya sendiri demi kelangsungan hidup.

perang suriah

Kejadian ini kemudian memicu aksi vandalisme beberapa anak muda yang memprotes pemerintah yang tidak perduli akan krisis pangan yang melanda Suriah saat itu di kota Daraa, kejadian ini sendiri terjadi kurang lebih pada tahun 2011.

perang suriah

Para anak muda ini menyeruakan slogan slogan revolusi melalui aksi vandalisme mereka. Hingga akhirnya ke 15 anak muda ini ditangkap dan disiksa oleh polisi pemerintah. Kulit mereka dibakar serta kuku mereka dicabuti.

perang suriah

Dari 15 anak muda yang ditangkap dan disiksa ini sebagian berasal dari keluarga yang terpandang di Daraa. Keluarga mereka kemudian tidak terima dan melakukan protes ke pemerintahan Al Assad dan memicu perang Suriah

perang suriah

Sebenarnya gelombang protes ini hanyalah kecil, namun dendam terpendam rakyat Suriah terhadap pemerintahan Al Assad kemudian membuatnya menjadi besar. Pemerintahan yang kesannya stabil dan aman sebenarnya tidak seperti yang terlihat. Cukup banyak rakyat Suriah yang kemudian secara diam diam menyatakan ketidaksukaannya terhadap rezim al-Assad, lantaran semua isu korupsi serta ketidaksetaraan yang tumbuh subur di Suriah.

Kejadian mulai memanas pada 18 Maret 2011 saat sekumpulan demonstran yang saat itu melakukan demo damai dan tidak rusuh ditembak secara brutal oleh tentara Suriah. Pada kejadian itu tiga orang demonstran meninggal dunia, dan banyak orang yang mengamuk. Kejadian itu kemudian memicu kerusuhan setiap sudut Suriah.

perang suriah

Melihat kejadian itu, tentara Al Assad yang seharusnya melindungi rakyatnya malah semakin membabi buta. Mereka gelap mata menembak demonstran, menculik serta menyiksa aktivis, bahkan juga membunuh anak-anak kecil.

Gelombang protes meledak dimana-mana…

perang suriah

Kejadian ini membuat mata dunia terbuka, tidak ada satupun pihak yang menyangka kalau Suriah bisa menjadi rusuh seperti ini. Banyak yang mengenal Suriah sebagai salah satu negara yang paling stabil di Timur Tengah, termasuk saat gejolak yang melanda negara negara di Timur Tengah, Suriah sama sekali tidak mengalami guncangan apapun.

Hingga saat ini…..

Pda tahun 2012, perseteruan di Suriah meluas menjadi perang sipil. Pemerintah semakin gelap mata dan memborbardir kota tanpa pandang bulu.

Ini dikarenakan niat Presiden Al Assad yang mulai mengadu domba yang awalnya adalah pemerintah vs rakyat, menjadi perang antar agama supaya ia dikasihani oleh dunia.

Usahanya tidak sia sia, pada tahun 2013, Islam Sunni garis keras sudah menjadi kelompok anti-Assad paling besar, dan mereka di dukung oleh negara-negara Sunni seperti Arab Saudi serta Qatar.

Sementara, pemerintah Iran yang Syi’ah mensupport al-Assad dengan uang, senjata serta tentara.

Disaat yang sama Al Qaeda mulai bangkit kembali setelah kalah pada tahun 2007 dan menghabisi Irak utara di bawah nama baru—ISIS.

Pada tahun 2014, Suriah terbelah antara pihak pemerintah, pihak pemberontak, ISIS, serta golongan Kurdi (yang dari dulu berupaya memperoleh kemerdekaannya sendiri).

Inilah pertanyaan terbesarnya

Mengapa mendadak tiba tiba ada perang Suriah hingga membuat rakyatnya menderita?

Seperti yang sudah diceritakan di awal, perubahan iklim ditengarai kuat menjadi penyebab semua ini.

Tahun 2006-2011, Suriah alami bencana kekeringan yang sangat parah, hingga mengakibatkan, petani serta peternak kehilangan mata pencahariannya, serta sangat terpaksa urbanisasi besar-besaran ke kota.

Kalaupun kelak perang Suriah mereda, mereka tetaplah terancam kehilangan sumber daya alamnya hingga 50% pada th. 2050 kelak.

kota aleppo

Perang Suriah ini betul-betul menghancurkan hati rakyatnya..

 

Inilah faktanya..

Pencarian Populer:

Related Post