CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Kenali Gejala Kurang Tidur Yang Bisa Membahayakan Kesehatan Kamu

Informasi Kesehatan – Tidur yang berkualitas sejatinya bukan dihitung dari lamanya kita tidur. Akan tetapi tidur yang berkualitas merupakan tidur yang bisa membuat tubuh kita semakin fresh ketika kita bangun. Dalam beberapa penelitian pernah diungkapkan bahwa kebanyakan orang tidur saat ini hanya mengejar lamanya saja, akan tetapi setelah mereka bangun kebanyakan dari mereka masih mengantuk dan ingin tidur lagi. Melihat tidur merupakan aktifitas yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi kita untuk mengetahui gejala kurang tidur.

Gejala kurang tidur ini bisa ditandai dengan beberapa contoh seperti di bawah ini. Berikut gejala kurang tidur yang wajib diketahui oleh banyak orang!

 

gejala-kurang-tidur-dan-tips-tidur-nyenyak

 

Gejala Kurang Tidur dan Tips tidur nyenyak

Membutuhkan Jam Alarm Untuk Bangun

Salah satu gejala kurang tidur yang sangat tampak pada kehidupan sehari-hari ialah kita masih membutuhkan jam alarm untuk bangun. Orang yang tidurnya sehat mereka cenderung bangun pada jam yang sama tanpa bantuan alarm. Jika Anda saat ini masih bergantung dengan jam alarm untuk bangun, berarti Anda masih bisa dikategorikan sebagai orang yang kurang tidur.

Selalu Mengantuk

Orang yang selalu mengantuk ternyata bukan hanya terjadi karena kekurangan oksigen saja, akan tetapi kurang tidur juga bisa menyebabkan seseorang sangat mengantuk di pagi hari. Untuk mengatasi kantuk karena kurang tidur, Anda bisa mengkonsumsi air putih sebagai penawar kantuk tersebut.

Mudah Lupa dan Sulit Berkonsentrasi

Seseorang yang kurang tidur cenderung mudah lupa mengenai suatu hal sekaligus sangat susah untuk berkonsentrasi. Kurang tidur secara tidak langsung sangat mempengaruhi fungsi otak. Jadi, jika saat ini Anda sering lupa mengenai suatu hal dan sulit untuk berkonsentrasi terhadap suatu masalah, berarti Anda termasuk sebagai orang yang kurang tidur.

Gairah Seks Turun

Percaya atau tidak, kurang tidur ternyata bisa membuat gairah seks menurun. Menurunnya gairah seks ini tentu akan menyebabkan ketidakharmonisan dalam keluarga. Untuk itu ada baiknya Anda mulai meningkatkan kualitas tidur supaya gairah seks Anda naik.

Penuaan Dini

Penuaan dini yang terjadi bila orang kurang tidur disebabkan karena meningkatnya produksi hormon kortisol, dimana hormon kortisol ini akan menghancurkan protein yang punya tugas menghaluskan kulit dan membuat kulit elastis, biasanya kita kenal dengan kolagen kulit.

Disamping itu juga kurang tidur dapat menurunkan produksi hormon pertumbuhan. dimana hormon pertumbuhan ini membantu meningkatkan massa otot, memperkuat kulit dan menebalkan kulit.

Mudah sakit

Kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk memerangi infeksi, salah satu protein yang diproduksi saat kita tidur adalah protein yang bernama sitokin, Sitokin ini membantu tubuh kita menghadapi infeksi, peradangan dan stree. Nah bila kita kurang tidur maka produksi sitokin dalam tubuh akan berkurang.

Gampang Stres atau Depresi

Kurang tidur dapat menyebabkan depresi yang punya gejala paling sering yang dapat dilihat yaitu rasa cemas yang berlebihan, lebih sensitif dan gampang tersinggung, dan kondisi badan yang lemas dan tidak bergairah.

Tips agar dapat tidur dengan cukup dan nyaman adalah sebagai berikut

  1. Buatlah suasana kamar tidur yang nyaman dan bersih, dengan suasana kamar tidur yang nyaman dapat membantu anda cepat tidur dengan nyenyak.
  2. Hindari bermain handphone sebelum tidur karena dapat membuat tidur anda tidak nyenyak.
  3. Hindari minum alkohol, kafen atau rokok karena dapat menyebabkan anda sulit tidur di malam hari.
  4. Rutin berolahraga bisa dengan jalan pagi, joging.
  5. Hindari makan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak sebelum tidur, bila anda merasa lapar, cobalah makan buah-buahan seperti apel, jeruk atau pepaya.

Itulah beberapa gejala kurang tidur yang sering terjadi pada kebanyakan orang. Setelah mengetahui gejala diatas, ada baiknya Anda mulai merubah dari pola tidur jelek ke pola tidur yang baik.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Hal-Yang-Harus-Diketahui-Selama-3-Bulan-Pertama-Kehamilan 60x60

    Hal Yang Harus Diketahui Selama 3 Bulan Pertama Kehamilan

    Hal Yang Harus Diketahui Selama 3 Bulan Pertama Kehamilan - 3 bulan pertama kehamilan adalah tahap penting dari kehamilan, pada 3 bulan kehamilan, ibu harus banyak memperhatikan hal-hal penting
  • Cara-Alami-Mengobati-Batuk-dan-Flu-Untuk-Ibu-Hamil 60x60

    Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Untuk Ibu Hamil

    Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Untuk Ibu Hamil - Hanya menggunakan bahan alami seperti bawang putih, jahe dan kemangi, Ibu hamil tidap perlu lagi khawatir untuk mengobati batuk saat masa
  • Makanan-terbaik-untuk-otak-janin 60x60

    Makanan terbaik untuk otak janin

    Makanan terbaik untuk otak janin - Ibu juga ingin anak-anak mereka pintar, sehingga membantu perkembangan otak bayi yang baik membutuhkan perhatian langsung dari bayi yang belum lahir. Setelah
  • Beberapa-Benda-berbahaya-bagi-ibu-hamil 60x60

    Beberapa Benda berbahaya bagi ibu hamil

    Beberapa Benda berbahaya bagi ibu hamil - Di rumah ada banyak benda yang dapat membahayakan ibu hamil seperti radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh benda-benda yang ada di rumah. Dalam tiga
  • 6-tips-untuk-Anda-dalam-12-minggu-pertama-kehamilan 60x60

    6 tips untuk Anda dalam 12 minggu pertama kehamilan

    6 tips untuk Anda dalam 12 minggu pertama kehamilan - Kehamilan adalah masa yang paling bahagia dan juga merupakan tahap yang paling sulit bagi setiap wanita. Anda akan melalui perubahan hormonal dan
  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner