CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Upgrade Android Secara Manual atau Langsung dari HP

Bagi sobat yang sekarang menggunakan smartphone atau handphone yang terinstall Android maka sebaiknya mengetahui cara upgrade Android anda.

Mengapa kita harus upgrade OS Android di handphone ?

Begini sobat, upgrade Android diperlukan karena Google selaku pemilik sah Android tentu pada kurun waktu tertentu meluncurkan update atau patch antara lain yang digunakan untuk meningkatkan performance/kecepatan Android, menambahkan fitur terbaru, menambal lubang-lubang keamanan untuk meningkatkan security dan sebagainya. Nah bagaimana menurut agan, perlukan kita selalu upgrade Android OS.

Sebelum kita melakukan upgrade Android, tentu sobat harus tahu donk versi Android apakah yang sekarang terinstall di handphone agan. Versi Android bisa dilihat melalui menu Setting -> About Device, maka disitu akan terlihat lengkap mulai dari Device Name, Model Number dan Android Version.

Mungkin sobat sudah tahu kalau penamaan versi dari OS Android sangat unik karena menggunakan nama makanan manisan, biskuit atau nama pencuci mulut. Nah ini semua versi dari Android yang sudah dirilis oleh Google.

  • Android 1.0 & 1.1 (API level 1, yang paling pertama release)
  • Cupcake 1.5
  • Donut 1.6
  • Eclair 2.0 dan 2.1
  • Froyo 2.2–2.2.3
  • Gingerbread 2.3–2.3.2 dan 2.3.3–2.3.7
  • Honeycomb 3.0, 3.1, dan 3.1
  • Android Ice Cream Sandwich 4.0–4.0.2 & 4.0.3-4.0.4
  • Jelly Bean 4.1, 4.2 & 4.3
  • KitKat versi 4.4
  • Android 5.0 Lollipop
  • Android 6.0 Marshmallow
  • Android 7.0 Android Nougat ( Versi terbaru dari Android )

 

Langkah-Langkah Cara Upgrade Android Secara Otomatis

Sebenarnya fitur update otomatis sudah dibenamkan oleh Google di setiap OS Android, bilamana fitur ini diaktifkan maka Handphone sobat akan rutin melakukan pengecekan ke server, dimana setiap tersedianya update baru maka akan muncul notifikasi atau pemberitahuan ada update Android versi terbaru apakah anda mau download dan menginstall update terbaru ini.

Fitur untuk mengaktifkan upgrade Android otomatis ini, oh ya kita juga bisa menonaktifkan upgrade Android otomatis ini, mungkin sobat tidak mau terganggu dengan notifikasinya.

Caranya kita bisa membuka menu Setting -> About Device -> Software Update, hampir diseluruh versi Android susunan menu tersebut sama.

cara upgrade android

Dapat kita lihat pada gambar screenshot diatas, terdapat 3 menu yaitu :

  • Update adalah fitur yang akan melakukan pengecekan update terbaru langsung setelah anda menekan menu tersebut.
  • Auto Update adalah fitur yang akan melakukan update otomatis bila ditemukan update versi Android terbaru, proses update tidak perlu persetujuan anda, karena otomatis akan melakukan download dan menginstall bila ada update terbaru.
  • WIFI Only adalah fitur yang digunakan untuk menghemat kuota Internet handphone anda, karena hanya akan melakukan download dan upgrade Android bila tersambung di jaringan WIFI.

Nah, anda bisa menekan menu Update untuk download update Android terbaru saat itu juga atau bisa mencentang Menu Auto Update bila akan mengaktifkan fitur upgrade Android otomatis atau menghilangkan centangnya bila untuk menonaktifkan Auto Update. mudah bukan.

Baca jugaInstalasi TWRP Custom Recovery di Smartphone Samsung Galaxy

Oh ya menu Auto Update atau Update otomatis di Android bisa digunakan dengan syarat Android anda belum diroot atau masih perawan dan tentu koneksi Internet harus punya hehehe.

 

Langkah-Langkah Cara Upgrade Android Secara Manual.

Nah, cara kedua ini agak lumayan ribet, karena anda harus melakukan beberapa langkah dan menyediakan beberapa tools terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade Android secara manual ini.

  1. Download terlebih dahulu Android OS versi terbaru yang sesuai dengan tipe handphone anda dari website yang menyediakannya. saya sarankan anda download dari situs sammobile . situs ini menyediakan free member dan paid member ( anggota berbayar ) yang membedakan adalah kecepatan downloadnya saja. mengapa saya sarankan situs sammobile ? karena situs ini menyediakan repositori lengkap semua Android OS dari berbagai tipe handphone atau smartphone.
  2. Backup dahulu semua data penting anda, ke dalam memory card atau PC dahulu untuk menjaga agar bila data anda hilang saat proses upgrade Android, anda masih punya cadangan/backup nya.
  3. Download ODIN Tools versi terbaru, saat ini versi ODIN terbaru adalah versi 3.11 . tools ini digunakan untuk melakukan flashing ROM Android atau instalasi OS Android di berbagai smartphone ataupun handphone.cara upgrade android manual
  4. Sambungkan smartphone dengan PC menggunakan Kabel USB, bila sukses terhubung maka akan terlihat ID:COM di kotak atas program ODIN berwarna hijau.
  5. Klik tombol BL lalu pilih file Android OS yang sudah anda download tadi biasanya extension nya tar.md5 lalu klik tombol Start dan tunggu sampai proses instalasi selesai, maka otomatis handphone anda akan restarting.

Nah sudah selesai proses upgrade Android secara manual, kira-kira lebih mudah yang otomatis kan, proses upgrade Android yang kedua ini sama dengan kalau kita mau rooting Android handphone kita.

Pencarian Populer:

Published by

CaraMudah

Seorang admin yang hobi menulis dan mengembangkan blog sederhana

Related Post

  • Translate »