CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Mahakarya Abad ke 9 Itu Adalah Candi Borobudur

candi borobudur

Jauh sebelum mahakarya dunia seperti Angkor Wat dan katedral yang tersebar di Eropa, Indonesia telah memiliki mahakarya yang dibangun pada abad ke 9. Bahkan oleh UNESCO Candi Borobudur disebut sebagai kompleks stupa yang paling megah dan paling besar di dunia. Bagaimana tidak, Candi Borobudur dipenuhi 2672 pahatan yang saling berhubungan satu sama lain. Kalau kesemua pahatan ini disusun berjajar akan mencapai panjang yang cukup fantastis, sepanjang 6 km. Orang orang yang datang ke tempat ini bukan hanya berasal dari Indonesia saja, melainkan dari banyak lokasi di dunia terutama umat Buddha dari China, Kamboja, India dan Tibet.

Selain memiliki nilai seni yang luar biasa tinggi, Borobudur menjadi bukti nyata peradaban masa lalu manusia yang kaya akan filosofi. Inilah yang kemudian menjadikan Borobudur sebagai karya agung manusia yang melambangkan kosmologi alam semesta dalam ajaran Buddha. Candi Borobudur yang sangat megah ini terdiri dari tiga tingkatan, dunia hasrat (Kamadhatu), dunia bentuk (Rupadhatu), dan dunia tanpa bentuk (Arupadhatu).

Yang luar biasanya lagi, kalau dilihat dari atas, Candi Borobudur ini terlihat layaknya Sang Buddha yang sedang duduk di atas teratai yang sedang mekar di atas sebuah bukit dimana kamadatu dan Rupadatu sebagai kelopak bunga yang sedang mekar, da Arupadatu sebagai benang sari bunganya. Sedangkan stupa induk yang berukuran paling besar melambangkan Sang Buddha.

Menikmati Kemegahan Borobudur

candi borobudur

Untuk menikmati kemegahan Borobudur yang sangat luar biasa, tidaklah hanya dengan berjalan menyusuri lorong candi. Namun datanglah ke tempat ini pada pagi hari untuk melihat sunrise atau matahari terbit, karena di saat itulah Siraman cahaya mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa.

Namun tidak banyak yang tahu kalau cara menikmati sunrise Candi Borobudur ini, karena pintu gerbang Candi Borobudur sebenarnya tidak dibuka sebelum pukul 06.00. Kalau datang pada jam itu dipastikan sudah melewati momen sunrise.

Cara paling mudah adalah dengan menginap di Hotel Manohara, karena hotel ini terletak di kaki candi. Akses lebih awal menuju Candi Borobudur melalui hotel ini sudah dibuka sejak 04.30 pagi, dengan begitu pengunjung bisa masuk lebih cepat dan menikmati kemegahan Candi Borobudur yang tersiram sunrise pagi.

Jangan kuatir, bagi pengunjung yang datang menginap di Hotel Manohara, biaya kamar sudah termasuk biaya masuk ke dalam komplek Candi Borobudur, jadi jangan heran kalau tempat ini benar benar sangat padat terutama di hari hari liburan dan akhir pekan. Terhitung cukup banyak artis artis kelas dunia yang datang dan berlibur di tempat ini.

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner