CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Kisah Roro Jonggrang dan Candi Prambanan Yang Dibangun Dalam Semalam

roro jonggrang

Candi Prambanan adalah salah satu Candi Hindu terbesar di Indonesia dan termasuk candi terindah di Asia Tenggaara. Candi ini sangat indah dan megah menjulang tinggi dan merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Indonesia. Candi ini juga seringkali disebut dengan Candi Roro Jonggrang, karena erat kaitannya dengan Kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Namun menariknya, sampai hari ini tidak ada yang mengerti bagaimana sebenarnya Candi Prambanan ini sebenarnya dibangun, karena memang tidak ada catatan resmi mengenai pembangunan Candi Prambanan ini. Masyarakat lebih akrab dan hafal mengenai dibangunnya Candi ini dalam semalam oleh Bandung Bondowoso yang dibantu oleh para jin, sebagai syarat utama menikahi Roro Jonggrang yang sangat cantik.

Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, melainkan lebih ke sisi sejarahnya. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad ke 8 dan ke 10, sebagai simbol dan tanda berjayanya kembali Dinasti Sanjaya setelah lebih dari satu abad lebih. Kisah Roro Jonggrang ini mewakili kisah sejarah perebutan kekuasaan antara kedua Dinasti ini.

Candi ini kembali ditemukan pada abad ke 18 atau tepatnya pada tahun 1733 oleh C.A Lons. Sama seperti saat pertama kali Borobudur ditemukan, keadaan Candi ini benar benar sangat mengenaskan, bangunannya sudah banyak yang hancur dan tertutup semak belukar. Lebih dari 100 tahun kemudian, atau tepatnya pada tahun 1885 Jr. JW Yzerman, Dr Groneman dan Th Van Erp memulai pemugaran Candi Prambanan ini. Bagian demi bagian dicoba untuk dikumpulkan kembali, hingga akhinya benar benar selesai pada tahun 1982. Candi ini memiliki tiga bangunan utama, Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu yang melambangkan Trimurti dalam agama Hindu.

Candi Siwa

candi siwa

Ini adalah Candi utama dan terbesar yang ada di kompleks Candi Prambanan ini, dimana di dalamnya ada Arca Dewa Siwa atau Mahadewa. Di sisi luar Candi Siwa dihiasi kisah Ramayana yang dipahat mengelilingi Candi ini. Di Candi inilah terletak Arca Durga, istri Dewa Siwa yang banyak dikenal masyarakat sebagai arca Roro Jonggrang. Dan sebagai candi pendamping ada Nandini (lembu betina).

 

Candi Wisnu

candi wisnu

Di dalam candi ini terdapat arca Dewa Wisnu, dan di sisi luarnya dihiasi kisah Kresnadipayana yang menceritakan mengenai masa kecil Batara Kresna. Dan sebagai candi pendamping ada Garuda.

 

Candi Brahma

candi brahma

Di dalam candi ini terdapat arca Dewa Brahma, dan di sisi luarnya ada lanjutan kisah Ramayana. Dan sebagai candi pendamping ada Angsa.

Selain itu di komplek Candi Pramabanan ini terdapat juga 2 candi apit, 4 candi kelir dan 4 candi sudut. Masih ada juga 224 candi yang terletak di halaman kedua.

Terlepas dari kisah Candi ini yang dibangun dalam waktu semalam oleh Bandung Bondowoso dan para pasukan jin nya, Indonesia sudah memiliki kemampuan arsitektur yang sangat tinggi sejak berabad abad yang lalu. Bahkan UNESCO juga menetapkan Candi Prambanan sebagai cagar budaya dunia selain Candi Borobudur.

Related Post

  • angkringan-jogjakarta 60x60

    Hal Hal Inilah Yang Bikin Kamu Kangen Jogja

    Jogja adalah sebuah kota yang membuat kamu selalu ingin kembali ke tempat ini. Kalau kata orang kota ini ibarat seorang kekasih yang selalu membuatmu rindu akan tempat ini. Kesederhanaan dan
  • coban-nirwana 60x60

    Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Malang yang Instagramable

    Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Malang yang Instagramable - Tempat wisata baru di Malang memang selalu bermunculan baik itu wisata alam maupun wisata buatan. Biasanya tempat wisata yang baru ini
  • sate-kere-yogyakarta 60x60

    Sate Kere Mbah Mardi Kekinian Yang Ngga Bikin kere

    Sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik, apa sih persamaan antara sate serta miskin (kere) padahal kedua nya adalah hal yang sangat berbeda, sama halnya seperti air serta minyak. Kutub Utara serta
  • travelling 60x60

    Ini Bukti Kalau Tidur Lebih Baik Daripada Travelling

    Banyak orang yang mengelu elukan mengenai indahnya Indonesia. Bahkan cukup banyak bule yang jatuh cinta kepada Indonesia dan sampai sampai mempelajari budaya Indonesia bahkan ada yang rela menjadi
  • jejak-barrack-obama-di-jogjakarta-2 60x60

    Jejak Barrack Obama Di Yogyakarta

    Tidak banyak yang tahu kalau Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Yogyakarta. Ya, Obama sering menghabiskan masa liburan saat kecilnya di rumah pamannya,