CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Ketahui Hak-Hak yang Anda Dapatkan Jika Anda Memiliki Kartu Kredit

Pengertian Kartu kredit, Kartu Kredit merupakan alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat digunakan oleh konsumen untuk ditukarkan dengan barang dan jasa yang diinginkannya di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant). Kartu kredit juga dapat diartikan sebagai salah satu fasilitas dari perbankan yang memudahkan transaksi nasabah. Anda tinggal menggesek credit card dan kita tinggal membayarnya saat tagihan tiba. Baik tagihan lembaran fisik yang dikirmkan ke rumah ataupun e-statement yang dikirimkan via email.

Semua pengguna kartu kredit di Indonesia memiliki hak  yang diatur oleh Bank Indonesia (BI). Ini dimaksudkan untuk melindungi para pengguna kartu kredit dari hal hal yang tidak diinginkan seperti :

  • Penyalahgunaan kartu kredit yang berpotensi besar terjadi kredit macet .
  • Pelanggaran hak – hak pengguna kartu kresit saat penagihan hutang oleh debt collector.
  • dan sebagainya.

kartu kredit

Dimana hak hak para pengguna kartu kredit ini diatur dalam :

  • Peraturan Bank Indonesia Nomor: 14 / 2 /PBI/ 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/11/PBI/2009 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.
  • Surat Edaran (SE) No. 14/17/DASP Perihal Perubahan atas Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP

Hak Calon Pemegang Kartu Kredit

Anda sebagai calon pemegang kartu kredit mempunyai dua keharusan paling utama yang harus diketahui yang berkaitan erat dengan umur dan pendapatan. Anda sebagai calon pemegang kartu mempunyai hak penuh untuk memperoleh informasi yang benar benar komplit seputaran kartu kredit. Supaya lebih jelasnya Anda bisa membahasnya satu persatu dibawah ini.

Usia Calon Pemegang Kartu Kredit

  1. Calon pemegang kartu kredit utama = memiliki usia minimal minimal 21 tahun, atau diatas 18 tahun dan sudah menikah secara resmi.
  2. Calon pemegang kartu kredit tambahan = memiliki usia minimal 17 tahun, atau dibawahnya dan sudah menikah secara resmi.

Pendapatan Calon Pemegang Kartu Kredit

Minimal Rp 3 juta – 10 juta setiap bulan. :

  • Anda bisa memiliki kartu kredit maksimum dari 2 bank penerbit yang berbeda.
  • Jumlah maksimum plafon kredit yang bisa Anda dapatkan secara kumulatif adalahsebesar tiga kali pendapatan Anda setiap bulannya.

Sebagai contoh : pendapatan Anda per bulannya adalah sebesar Rp 8 juta. Anda telah mempunyai kartu dari bank penerbit A dengan plafon Rp 15 juta. Kalau Anda ingin mempunyai kartu tambahan lagi, maka Anda cuma bisa peroleh kartu dari bank penerbit B dengan plafon maksimum Rp 9 juta angka ini didapatkan dari 3 x pendapatan setiap bulan Anda – plafon kredit dari bank penerbit A.

Diatas 10 juta setiap bulan, maka pembatasan itu tidak dipakai.

kartu kredit

Kelengkapan informasi bulanan

Bank penerbit harus memberikan info tercatat yang harus dilengkapi dengan contoh atau ilustrasi yang bisa Anda mengerti dengan mudah, termasuk juga :

  • Besaran suku bunga baik itu bulanan ataupun tahunan.
  • Pola, dan komponen penghitungan bunga.
  • Langkah serta kriteria permintaan menghilangkan bunga, bila ada kekeliruan dalam pembebanan bunga.

Hak Hak Pengguna Kartu Kredit

Di bawah ini adalah hak – hak pengguna:

  1. Batas bunga adalah 3 % per bulan.
  2. Denda keterlambatan adalah sebesar 3 % per bulan, akan tetapi bila telah dinyatakan macet maka denda tidak akan diberlakukan.
  3. Penerbit sebenarnya memang mempunyai hak penuh untuk menggunakan debt collector untuk melakukan penagihan akan tetapi dengan syarat syarat tertentu yang berlaku sebagai berikut :
  • Debt collector hanya dapat menagih tagihan yang sudah masuk dalam kategori macet.
  • Segala proses penagihan yang dilakukan oleh debt collector benar benar mendapatkan pengawasan oleh bank penerbit dan saat melakukan penagihan debt collector diwajibkan melengkapi dirinya dengan identitas resmi yang dikeluarkan oleh bank penerbit lengkap dengan foto.
  1. Debt collector hanya bisa melakukan penagihan di alamat penagihan yang tertera di alamat penagihan mulai pukul 8 pagi sampai 8 malam. Kalau ternyata dilakukan diluar dari tempat, alamat dan jam yang sudah tertera / ditentukan maka harus ada kesepakatan dengan pemegang kartu terlebih dulu.

Dalam melakukan penagihan debt collector dilarang :

  1. Menagih pada pihak lain selain pemegang.
  2. Menggunakan ancaman, kekerasan serta/atau aksi yang bisa mengakibatkan malu pemegang.
  3. Menggunakan desakan dengan cara fisik ataupun verbal.
  4. Melakukan dengan cara terus menerus yang bisa mengakibatkan pemegang menjadi terganggu.

Menurut Anda, apakah mempunyai kartu kredit itu menguntungkan?

Related Post

  • Translate »