CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Menyaksikan Eksotisme Bukit Menoreh dari Kalibiru

bukit menoreh yogyakarta

Kalau anda bosan dengan keramaian dan wisata yang itu itu saja, maka anda bisa mencoba tempat wisata yang satu ini. Jauh dari keramaian serta kemacetan kota dan berbaur dengan alam. Tempat ini adalah Desa Wisata Kalibiru yang terletak di Bukit Menoreh, Kulon Progo. Tempat ini terkenal dengan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian. Disini anda bisa melihat pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit, dan bisa juga merasakan sensasi flying fox dari atas bukit. Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan jalur treking, homestay, gardu pandang, camping ground, dan fasilitas outbond.

Suhu yang sejuk dan udaranya yang segar membuat tempat ini cocok dijadikan tempat berlibur menghilangkan kepenatan di kota. Kalibiru ini awalnya adalah hutan milik pemerintah, namun kini dikembangkan menjadi tempat wisata alam sekaligus edukasi dan dikelola oleh masyarakat. Destinasi favorit orang orang yang kesini adalah  berfoto berdiri di atas menara pandang yang dipasang dipohon dengan tinggi kurang lebih 6 hingga 7 meter dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh. Menara pandang tersebut sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbond yang ada di Kalibiru, namun kini sepertinya lebih populer sebagai obyek foto dengan spot sempurna oleh mereka yang datang ke tempat ini. Oleh karena itu jangan lupa membawa kamera saat anda datang ke tempat ini.

Kapan Waktu Yang Tepat Ke Tempat Ini?

bukit menoreh yogyakarta

Waktu terbaik ke Bukit Menoreh Kalibiru Yogyakarta adalah saat pagi menjelang siang atau saat sore hari, karena anda bisa melihat jelas pemandangan dari atas bukit dengan kondisi cuaca yang sedikit bersahabat. Karena lokasi gardu gardu pandang dicapai dengan trekking melewati jalan setapak dan tersebar di berbagai tempat.

Jadi kalau sedikit terlambat maka anda akan kepanasan berjalan di tempat ini, lagipula kalau anda datang di pagi hari maka anda akan menyaksikan Sermo yang berselimutkan kabut dan menghasilkan pemandangan yang sempurna

Bagaimana Mencapai Tempat Ini?

wisata alam kalibiru yogyakarta

Desa Wisata Kalibiru ini terletak di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo atau terletak 40km dari Yogyakarta. Kalau perjalanan lancar, kurang lebih waktu tempuh sekitar 60 menit.

Apabila Anda membawa kendaraan pribadi, lebih baik melewat jalan wates hingga sekitar km 17 Anda dapat belok ke kanan (Barat) menyeberang rel kereta api. Setelah itu Anda tinggal melaju mengikuti jalan tersebut hingga anda menemukan arah jalan menuju Desa Wisata Kalibiru. Perhatikan kondisi kendaraan anda karena jalanan disini cukup menanjak, dan hindari musim hujan karena jalanan licin dan rawan longsor.

Untuk menikmati keindahan tempat ini anda tinggal mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp. 3.000 per orang. Masih cukup terjangkau bukan?

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner