CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara mudah mengetahui kapan ban mobil harus diganti

Cara mudah mengetahui kapan ban mobil harus diganti – Pertanyaan seputar kapankah baiknya ban mobil kita harus diganti memang selalu mendapatkan jawaban yang berbeda-beda, seperti yang sudah anda ketahui ban merupakan komponen yang sangat penting untuk sebuah kendaraan dan anda tidak boleh menyepelekan kualitas dan umur sebuah ban karena bila ban yang anda pakai sudah aus dan harus diganti tetapi anda telat menggantinya hal ini dapat menyebabkan mobil anda tidak stabil dan kemungkinan terjeleknya adalah kecelakaan.

Rata-rata jarak tempuh yang ideal untuk ban mobil adalah 80ribu sampai 90ribu kilometer, tapi sebagian besar pemilik mobil mengganti bila sudah menempuh 120 ribu kilometer.

kapan-ban-mobil-harus-diganti

Nah Berikut ini adalah kondisi ban mobil anda harus segera diganti, silahkan disimak penjelasannya sebagai berikut ini:

Ban sudah Aus

Ban mobil terbuat dari karet yang kalau lama kelamaan dipakai terus akan mengalami keausan karena gesekan ban dengan jalan, untuk mengetahui tingkat keausan ban mobil memang sudah disediakan oleh semua produsen ban mobil yang namanya adalah TWI ( Threat Whear Indication ) dimana kalau kikisan di ban sudah sejajar dengan Thread Whear Indication maka segeralah ganti ban mobil anda.

Ban terdapat benjolan

Benjolan pada ban mobil disebabkan karena anyaman kawat di dalam karet ban sudah ada yang putus, benjolan di ban mobil artinya ketahanan ban mobil anda sudah tidak sama dan seragam karena ban mobil dapat pecah dan berbahaya bila dipakai terus apalagi untuk perjalanan jauh.

Benjolan pada ban mobil dikarenakan kita mengisi angin ban sering kurang dari standar tekanannya sehingga permukaan ban yang menanggung beban kendaraan tidak rata.

Benjolan pada mobil juga bisa disebabkan kita sering melewati jalanan rusak dengan kecepatan tinggi atau muatan kendaraan yabg berlebihan sehingga dapat menyebabkan anyaman kawat di ban mengalami putus.

Disarankan segeralah mengganti ban mobil anda bila sudah terdapat benjolan.

Ban sudah banyak bekas tambalan

Ban jenis tubeless bila bocor terkena benda tajam maka tambalannya terletak pada ban bagian luar, namun bila ban mobil anda sudah banyak tambalan maka segera mengganti ban mobil anda karena kekuatan ban akan berkurang.

Permukaan ban lecet

Kadang-kadang sisi ban mobil kita terbentuk dengan lubang dijalan yang agak tajam sehingga dapat menyebabkan lecet-lecet yang agak besar di sisi ban mobil.

Memang dengan kondisi ban lecet, ban tersebut masih bisa digunakan tetapi alangkah baiknya diganti karena daya tahan ban sudah tidak bagus lagi karena ada cacatnya.

Kembang ban sudah terangkat

Kondisi Kembang ban yang sudah terangkat atau Heel Toe merupakan sebuah kondisi ban yang kembangnya terangkat, kondisi ini sering ditemukan pada ban mobil yang selalu dipacu dengan kecepatan tinggi dan pengereman di jalanan yang rusak atau tidak rata sehingga akibat pengereman di jalanan yang rusak memaksa kembang di ban mobil terangkat.

Kondisi Heel toe juga dapat disebabkan karena bushing suspensi, bearing roda yang sudah aus dan tidak diganti.

Itulah beberapa kondisi ban mobil anda harus diganti, jangan sepelekan kondisi ban mobil anda, karena ban mobil merupakan komponen terpenting dalam kendaraan anda. Sebaiknya sering-seringlah anda mengecek kondisi ban mobil anda sebelum menggunakan mobil.

 

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post

  • Berlangganan

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner