CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Mohon Diperhatikan, Ini Beberapa Kesalahan Fatal Dalam Membuat Password

Saat ini hampir semua orang pasti punya akun email dan akun sosial media seperti Twitter, Facebook, Tumblr, Instagram, Google+ dll. Banyaknya akun sosial media dan email yang dimiliki kadang tidak dibarengin dengan memperhatikan sisi dari keamanan user dan passwordnya.

Banyaknya pengguna sosial media dan akun email sering membuat user id dan password yang mudah dan sederhana agar mudah diingat, hal ini sangat riskan dan berisiko apalagi di dalam e-mail anda terdapat akses ke rekenin perbankan seperti yang diutarakan oleh Andrei Mochola selaku Kepala Bisnis Konsumen Kaspersky Lab.

Beliau menjelaskan bahwa ada tiga buah kesalahan umum saat pengguna Internet membuat password yaitu sebagai berikut :

1.Menggunakan password yang sama di beberapa akun sosial media, sehingga bila password anda ketahuan maka tidak menutup kemungkinan akun-akun anda yang lain bisa di-hack.

2.Menggunakan kombinasi karakter password yang sedikit dan gampang ditebak. misalkan tanggal lahir, nama keluarga dll .

3.Kadang kita mencatat list password akun-akun sosial media ataupun akun email di notepad atau tempat yang tidak aman, bila komputer anda hilang, dicuri datanya atau diretas orang maka besar kemungkinan akun anda dapat diambil alih orang yang tidak bertanggung jawab, meskipun password yang anda buat sudah kuat dan sulit ditebak.

kesalahan membuat password

Menurut Kaspersky Lab, hampir 30 persen pengguna Internet membuat password yang benar-benar aman dan berbeda disetiap akun, bila dihitung 1 dari 5 pengguna Internet menghadapi ancaman peretasan akun oleh penjahat siber.

Membuat password yang baik disamping dilihat dari minimal panjang karakter password juga diperhatikan kombinasi huruf besar, huruf kecil dan campuran angka. Kecenderungan membuat password menurut Kaspersky Lab hanya 47 persen pengguna Internet yang membuat password yang berupa kombinasi huruf besar dan huruf kecil, dan 64 persen menggunakan gabungan huruf dan angka, sekitar 22 persen menulis password dan user id di catatan baik itu buku atau note agar mereka tidak lupa. Hal ini memperbesar celah para penjahat siber untuk meretas akun mereka.

kesalahan membuat password

Sebenarnya ada aplikasi yang dapat menyimpan informasi akun dan password, anda hanya butuh satu password untuk mengakses password manager tersebut. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan datanya tersinkronisasi ke semua perangkat karena berbasis cloud.

Nah. mulai sekarang saran yang baik adalah buatlah password user akun anda dengan mengikuti kaidah aman membuat password seperti yang diterangkan diatas dan rubahlah password anda dalam kurun waktu tertentu.

 

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post