CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Masya Allah… Masjid Kayu Sederhana Ini Sangat Indah dan Eksotis

Tidak ada yang istimewa dari masjid kayu ini, ini hanyalah sebuah masjid yang sederhana. Tapi dibalik semua kesederhanaannya masjid ini terlihat sangat indah dan sangat eksotis.

Kalau membandingkan masjid ini dengan masjid masjid lain yang ada di belahan dunia lainnya jelas sangat jauh berbeda. Masjid masjid yang biasanya dibangun dengan berbagai hiasan menara dan berornamen emas dan kaligrafi jelas terlihat sangat indah. Namun masjid yang berada di Asaita, Danakil, Ethiopia akan membuatmu berpikir lain mengenai makna sebuah Masjid.

Tidak ada hiasan kaligrafi yang cantik disini, apalagi dinding yang dipenuhi hiasan ornamen emas yang sangat indah. Tidak ada sebuah tembok mewah apalagi bangunan megah. Tidak ada menara yang menjulang tinggi serta kokoh, dan juga tidak ada daun pintu disini. Sepintas tidak ada yang istimewa dengan masjid ini.

Disini kamu hanya akan melihat tumpukan kayu kayu kering dan batu yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah masjid, masjid yang sangat sederhana namun menyimpan sejuta kemegahan.

Inilah cerita sebuah kemegahan dan keindahan yang tersimpan dibalik sebuah kesederhanaan.

Bentuknya sangat sederhana

masjid kayu

Masjid ini tidaklah dibangun dari kayu istimwa yang sudah melewati tahap finishing, masjid ini hanyalah dibangun dari batang batang  kayu kayuan yang biasa ditemukan dimana mana, jadi saat masjid ini mengalami kerusakan, maka perbaikannya juga akan sangat mudah.

Proses pembuatannya juga tidak melalui proses yang sangat rumit. Batang pohon yang sudah mengering berdiri dan disatukan dengan menggunakan kulit kayu, ini dimaksudkan supaya kayu bisa saling melekat satu sama lain dan bisa berdiri dengan kokoh, membangun masjid ini hingga berdiri tegak. Tidak merancu ke salah satu jenis kayu, tapi kayu apapun yang ditemukan di sekitaran sana.

Tumpukan batu juga diletakkan di sekeliling tempat ini untuk menandakan kalau ada sebuah bangunan di tempat ini. Tumpukan batu ini juga lah yang memperlihatkan kalau ada sebuah bangunan masjid di tengah padang pasir hingga mempermudah musafir yang sering melakukan perjalanan di sekitar sana untuk menunaikan shalat.

Menara kayu kering

masjid kayu

Di sebelah mesjid ini berdiri sebuah menara yang tegak, namun jangan bayangkan sebuah menara yang dibuat dengan konstruksi yang rumit. Menara masjid ini dibuat dengan bahan yang sama, beberapa kayu kayu kering yang diikat dengan menggunakan kulit kayu dan disatukan hingga membentuk sebuah menara tinggi. Untuk pondasi digunakan tumpukan batu yang disusun bersamaan dengan tumpukan batang kayu yang menandai bahwa ada bangunan di tempat ini. Bahan dasar batang kayu juga digunakan untuk membangun menara. Celah celah antara kayu membuat bagian dalam masjid ini terasa sangat sejuk karena hembusan angin yang keluar dari celah kayu.

Walaupun terlihat sangat sederhana dan tidak ada kemewahan karena hanya dibangun dari tumpukan kayu dan batu, masjid ini terlihat sangat eksotis dan sangat indah.

Masjid kayu ini sangat eksotis!

masjid kayu

Di bagian pondasi, menggunakan tumpukan batu, kemudian disusun menjadi menara dengan tumpukan batang kayu. Terlihat sangat sederhana, namun masjid ini tentu tak kehilangan daya tarik eksotisnya. Keindahan masjid ini akan benar benar terlihat saat sore tiba dan pancaran matahari sore akan membuat ke eksotisan tempat ini menjadi benar benar maksimal. Jadi membuatmu berpikir ulang mengenai keindahan sebuah masjid bukan?

Walaupun terlihat sederhana dan sepi, namun sebenarnya tempat ini tidak pernah sepi, para musafir sering berhenti dan shalat di masjid ini saat melintas daerah ini dengan menggunakan unta. Ya, masjid ini dibangun di jalur perdagangan yang sering dilewati para musafir.

Tidak ada yang istimewa dari masjid ini, hanya sebuah masjid yang sederhana. Bangunan masjid kayu ini juga tidak dibangun oleh seorang arsitek terkenal, hanyalah sebuah bangunan yang dibangun ala kadarnya, tapi walaupun begitu masjid ini terlihat sangat indah dan sangat eksotis.

Masjid kayu ini membukat mata dunia bahwa kemegahan dan keindahan tidaklah harus dari sebuah bangunan yang mewah dan menghabiskan biaya tinggi. Sebuah bangunan sederhana yang hanya terbuat dari tumpukan kayu pun bisa menunjukkan keindahannya.

Subhanallah, ini sungguh masjid yang sangat indah..

Pencarian Populer:

Related Post

  • Translate »