CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Inilah Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Inilah cara membedakan daging sapi dan babi, pengetahuan ini mutlak anda ketahui supaya anda bisa mengetahui kelas perbedaan antara daging babi dan daging sapi  supaya tidak salah dalam membeli daging.

Harga daging sapi yang terus menerus naik akhirnya banyak membuat otak “kreatif” orang Indonesia berjalan. Tapi sayangnya otak kreatif ini berjalan ke arah yang salah, banyak oknum yang memanfaatkan kenaikan harga ini dengan mengoplos daging sapi dengan daging babi untuk keuntungan mereka pribadi. Biasanya kalau tidak menemukan daging babi untuk dioplos yang mereka lakukan adalah mengoplos dengan daging celeng atau daging babi hutan.

Bagi umat islam jelas ini sangat merugikan karena selain tidak baik dari segi kesehatan, daging babi jelas diharamkan dari segi agama.

Sebenarnya kalau jeli, cara membedakan daging sapi dan babi yang asli tidaklah terlalu sulit, selama memperhatikan ciri cirinya dengan baik. Ada beberapa perbedaan yang bisa kita jadikan pedoman agar tidak menjadi korban penipuan atau salah membeli daging. Yang anda perlukan selanjutnya adalah benar benar memperhatikan perbedaan antara daging sapi dan babi berdasarkan apa yang kami tulis dibawa ini. Kami mengharapkan anda bisa mengetahui  cara membedakan daging sapi dan babi.

Menurut Dr. Ir. Joko Hermanto, Guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, setidaknya ada 5 aspek yang secara kasat mata bisa kita gunakan untuk membedakan daging sapi dan daging babi.

Dilansir dari salah satu suplier daging sapi di Surabaya, inilah perbedaan yang bisa digunakan sebagai patokan dalam membedakan daging sapi dan daging babi supaya anda tidak salah pilih.

Perbedaan Warna Daging Sapi & Babi

cara membedakan daging sapi dan babi

Terlihat daging babi memiliki warna yang lebih pucat dari daging sapi yang berwarna merah segar (lihat baik baik pada gambar 1), warna daging babi sebenarnya lebih mendekati ke warna daging ayam. Namun perbedaan ini tak dapat dijadikan pegangan, karena warna pada daging babi oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi, walau kamuflase ini dapat dihilangkan dengan perendaman dengan air. Tapi jelas cukup menyulitkan saat kita berbelanja di pasar tradisional.

Lalu bagaimana? Perhatikan langkah langkah berikutnya

Perbedaan Serat Daging Sapi & Babi

cara membedakan daging sapi dan babi

Perbedaan terlihat dengan jelas antara kedua daging. Pada sapi, serat-serat daging tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Sedangkan pada daging babi, serat-seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan ini semakin jelas ketika kedua daging diregangkan bersama.

Perbedaan Lemak Daging Sapi & Babi

cara membedakan daging sapi dan babi

Perbedaan selanjutnya terdapat pada tingkat keelastisannya. Daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sementara lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Selain itu lemak pada babi sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya sementara lemak daging agak kering dan tampak berserat.

Namun kita harus berhati-hati karena pada bagian tertentu seperti ginjal, penampakan lemak babi hampir mirip dengan lemak sapi.

Perbedaan Tekstur Daging Sapi & Babi

cara membedakan daging sapi dan babi

Daging sapi memiliki tekstur yang lebih kaku dan padat dibanding dengan daging babi yang lembek dan mudah diregangkan (lihat gambar 4). Melalui perbedaan ini sebenarnya ketika kita memegangnya pun sudah terasa perbedaan yang nyata antar keduanya karena terasa sekali daging babi sangat kenyal dan mudah di “biye” kan. Sementara daging sapi terasa solid dan keras sehingga cukup sulit untuk diregangkan.

Perbedaan Aroma Daging Sapi & Babi

Terdapat sedikit perbedaan antara keduanya. Daging babi memiliki aroma khas tersendiri, sementara aroma daging sapi adalah anyir seperti yang telah kita ketahui. Segi bau inilah yang menjadi senjata paling ampuh untuk membedakan daging sapi dan daging babi.

Berbeda dengan warna yang bisa dikamuflase dan dicampur, aroma kedua daging ini tetap dapat dibedakan. Sayangnya kemampuan membedakan melalui aromanya ini membutuhkan latihan yang berulang-ulang karena memang perbedaannya tidak terlalu signifikan.

Inilah cara membedakan daging sapi dan babi yang paling terlihat jelas antara daging babi dan daging sapi yang bisa anda gunakan supaya tidak salah dalam membeli daging. Hal ini sangat penting bagi Anda yang beragama Islam demi menjaga kualitas makanan Anda agar terhindar dari hal-hal yang diharamkan oleh agama.

Pencarian Populer:

Related Post

  • Translate »