CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Catat! Inilah Nama Jalan di Yogyakarta Tempo Dulu

nama jalan yogya tempo dulu

Yogyakarta tempo dulu sangat identik dengan pemerintahan kolonial Belanda dimana dalam membuat akses jalan dan wilayah mereka memberi nama sesuai dengan daerah hunian dan dengan bahasa mereka. Jadi tidak heran kalau banyak penamaan daerah di Yogyakarta di masa lalu banyak terpengaruh bahasa belanda.

Ini beberapa Nama Jalan di Yogyakarta Tempo Dulu antara lain jalan Juwadi yang ada di Gondomanan, dahulunya tempat ini bukanlah bernama Jalan Juwadi melainkan Hospitaalweg karena di tempat ini dulu ada rumah sakit yang diperuntukkan orang orang Belanda dan hanya ada orang orang pribumi berkantong tebal dan dekat dengan pemerintahan Belanda yang bisa masuk ke tempat ini.

Selain itu ada juga Nieuwe Wijk, atau yang sekarang ini terkenal dengan nama Kota Baru. Tempat ini dibangun oleh belanda diperuntukkan sebagai kawasan privat bagi mereka dengan kultur budaya yang mereka bawa dari Belanda untuk menyaingi pusat kota Yogyakarta yang sebenarnya yaitu Kraton. Sisa sisa peninggalan ini dapat terlihat dari jalan yang lebar dengan pohon rindang di sisi kiri kanan jalan.

Gedung SMA 3 Yogyakarta juga memiliki sejarah yang cukup panjang, dahulunya gedung ini adalah milik AMS, sekolah setara SMA yang berdiri di jaman Belanda. Jalanan yang ada di depannya dinamakan AMS laan, dan kini namanya sudah berganti menjadi Jalan Yos Sudarso yang merupakan nama pahlawan asli Indonesia.

Sama seperti SMA 3 Yogyakarta, Gedung SMKN 2 Yogyakarta dahulunya adalah sekolah kejuruan wanita yang bernama Prinses Juliana, dan jalan di depannya bernama Prinses Julianalaan yang kini namanya sudah berganti menjadi Jalan Wolter Mongonsidi. Lalu ada pula Jalan Ireda di Mergangsan yang dulunya bernama Kerkhofweg. Dinamakan seperti itu karena tempat ini dulunya adalah wilayah pemakaman, Kerg berarti makam dan weg berarti jalan.

nama jalan di jogja tempo dulu

Selain itu ada juga Jalan Timoho yang pada jaman penjajahan belanda dahulu yang bernama Schoenmakersstraat yang merupakan kawasan permukiman dan pembuat sepatu, inilah mengapa tempat ini akhirnya dinamakan Schoenmakersstraat.

Kalau anda sering melewati Jalan Juminahan, tempat ini dahulunya bernama Veepasar. Dinamakan demikian karena daerah ini dahulunya adalah kawasan pasar sapi di jaman penjajahan Belanda. Terakhir ada jalan Residentielan yang kini menjadi jalan Ahmad Yani, dahulunya tempat ini adalah kawasan elite yang tidak semua orang bisa masuk karena ini adalah residen tempat pemerintahan belanda yang sangat elite dan tertutup untuk masyarakat umum. Namun kini siapapun bisa masuk karena sudah beralih fungsi menjadi kawasan publik.

Cukup banyak memang pengaruh budaya dan bahasa belanda dalam penamaan nama jalan di Yogyakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia karena memang bangsa belanda ini tidak hanya sebentar berada di Indonesia. Tapi kini seiring dengan perginya bangsa penjajah dari bumi Indonesia, banyak nama jalan yang akhirnya berganti menjadi lebih Indonesia.

Related Post

  • legend-coffe-tempat-tongkrong-yogyakarta 60x60

    Inilah 3 Tempat Tongkrong Paling Hits di Yogyakarta

    Berkumpul bersama teman di akhir pekan memang saat saat paling menyenangkan, berbincang sambil disertai menikmati aneka makanan dan minuman memang adalah hal yang paling nikmat. Kata orang sih hati
  • Tempat-Wisata-di-Pangandaran-yang-Wajib-di-Kunjungi-Pantai-Pangandaran 60x60

    Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib di Kunjungi

    Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib di Kunjungi - Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia dengan wisata-wisata yang yang beragam. Di Jawa Barat terdapat destinasi wisata terfavorit, yaitu di
  • ronde-jogja-mbah-payem-1 60x60

    Sang Legenda Ronde Jogja, Mbah Payem

    Sang Legenda Ronde Jogja, Mbah Payem - Apresiasi setinggi tingginya benar benar pantas dialamatkan kepada seorang wanita yang sudah tidak muda lagi namun masih gigih berdiri dalam remangnya sinar
  • nasi-soon-bu-roso-yogyakarta-jogja-1 60x60

    Nasi So’on Sambal Bu Roso Yang Benar Benar Nendang

    Sebenarnya jarang ada yang melirik makanan jalanan atau yang biasa dikenal dengan nama street food di kalangan para traveller. Tapi kalau anda berbicara mengenai Yogyakarta dan street foodnya, maka
  • tugu-jogja-2 60x60

    Tugu Jogja, Ikon Jogja Yang Paling Bersejarah

    Yogyakarta terkenal dengan berbagai landmark yang sulit untuk terpisahan satu sama lainnya. Salah satunya adalah Tugu Jogja yang merupakan ikon kota Yogyakarta yang sangat terkenal. Usianya sendiri
  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner