CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Penyebab HP Android Cepat Panas dan 7 Cara Mengatasinya

Kenapa HP Android cepat panas, seringkali pertanyaan seperti itu ditanyakan oleh sebagian besar pengguna HP Android, HP Android cepat panas sering dialami setelah digunakan untuk bermain game, browsing Internet dan sebagainya.

Pengaruh Android cepat panas juga bisa menyebabkan baterai ponsel Android anda boros sehingga sering nge-charge ponsel anda. Jengkelnya juga ponsel tetap panas dan baterai boros padahal anda hanya menggunakan ponsel Android anda sebentar.

Penyebab Android cepat panas bisa disebabkan oleh kinerja RAM, CPU yang cukup tinggi terutama sering terjadi di ponsel dengan spesifikasi hardware yang rendah tetapi digunakan untuk menjalankan aplikasi atau games yang berat, kemungkinan yang kedua adalah baterai yang mulai drop atau rusak sehingga baterai cepat memanas dan baterai cepat habis.

Artikel kali ini kami akan mencoba memberikan 7 Tips untuk mengatasi Smartphone Android yang cepat panas.

penyebab android cepat panas dan cara mengatasinya

1.Install Aplikasi seperlunya di Smartphone Android.

Banyaknya aplikasi dan Games yang bisa diinstall dari yang gratis sampai berbayar tentunya menggoda kamu untuk menginstall semuanya. tetapi alangkah baiknya install-lah aplikasi atau games seperlunya atau yang penting-penting saja. Karena smartphone Android yang terlalu banyak aplikasi atau games yang terinstall akan menguras kinerja ponsel Android kamu dan menyebabkan ponsel cepat panas dan baterai cepat habis.

 

2.Kurangi Bermain Games dan Browsing.

Aktivitas bermain Games di smartphone Android merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel Android, hampir 80% pengguna Android menggunakan ponselnya untuk bermain games dan sisanya untuk browsing. Bahkan aktivitas itu sering dilakukan hingga berjam-jam. Namun anda harus ingat bahwa menggunakan ponsel untuk bermain game akan membuat kinerja smartphone tinggi dan mudah panas.

 

3.Merawat Baterai Smartphone.

Waktu pengecasan baterai ponsel yang disarankan adalah 2-3 jam saja, tidak diperbolehkan untuk mengecas baterai ponsel anda satu hari penuh atau hingga setengah hari penuh karena mengecas baterai ponsel terlalu lama dapat menyebabkan baterai bocor dan ponsel cepat panas.

Gantilah baterai smartphone Android anda yang sudah berusia lama, karena pasti umur pakai baterai akan menurunkan kinerja baterai anda. dan bila ingin mengganti baterai, pastikan belilah baterai original.

 

4.Tidak dianjurkan memakai ponsel saat sedang dicharing.

Menggunakan ponsel yang sedang dicharging akan membuat ponsel anda cepat panas,dan efek buruknya lagi baterai anda akan menggelembung bocor dan gawatnya bisa meledak karena menggunakan ponsel saat dicharging.

 

5.Gunakan Aplikasi Clean Master.

Seiring waktu ponsel Android anda gunakan, maka banyak file-file sampah dan file cache yang tentu makin lama makin besar jumlahnya, Aplikasi Clean Master ini dapat membantu anda untuk membersihkan file-file yang tidak berguna itu sehingga menjadikan ponsel Android anda lebih ringan dan lebih cepat jalannya. Untuk OS Android versi Lolipop ke atas sudah disediakan aplikasi preinstalled yaitu Smart Manager yang cara kerjanya hampir sama dengan Clean Master.

 

6.Jangan Membekap Ponsel Android Anda.

Kadang saking asyiknya menggunakan ponsel Android anda untuk nonton Youtube/ streaming video, browsing atau nge-game secara tidak sengaja kita tertidur dan ponsel Android anda terbekap di bawah bantal, keadaan ini bisa menyebabkan ponsel anda cepat panas, taruhlah ponsel di ruangan terbuka sehingga mendapat udara segar.

 

7.Disable Penggunaan Aplikasi Yang Banyak Menggunakan Koneksi Internet

Alangkah baiknya mematikan GPS, Bluetooth atau Wifi bila tidak digunakan dan install aplikasi yang bisa membantu kamu menonaktifkan Aplikasi yang menggunakan Internet secara background karena bila lokasi kamu susah sinyal, maka ponsel akan berusaha mencari sinyal dan menyebabkan ponsel kamu cepat panas.

Nah sekian beberapa tips agar ponsel Android anda tidak mudah panas. semoga artikel ini bermanfaat.

 

Pencarian Populer:

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Translate »