CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Inilah Bahaya Obat Nyamuk Bakar Yang Harus Kamu Ketahui

Banyak orang yang merasa terganggu dengan nyamuk setiap harinya. Dan ada beberapa cara juga untuk mengusir nyamuk, salah satunya dengan menggunakan obat nyamuk bakar. Meskipun sudah banyak alternatif lainnya seperti body lotion anti nyamuk, obat semprot, obat nyamuk elektrik, dan lain sebagainya, namun masih begitu banyak masyarakat yang menggunakan obat nyamuk bakar tersebut. Alasannya sederhana dan mudah dimengerti, karena harganya yang terjangkau, dan daya tahannya sampai dengan 8 jam pembakaran. Tentu lebih irit biaya dibandingkan obat nyamuk semprot, kan? Namun apakah anda pernah menyadari sebelumnya bahaya obat nyamuk bakar benar benar tidak baik untuk kesehatan.

Bahaya obat nyamuk bakar

bahaya obat nyamuk bakar

Siapa sangka, ternyata obat nyamuk bakar sangatlah berbahaya bagi tubuh kita. Jika sesekali memasang obat nyamuk bakar, tentu tidak masalah. Namun jika terlalu sering atau digunakan setiap hari, akan sangat berbahaya sekali. Meksipun obat nyamuk bakar tersebut memiliki merk terkenal dan menjanjikan anda tidak sakit, hindarilah untuk menggunakannya. Karena tetap saja obat nyamuk bakar tersebut dibuat dari bahan bahan yang berbahaya untuk kesehatan.

Ventilasi rumah yang buruk juga dapat memperburuk pengaruh dari obat nyamuk bakar tersebut. Bahkan, racun-racun yang dihirup bisa terendap didalam paru-paru. Sebuah riset dari US National Institute of Health mengungkapkan bahwa 1 batang obat nyamuk bakar sudah setara dengan 50 – 130 batang rokok.
Ini adalah sesuatu hal yang sangat mengerikan, anda bisa mencoba untuk bayangkan, bagaimana jadinya paru-paru anda jika terus menerus menghirup obat nyamuk bakar tersebut. Apalagi jika anak-anak anda turut serta menghirup obat nyamuk bakar tersebut.

Sekarang anda sudah mengetahui kalau obat nyamuk bakar sangat berbahaya untuk kesehatan, mulai sekarang kamu bisa mulai mencari alternatif lainnya selain pembakaran, misalnya saja dengan menggunakan teknik semprot. Saat disemprot, kamu hanya perlu menunggu sekitar 15 – 30 menit hingga bau hilang dan kamu bisa menikmati waktu dengan tenang. Ini lebih baik dan lebih aman jika dibandingkan obat nyamuk bakar.

Zat aktif dalam obat nyamuk bakar

bahaya obat nyamuk bakar

Anda harus mengetahui ada beberapa zat yang aktif dari obat nyamuk yang salah satunya adalah DDVP (dichlorovynil dimetyl phosfat) yang termasuk racun yang berada di kelas satu dan penggunaannya sudah di larang di dunia. Selain itu propoxur merupakan jenis racun kedua yang terdapat di dalam obat nyamuk dalam penggunaan jangka panjang akan menggannggu sistem reproduksi. Selain itu ada beberapa zat yang lain seperti transflutrin, bioallethrin, d-allethrin, cyphenothrin dan praletrhin.

Kalaupun anda ingin menggunakan obat nyamuk bakar, maka anda bisa meletakkan obat nyamuk bakar di tempat yang membuat anda tidak terkena asap langsung seperti dibawah tempat tidur. Obat nyamuk bakar yang diletakkan dibawah tempat tidur akan mengurangi dampak asap, selain itu letakkan juga di dekat telapak kaki supaya memperkecil kemungkinan anda menghirup asap dalam jumlah yang banyak. Ada baiknya menyimpan obat nyamuk bakar di tempat yang rendah.

Selain itu anda bisa juga menjadwalkan kapan saat anda membakar obat nyamuk, saat terbaik adalah saat anak anak anda tidak berada dalam ruangan atau kamar yang akan anda bakar obat nyamuk. Anda harus ingat kalau anak anak sangat rentan terhadap bahaya obat nyamuk bakar, yang paling dikhawatirkan adalah anak anak akan terganggu pernafasannya karena asap obat nyamuk bakar memang tidak baik untuk anak anak. Ibu hamil juga sebaiknya jangan sampai menghirup asap obat nyamuk bakar ini karena bahaya nya sama dengan menghirup asap rokok ataupun mendekat kepada mereka yang sedang merokok.

Anda harus benar benar memperhatikan apapun merk obat nyamuk bakar yang Anda gunakan, semuanya harus digunakan pada ruangan dengan ventilasi yang baik, sehingga asap obat nyamuk bakar bisa segera keluar melalui ventilasi. Jika digunakan pada ruangan tertutup dengan ventilasi kurang bagus, maka emisi asap akan meningkatkan risiko kesehatan yang kronis dan akut. salah satunya kanker.

Tidak menyangka kan, kalau obat nyamuk bakar ternyata sangatlah berbahaya? Dengan mengetahui bahaya obat nyamuk bakar ini kamu bisa merubah kebiasaan-kebiasaan berbahya tersebut sekarang juga, kok.

Related Post