CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak

Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak – Memainkan video game rupanya memiliki banyak manfaat bagi kecerdasan anak. Mungkin bagi sebagian orangtua menganggap bahwa bermain game akan membuat dampak buruk bagi anak itu sendiri. Sebenarnya tergantung pada anak tersebut seberapa lama atau sesering apakah si anak melakukan proses bermain game, bahkan jenis game apa yang sedang dimainkan anak.

Oleh karena itu,  game yang diberikan untuk anak harus mempunyai genre yang bagus atau sesuai dengan pola pikir anak-anak. Sebagai contoh memberikan game tentang teka-teki menggambar, berhitung dengan cara bermain, hingga menulis sesuatu yang disukai anak. Adapun manfaat bermain game untuk mengasah kecerdasan anak adalah sebagai berikut.

Manfaat-Bermain-Game-Untuk-Kecerdasan-Anak

Inilah Manfaat Memainkan Game Bagi Kecerdasan Anak

1.Melatih Kemampuan Spasial

Melalui permainan, memungkinkan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar maupun visualisasi akan terasah. Kemampuan tersebut mampu berpengaruh dengan kemampuan berhitung mereka. Bukan hanya itu, permainan game juga akan membantu penggunaan motorik halus anak. Bahkan anak-anak akan dapat melakukan berbagai strategi bagaimana memenangkan game tersebut.

2.Kemampuan Membaca

Mungkin tidak semua anak mampu membaca dengan baik, maka game konsul bisa menjadi alat bantuan yang tepat untuk belajar membaca. Beberapa game tersebut rupanya bersifat edukasi maupun membantu anak untuk belajar dengan cara yang lebih asyik. Di samping itu, bermain anak juga diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game maupun narator game. Secara tidak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja bacaan.

3.Stimulasi Perkembangan Otak

Biasanya para pemain dapat membuat permainan sendiri sesuai dengan yang diinginkan. Hal semacam ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan skenario yang panjang dan rumit sebagai bagian dari pengembangan kreatifitas mereka. Maka dari itu, tidak ada salahnya memberikan jenis game yang ringan untuk anak-anak.

4.Mengembangkan Imajinasi

Game memang membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan diaplikasikan dalam dunia nyata (yang relevan dan postif). Selain peran orangtua yang melihat seberapa besar dunia imajinasi anak itu. Imajinasi adalah fondasi penting yang dibutuhkan dalam proses belajar. Tak hanya penting untuk masa anak-anak saja, tapi imajinasi juga sangat krusial dalam menjalani hidup saat kelak nanti.

5.Perkembangan Bahasa

Bermain rupanya akan mulai mengekspresikan diri dengan melakukan peran tertentu. Permainan ini dapat berikan kesempatan bagi para orang tua untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Adapun caranya adalah dengan memberikan kalimat-kalimat yang si kecil harus gunakan dengan bahasa yang lebih deskriptif, dan ajak anak-anal melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa ekspresif.

6.Meningkatkan Interaksi Keluarga

Satu lagi manfaat bermain game adalah meningkatkan interaksi keluarga antara anak dan orang tuanya. Ada kalanya si anak sesekali bergabung untuk bermain bersama. Kebersamaan saat bersenang-senang ini akan meningkatkan keakraban dan interaksi dalam keluarga. Namun ingat batasi anak untuk memainkan game karena akan mampu membuat kecanduan dan penurunan kesehatan.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Manfaat-Bermain-Game-Untuk-Kecerdasan-Anak 60x60

    Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak

    Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak – Memainkan video game rupanya memiliki banyak manfaat bagi kecerdasan anak. Mungkin bagi sebagian orangtua menganggap bahwa bermain game akan membuat
  • Penyebab-Anak-Kecanduan-Game-Online 60x60

    Faktor Penyebab Anak Kecanduan Game Online

    Faktor Penyebab Anak Kecanduan Game Online – Anak – anak memang merupakan salah satu yang menyukai bermain game, karena pada dasarnya kebiasaan anak – anak memang gemar bermain, dan game
  • Tips-Memilih-Video-Game-Untuk-Anak-Anda 60x60

    Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda

    Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda – Anak-anak memang memiliki usia bermain cukup banyak. Namun belakangan ini banyak anak-anak yang bermain bukan menggunakan aktifitas sebagai gerakan