CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Jangan Suka Mengigit Kuku! 6 Kondisi Menjijikan Ini Tengah Mengintai Anda

Akibat Buruk Menggigit Kuku – Terdapat beberapa kebiasaan buruk yang selalu dilakukan orang-orang ketika mereka tengah mengalami depresi atau memiliki kekhawatiran, salah satunya adalah dengan menggigit jari kuku mereka sendiri tanpa mereka sadari. Menurut ulasan dari American Journal of Orthodontics and Dentofacial Orthopedics (AJODO) menuliskan bahwa ternyata kebiasaan menggigit jari tersebut merupakan tanda dari ketidak-seimbangan emosional seseorang.

Sayangnya, kebiasaan menggigit jari ketika anda tengah dilanda kekhawatiran atau stres tersebut sangat sulit untuk disadari. Terlebih lagi hal tersebut dapat menyebabkan anda terkena beberapa masalah kesehatan. Terdapat 6 macam hal menjijikan yang akan terjadi dengan tubuh anda jika anda sering mengigit jari kuku, sehingga sudah sewajarnya jika anda segera berhenti melakukan kebiasaan tersebut.

Jangan-Suka-Mengigit-Kuku-6-Kondisi-Menjijikan-Ini-Tengah-Mengintai-Anda

Akibat Buruk Menggigit Kuku

 

Infeksi yang Menjijikan

Jika anda menggigit bagian dari kuku di jari anda, maka akan membuka kulit halus di bawah kuku tersebut sehingga akan memudahkan bakteri atau patogen yang terdapat dalam mulut anda berpindah ke sana. Hal yang perlu anda ingat adalah terdapat banyak bakteri di dalam mulut yang bisa menginfeksi bagian-bagian tubuh manapun, termasuk jari anda.

Salah satu infeksi yang paling umum adalah paronychia, dan bisa menyebabkan pembengkakan, kemerahan, rasa sakit, dan benjolan bernanah. Menurut sebuah penelitian dari jurnal American Family Physicial mengatakan bahwa infeksi tersebut dapat bertahan selama berminggu-minggu.

Peradangan

Komposisi kimia dari air liur anda tentu dapat memecah lemak dan molekul makanan lainnya yang anda konsumsi. Pada dasarnya air liur sangat berguna dalam membantu proses pencernaan makanan, namun juga sangat berbayaha dan menyebabkan peradangan di jari kulit anda jika anda selalu melakukan kebiasaan menggigit jari kuku dari waktu ke waktu. Selain itu, hindari juga untuk selalu menjilati bibir anda sendiri, karena air liur juga dapat merusaknya dengan cara yang sama.

Jatuh Sakit

Selain bakteri di mulut dapat menginfeksi jari-jari anda, mikroorganisme jahat yang terdapat dalam jari anda juga dapat membuat jalan ke tubuh melalui mulut anda. Tangan kita selalu bersentuhan dengan berbagai macam barang dan patogen, dan biasanya kotoran-kotoran tersebut akan menempel di bawah kuku anda. Tentunya anda pasti sudah bisa membayangkan hal yang akan terjadi jika anda selalu menggigit jari kuku anda dari waktu ke waktu. Penyakit yang datang bisa beragam, mulai dari pilek hingga penyakit perut yang disebabkan oleh virus berbahaya.

Kuku Tumbuh ke Dalam

Jari kuku anda mengandung lapisan generatif yang disebut “matrix”. Ketika anda selalu menggigitnya dari waktu ke waktu, maka infeksi akan merusak matrix tersebut sehingga akan menyebabkan kelainan kuku, kondisi dimana kuku anda tumbuh ke dalam.

Kutil di Wajah

Biasanya proses ini tidak terjadi secara langsung, yaitu dengan kontaminasi dari jari-jari anda. Ketika anda menggigit jari-jari anda, maka sesekali pasti anda mengusap wajah anda tanpa anda sadari. Jika anda menyentuh kulit wajah anda dengan jari kuku yang telah terkontaminasi, maka akan tumbuh kutil di sana.

Herpes Tangan

Para pakar biasanya menyebut kondisi ini dengan istilah “herpes whitlow”. Penyakit ini bisa menjangkiti anda jika anda sudah atau tengah menderita oral herpes, dan kemudian memiliki kebiasaan menggigit jari kuku anda, maka jari anda pun bisa terinfeksi dengan virus tersebut. Gejala pertama yang muncul yaitu berupa rasa sakit, terbakar, dan geli di ujung jari anda yang telah terinfeksi. Setelah satu atau dua minggu kemudian, jari anda akan mengeluarkan sejenis cairan atau darah yang juga akan berlangsung selama dua minggu.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post