CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Praktis Budidaya Ikan Cupang

Cara Praktis Budidaya Ikan Cupang – Salah satu jenis ikan hias yang menjadi banyak favorit para pecinta ikan hias adalah ikan cupang. Ikan dengan bentuk yang kecil ini, merupakan salah satu jenis ikan dengan warna yang cantik dan menarik, dan tentu saja merupakan jenis ikan hias dengan harga jual yang mahal dan menjadi ikan yang kerap diadu dengan ikan lainnya. Budidaya ikan cupang ini sendiri terbilang cukup mudah, dan menarik untuk ide bisnis budidaya ikan yang bisa anda coba lakukan. Ikan cupang ini sendiri, memiliki keunikan dari segi warnanya.

Selain itu, untuk pengembangbiakannya sendiri, anda bisa mencoba beberapa cara yang mudah dilakukan, dengan memilih sepasang indukan jantan dan betina yang sudah siap untuk dikawinkan, agar menghasilkan indukan yang sempurna dan menarik untuk anda coba budidayakan. Nah, berikut ini, adalah beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk langkah – langkah praktis dalam budidaya ikan cupang yang tentu saja mudah dan bisa anda coba lakukan.

Cara-Praktis-Budidaya-Ikan-Cupang

Cara Budidaya Ikan Cupang

1.Pemilihan indukan

Pilih sepasang indukan yang bagus dan memang sudah matang. Selain itu, untuk mengenali indukan yang sudah matang, anda bisa mencoba melihat pada ikan cupang ini sendiri gelembung udara yang muncul di permukaan air dari ikan cupang ini lebih banyak. Pilih sepasang yang hampir sama besarnya, dan juga pilih indukan jantan yang umurnya dibawah 8 bulan, agar kualitas benihnya lebih baik. Untuk indukan betina, ada baiknya pilih yang perutnya besar karena akan lebih banyak menampung sel telur.

 

2.Wadah pemijahan

Wadah yang bisa anda gunakan untuk memijah ikan cupang ini sendiri, bisa berasal dari ember atau baskom. Pilih wadah dengan ukuran ideal 20 x 20 x 20 sebagai media pemijahan, dan setelah itu, anda baru bisa melakukan pemijahan. Wadah yang kecil akan memicu ikan jantang mengeluarkan gelembung udara, dan menarik perhatian betina, dan nantinya mereka bisa menghasilkan indukan yang berkualitas.

 

3.Menyiapkan media pijah

Media pijah ini sendiri, fungsinya baik untuk membantu meletakan telur atau busa ikan cupang. Anda bisa memilih tanaman air untuk media pijah ikan cupang ini, atau dengan daun ketapang kering hingga plastik bening. Gunakan media pijah dengan ukuran 10 x 10 cm, yang bisa anda gunakan untuk menampung ikan cupang ini.

 

4.Menyiapkan air untuk pemijahan

Kualitas air, pengaruhnya sangat sukses untuk pemijahan dari ikan cupang ini. Untuk wadah yang bisa anda gunakan, maka idealnya menggunakan wadah yang memiliki kedalaman antara 10 hingga 15 cm agar nantinya air tidak terlalu dingin. Suhu yang ideal untuk ikan cupang ini sendiri sebesar 25 derajat celcius, yang tentu saja baik agar nantinya ikan cupang bisa tumbuh normal.

 

5.Pemijahan

Maka setelah persiapan diatas sudah selesai, anda bisa mencoba untuk melakukan pemijahan dengan cara Indukan ikan jantan dimasukan kedalam wadah pemijahan, dan biarkan beradaptasi terlebih dahulu. Setelah itu, anda masukan indukan betina pada wadah yang berbeda dengan media yang kecil. Seperti botol plastik. Letakan botol dan wadah pemijahan berhadapan, dan jika ikan cupang saling tertarik, maka anda bisa mengawinkan keduanya, dengan tanda vertikal yang ada pada tubuhnya yang berwarna gelap.

Sekian untuk beberapa ulasan menariknya yang bisa anda coba lakukan dalam budidaya ikan cupang, dimana bisa anda coba lakukan agar bisa menghasilkan indukan yang berkualitas.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner