CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Inilah Manfaat Madu Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Siapa yg tidak kenal dengan bahan alami yang satu ini? Ya, madu adalah satu diantara bahan alami yang dibuat di alam, bahkan juga disebut-sebut sebagai bahan alami paling baik dalam penyembuhan. Siapa sangka kalau manfaat madu yang akan kami sampaikan ini tidak banyak diketahui, termasuk di dalamnya sebagai anti kanker.

Madu, cairan berwarna coklat keemasan dimana madu ini adalah sekumpulan nektar tanaman yang dicampur dengan air liur lebah atau saliva lalu disimpan dalam sarangnya. Manfaat madu benar benar komplit karena madu tersusun dari glukosa, fruktosa serta air. Diluar itu, madu juga memiliki kandungan sebagian senyawa nutrisi yang lain seperti protein, vitamin serta mineral, termasuk juga niasin, kalsium, tembaga, riboflavin, zat besi, magnesium, potassium serta zinc.

Bukan sekedar itu, madu juga memiliki kandungan flavonoid serta asam fenolat yang bisa melakukan tindakan sebagai senyawa anti-oksidan. Kandungan madu yang kaya nutrisi serta zat aktif itu jadikan madu sebagai satu diantara bahan alami yang mempunyai banyak faedah untuk kesehatan.

1. Meredakan batuk

manfaat madu

Batuk merupakan permasalahan pada system pernapasan yang dapat menyerang siapapun baik anak-anak ataupun orang dewasa serta dapat begitu mengganggu untuk penderitanya.

Madu memiliki kandungan senyawa aktif antibakteri serta antiviral yang bisa meredakan batuk. Satu studi yang dikerjakan oleh ilmuwan dari Penn State College of Medicine serta melibatkan 105 anak umur 2 sampai 8 th. melaporkan kalau madu bisa menangani permasalahan batuk pada anak-anak yang menderita infeksi saluran nafas kalau menkonsumsi madu selama 7 hari.

Dampak yang diakibatkan madu sama juga dengan dampak obat batuk yang memiliki kandungan dextromethorphan. Waktu diserang batuk, makanlah satu atau dua sendok madu sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.

2. Menyingkirkan jerawat

Jerawat muncul lantaran infeksi bakteri serta penimbunan sel kulit mati pada pori-pori yang menyebabkan peradangan serta tonjolan merah di wajah. Madu memiliki kandungan senyawa anti bakteri yang bisa membunuh bakteri P. acne yang menyebabkan jerawat sekalian kurangi radang serta kemerahan pada kulit wajah.

Cukup berikan madu pada jerawat selama 15 menit lalu basuh dengan air hangat, kerjakan perawatan ini sehari-hari.

3. Menghindarkan dari diabetes

manfaat madu

Diabetes adalah penyakit yang saat ini banyak diderita orang karena salahnya gaya hidup. Seorang pasien diabetes kehilangan kekuatan untuk mengatur kandungan gula dalam darah akibat hormon insulin yg tidak dapat lagi bekerja secara normal. Ada sangat banyak konsumsi makanan manis serta gula bisa mengakibatkan penyakit diabetes.

Madu memiliki kandungan senyawa gula alami yang lebih aman dikonsumsi dibanding dengan gula pasir atau sukrosa. Hal semacam ini karena sebab indeks glikemiks madu lebih rendah dibanding tipe gula yang lain seperti sukrosa seperti dijelaskan dalam riset Shambaugh et al., pada th. 1990.

Dengan kata lain, ganti gula dengan madu bisa turunkan kemungkinan penyakit diabetes serta mengatur kandungan gula dalam darah.

4. Melakukan perbaikan saluran cerna

Dalam system pencernaan, ada bakteri baik atau normal flora yang menolong sistem pencernaan makanan seperti bakteri yang hidup pada usus besar.

Bukan sekedar kaya nutrisi, madu juga memiliki kandungan normal flora atau bakteri baik seperti bifidobakteria serta lactobacillus yang bisa tingkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran cerna serta mensupport sistem pencernaan dalam usus besar.

Bakteri ini dapat berperan membuat perlindungan saluran cerna dari dampak jelek bakteri pathogen seperti bakteri penyebabnya diare, Helycobacter pylori.

5. Mengobati luka

Satu diantara manfaat madu yaitu untuk mengobati luka. Memoleskan madu pada luka bisa mempercepat sistem pengobatannya. Madu memiliki kandungan antiseptik yaitu enzim glukosa oksidase yang dapat menghindarkan infeksi bakteri pada kulit yang terluka.

Diluar itu, senyawa pinocembrin yang disebut satu diantara anti-oksidan yang terdapat dalam madu juga efisien dalam mencegah infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang bisa jadi parah luka.

Satu riset mengatakan kalau mereka yang memakai madu untuk menyembuhkan luka, akan pulih lebih cepat dibanding mereka yang menyembuhkan luka dengan memakai obat konvensional silver sulfadiazene

6. Tingkatkan stamina

manfaat madu

Pada jaman dulu, beberapa atlit Yunani teratur menkonsumsi madu serta telur sesaat sebelum mereka berlaga di olimpiade untuk tingkatkan stamina mereka.

Hal semacam ini lalu dibuktikan oleh sebagian ilmuwan dalam satu riset yang melibatkan 39 orang atlit. Atlit yang di beri konsumsi protein serta madu dilaporkan mempunyai tingkat daya serta stamina yang tambah baik dibanding mereka yang cuma mendapatkan konsumsi protein saja.

Pencarian Populer:

Related Post

  • 6-Jenis-Makanan-yang-Mengandung-Lektin-Tinggi 60x60

    6 Jenis Makanan yang Mengandung Lektin Tinggi

    Makanan mengandung lektin tinggi - Lektin merupakan tipe protein yang bisa anda temukan dalam berbagai macam bentuk kehidupan, termasuk di dalam makanan yang anda makan. Dalam jumlah yang kecil,
  • cara-mudah-mengatasi-rambut-botak 60x60

    Cara Mudah Mengatasi Kebotakan Rambut

    Cara Mudah Mengatasi Kebotakan Rambut - Botak merupakan permasalahan pada rambut yang umumnya terjadi pada kaum pria dan wanita. Botak seringkali menjadi salah satu dari sekian hal yang merusak
  • Cara-Menjaga-Kesehatan-Miss-V 60x60

    Cara Menjaga Kesehatan Miss V

    Cara Menjaga Kesehatan Miss V – Kesehatan miss v adalah hal utama yang harus kita perhatikan, pasalnya jika miss v kita tidak sehat, bukan hanya mengeluarkan aroma yang tidak sedap tetapi juga
  • cara-menggunakan-flux 60x60

    Beberapa Aplikasi Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata dari Radiasi Komputer

    Mata adalah organ penglihatan yang sangat penting, karena itu menjaga kesehatan mata sangatlah penting khususnya bagi pekerja yang bekerja di depan komputer.Nah bagi pekerja yang bergelut dengan
  • Efek-Negatif-Memainkan-Game 60x60

    Ketahui Efek Negatif Memainkan Game

    Efek Negatif Bermain Game – Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika bermain game akan mampu membuat pemainnya kecanduan. Hal ini karena mereka seringkali menghadap layar sehingga membuat mata
  • Translate »