CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Kisah Roro Jonggrang dan Candi Prambanan Yang Dibangun Dalam Semalam

roro jonggrang

Candi Prambanan adalah salah satu Candi Hindu terbesar di Indonesia dan termasuk candi terindah di Asia Tenggaara. Candi ini sangat indah dan megah menjulang tinggi dan merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia. Candi ini juga seringkali disebut dengan Candi Roro Jonggrang, karena erat kaitannya dengan Kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Namun menariknya, sampai hari ini tidak ada yang mengerti bagaimana sebenarnya Candi Prambanan ini sebenarnya dibangun, karena memang tidak ada catatan resmi mengenai pembangunan Candi Prambanan ini. Masyarakat lebih akrab dan hafal mengenai dibangunnya Candi ini dalam semalam oleh Bandung Bondowoso yang dibantu oleh para jin, sebagai syarat utama menikahi Roro Jonggrang yang sangat cantik.

Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, melainkan lebih ke sisi sejarahnya. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad ke 8 dan ke 10, sebagai simbol dan tanda berjayanya kembali Dinasti Sanjaya setelah lebih dari satu abad lebih. Kisah Roro Jonggrang ini mewakili kisah sejarah perebutan kekuasaan antara kedua Dinasti ini.

Candi ini kembali ditemukan pada abad ke 18 atau tepatnya pada tahun 1733 oleh C.A Lons. Sama seperti saat pertama kali Borobudur ditemukan, keadaan Candi ini benar benar sangat mengenaskan, bangunannya sudah banyak yang hancur dan tertutup semak belukar. Lebih dari 100 tahun kemudian, atau tepatnya pada tahun 1885 Jr. JW Yzerman, Dr Groneman dan Th Van Erp memulai pemugaran Candi Prambanan ini. Bagian demi bagian dicoba untuk dikumpulkan kembali, hingga akhinya benar benar selesai pada tahun 1982. Candi ini memiliki tiga bangunan utama, Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu yang melambangkan Trimurti dalam agama Hindu.

Candi Siwa

candi siwa

Ini adalah Candi utama dan terbesar yang ada di kompleks Candi Prambanan ini, dimana di dalamnya ada Arca Dewa Siwa atau Mahadewa. Di sisi luar Candi Siwa dihiasi kisah Ramayana yang dipahat mengelilingi Candi ini. Di Candi inilah terletak Arca Durga, istri Dewa Siwa yang banyak dikenal masyarakat sebagai arca Roro Jonggrang. Dan sebagai candi pendamping ada Nandini (lembu betina).

 

Candi Wisnu

candi wisnu

Di dalam candi ini terdapat arca Dewa Wisnu, dan di sisi luarnya dihiasi kisah Kresnadipayana yang menceritakan mengenai masa kecil Batara Kresna. Dan sebagai candi pendamping ada Garuda.

 

Candi Brahma

candi brahma

Di dalam candi ini terdapat arca Dewa Brahma, dan di sisi luarnya ada lanjutan kisah Ramayana. Dan sebagai candi pendamping ada Angsa.

Selain itu di komplek Candi Pramabanan ini terdapat juga 2 candi apit, 4 candi kelir dan 4 candi sudut. Masih ada juga 224 candi yang terletak di halaman kedua.

Terlepas dari kisah Candi ini yang dibangun dalam waktu semalam oleh Bandung Bondowoso dan para pasukan jin nya, Indonesia sudah memiliki kemampuan arsitektur yang sangat tinggi sejak berabad abad yang lalu. Bahkan UNESCO juga menetapkan Candi Prambanan sebagai cagar budaya dunia selain Candi Borobudur.

Pencarian Populer:

Related Post

  • menantang-adrenalin-karang-pantai-timang-1 60x60

    Menantang Adrenalin Di Atas Karang Pantai Timang

    Kalau datang ke Yogyakarta dan hanya bermain ke tempat tempat biasa seperti Pantai Parangtritis, sepertinya hidupmu kurang greget. Karena ada sebuah pantai yang menawarkan sebuah pengalaman seru
  • kesejukan-istana-tamansari-jogjakarta 60x60

    Kesejukan Istana Taman Sari Yogyakarta

    Sejarah Keraton Yogyakarta tidak lepas dari keberadaan Tamansari yang memiliki arsitektur yang luar biasa dan memiliki keterkaitan sejarah dengan Keraton Yogyakarta. Tempat ini adalah sebuah
  • legend-coffe-tempat-tongkrong-yogyakarta 60x60

    Inilah 3 Tempat Tongkrong Paling Hits di Yogyakarta

    Berkumpul bersama teman di akhir pekan memang saat saat paling menyenangkan, berbincang sambil disertai menikmati aneka makanan dan minuman memang adalah hal yang paling nikmat. Kata orang sih hati
  • nasi-soon-bu-roso-yogyakarta-jogja-1 60x60

    Nasi So’on Sambal Bu Roso Yang Benar Benar Nendang

    Sebenarnya jarang ada yang melirik makanan jalanan atau yang biasa dikenal dengan nama street food di kalangan para traveller. Tapi kalau anda berbicara mengenai Yogyakarta dan street foodnya, maka
  • tugu-jogja-2 60x60

    Tugu Jogja, Ikon Jogja Yang Paling Bersejarah

    Yogyakarta terkenal dengan berbagai landmark yang sulit untuk terpisahan satu sama lainnya. Salah satunya adalah Tugu Jogja yang merupakan ikon kota Yogyakarta yang sangat terkenal. Usianya sendiri
  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner