CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mudah Mengatasi Kebotakan Rambut

Cara Mudah Mengatasi Kebotakan Rambut – Botak merupakan permasalahan pada rambut yang umumnya terjadi pada kaum pria dan wanita. Botak seringkali menjadi salah satu dari sekian hal yang merusak penampilan. Botak ini juga sering kali menjadikan diri kita tidak percaya diri karena malu.

Banyak cara untuk mengatasi masalah rambut rontok atau kebotakan. Mungkin anda juga sudah melakukan banyak hal untuk mengatasi masalah kebotakan yang sedang anda alami tersebut, namun belum juga ada hasil. Tapi anda tak boleh putus asa, masalah kebotakan bisa anda atasi jika anda melakukan cara mengatasi kebotakan secara serius dan benar.

cara mudah mengatasi rambut botak

Untuk mengatasi masalah kebotakan, anda perlu tahu terlebih dulu penyebab kebotakan yang sedang anda alami tersebut, sehingga anda bisa menyimpulan dan dapat mengatasi kebotakan dengan benar. Nah sahabat sebelum kita membahas tentang bagaimana cara mengatasi kebotakan, kita cari tahu terlebih dulu penyebab kebotakan.

Penyebab utama dari kebotakan

1. Stres

Stres merupakan penyebab utama dari kebotakan. Stres emosional yang berat dapat menyebabkan rambut rontok dan memperburuk masalah rambut, sehingga berakibat pada kebotakan. Jadi tak heran jika banyak manager, profesor atau orang pekerjaanya banyak mikir memiliki kepala botak. Rambut mereka rontok karena terlalu sering mikir dan stres. Saat seorang pria stress, dia akan melarikan diri ke rokok atau minum alkohol untuk menenangkan pikirannya. Hal ini justru akan memperburuk kerontokan rambut. Daripada  lari ke rokok atau dengan minum minuman beralkohol, lebih baik kita mengatasi stress dengan cara yang aman saja.

2. Faktor Genetik/ Keturunan

Gen juga merupakan faktor penyebab kebotakan. Jika anda memiliki ayah atau ibu yang botak, bukan tidak mungki anda juga akan mengalami kebotakan, hal ini dikarenakan gen yang mereka turunkan kepada anda. Jika memang kebotakan anda disebabkan oleh gen, kemungkinan besar akan sulit untuk diatasi.

3.Kekurangan Nutrisi

Faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda berikutnya adalah Anda tidak menjaga asupan gizi yang baik untuk tubuh Anda. Banyaknya jenis makanan cepat saji seringkali menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Belum termasuk jenis makanan lain yang tidak cukup gizinya.

Seperti halnya bagian dan sel di dalam tubuh yang memerlukan nutrisi baik untuk berkembang dan tumbuh dengan baik, begitu juga halnya dengan rambut Anda. Rambut memerlukan nutrisi yang cukup untuk bisa mempertahankan kesehatannya secara alami dan untuk tumbuh lebih panjang. Nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan rambut diantaranya adalah sebagai berikut:

Omega 3, selain bermanfaat untuk otak, omega 3 juga baik sebagai nutrisi untuk rambut. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri omega 3. Dengan cukup mengkonsumsi omega 3, bisa melembabkan rambut dan menambah elastisitas alami pada rambut Anda. Sumber makanan yang banyak mengandung omega 3 diantaranya ikan salmon, ikan tuna, kacang kenari, dan lain-lain.

Zinc (Seng), Zat seng bermanfaat untuk menjaga kulit kepala tetap sehat. Salah satu faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda adalah disebabkan ketidakseimbangan hormon. Zat seng ini akan membantu menstabilkan tingkat hormon seseorang. Bahan makanan yang banyak mengandung seng diantaranya buncis, gandum, tiram, daging dan hati sapi.

Zat Besi, banyak membantu untuk memperlancar sirkulasi darah ke seluruh sel tubuh, termasuk ke kulit kepala. Apa saja sumber makanan yang banyak mengandung zat besi? Anda bisa mendapatkannya melalui sayuran hijau seperti bayam, kacang-kacangan, daging merah, kuning telur, dan tiram.

Magnesium, adalah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh Anda kekurangan magnesium, akan memicu kerontokan rambut dan menjadi faktor penyebab kebotakan rambut dini pada usia muda. Sumber makanan yang banyak mengandung magnesium diantaranya kacang almond, kacang mete, dan beras merah.

4. Usia

Usia yang semakin tua akan berpengaruh terhadap folikel rambut. Folikel rambut akan semakin turun seiring dengan bertambahnya usia, maka dari itu pertumbuhan rambut akan terhambat sehingga timbullah kebotakan dan Ketika beranjak tua rambut seseorang juga akan cenderung menjadi lemah. Membuat rambut terlihat lebih pendek dan tipis. Ditambah dengan produksi minyak di kulit kepala yang juga mulai melambat. Sehingga kondisi rambut menjadi kurang terhidrasi dan berubah menjadi lebih kasar dan akhirnya botak.

5. Pengaruh Obat-Obatan tertentu

Mengonsumsi obat tertentu, dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Konsultasikan dengan dokter mengenai asupan vitamin saat harus mengonsumsi obat dalam jangka waktu lama. Sehingga terhindar dari alergi, gangguan hormon atau masalah kesehatan lain yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi terhenti.

6.Mengidap Penyakit Tertentu 

Rambut rontok juga bisa disebabkan sebagai efek samping dari penyakit tertentu. Berikut adalah daftar penyakit yang bisa menyebabkan kerontokan rambut.

  •  Alopecia Areata
    Penyakit ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Penyakit ini menyebabkan bercak pada kulit kepala di bagian rambut yang rontok, dan bagian tubuh lainnya. Biasanya orang yang menderita alopecia areata, terlihat sangat sehat. Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyakit ini.
  •  Cicatrical Alopecia
    Biasanya Cicatrical Alopecia menghancurkan folikel rambut seseorang, melalui jaringan parut. Sehingga rambut tidak tumbuh kembali. Penyakit ini biasanya tidak mudah diketahui pada orang yang terlihat sangat sehat.
  • Telogen Effluvium
    Penyakit ini merupakan jenis kerontokan rambut yang terjadi setelah operasi besar, kehamilan atau peristiwa yang menyebabkan stres. Gejalanya adalah rambut rontok yang berlebihan, hingga Anda bisa menggenggam rambut rontok. Anda bisa mengobati penyakit ini dengan dermatologis.
  • Perawatan Kanker
    Sebenarnya bukan penyakit kanker yang menyebabkan rambut rontok. Namun jenis pengobatannya, salah satunya adalah terapi radiasi dan kemoterapi yang bisa menyebabkan rambut rontok.
  • Tiroid
    Fungsi kelenjar tiroid adalah untuk mengatur kadar hormon dalam tubuh Anda. Namun jika kelenjar tiroid tidak bekerja dengan baik, maka akan bisa menyebabkan rambut rontok. Kerusakan pada kelenjar tiroid menjadi salah satu penyebab medis yang paling umum, yang menyebabkan rambut rontok.

Nah para sahabat setelah kita mengetahui penyebab-penyebab kebotakan rambut pada pria ataupun wanita, sekarang kita akan membahas cara mudah menyembuhkan kebotakan dengan aman, biasanya cara aman yaitu memakai produk-produk herbal. mari kita simak caranya.

cara mudah mengatasi rambut botak dengan minyak zaitun

Cara Mudah Mengatasi Rambut Botak Secara Alami

1.Minyak Kelapa

Cara alami untuk mengatasi kebotakan berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan sangat baik. Tidak hanya itu saja, dengan minyak kelapa, ketombepun akan hilang dengan seketika. Usapkan minyak kelapa secara merada pada rambut hingga kulit kepala sambil anda pijat, diamkan selama 20 menit dan lihat hasilnya ketombe hilang seketika, dan jika anda melakukan cara ini secara teratur, rambut anda akan tumbuh lebat dan kebotakan akan hilang.

2.Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki nutrisi yang bisa membantu melembutkan dan menyuburkan rambut, dan aplikasi yang berbeda akan menunjukkan hasil berbeda pula. Pemakaian minyak zaitun merupakan cara menyuburkan rambut secara alami dan cepat, karena khasiatnya langsung diserap akar rambut. Minyak zaitun terutama pas untuk Anda yang tinggal di daerah tropis atau memiliki rambut hitam yang cenderung kering.

Terapi dengan minyak zaitun hangat. Minyak zaitun yang dihangatkan dapat menahan kelembaban lebih lama dalam rambut. Caranya cukup dengan menghangatkan 6-7 sendok makan minyak zaitun di dalam microwave dengan suhu rendah, cukup hingga minyak terasa hangat. Oleskan minyak di kulit kepala sambil dipijat, lalu sisir rambut hingga minyak menyebar ke seluruh bagian rambut. Balut kepala dengan handuk, diamkan 30 menit lalu bilas.

3.Lidah Buaya

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan lidah buaya itu sendiri tidak susah, caranya cukup mudah. Yaitu potonglah 2 atau 3 buah daun lidah buaya yang masih segar dan besar.

Jika anda memiliki rambut tebal anda bisa menambahkan banyak lagi lidah buaya. Oleh karena itu ambilah sesuai kebutuhan anda. Kupaslah kulit hijau tebal dari masing-masing daun menggunakan pisau yang tajam. Kupaslah dengan hati-hati dan tipis agar gel yang kita dapatkan juga semakin banyak. Setelah terkelupas semua, ambil gel tersebut dan letakkan pada mangkuk yang bersih. Campurlah gel lidah buaya tersebut lalu haluskan dengan menggunakan blender atau alat lainnya,

Cucilah rambut anda terlebih dahulu sebelum menggunakan lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya yang telah anda saring ke seluruh rambut mulai dari pangkal hingga ke ujung rambut anda secara merata dan menyeluruh. Pastikan bahwa sampai ke dasar rambut. Tutuplah kepala anda menggunakan penutup rambut plastic dan duduk lah di bawah pengering rambut kira-kira 5 menit. Kalau tidak anda juga dapat membiarkan rambut anda selama 5 menit setelah anda letakkan gel lidah buaya ke rambut. Ketika mengoleskan gel anda juga dapat melakukan beberapa pijitan ke kepala anda. Setelah itu bilaslah rambut anda hingga bersih.

4.Minyak Kemiri

Minyak kemiri mempunyai banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang bisa membuat rambut botak menjadi subur kembali, caranya oleskan minyak kemiri pada rambut yang botak kemudian pijat secara perlahan-lahan dan diamkan selama 20menit setelah itu baru anda bilas sampai bersih. Minyak kemiri juga dapat menghitamkan rambut secara alami.

5. Kulit Apel

Jika anda makan apel jangan anda buang kulitnya. Kulit apel bisa kita manfaatkan  untuk mengatasi kebotakan, hal ini dikarenakan kulit apel mengandung polifenol yang dapat memerangi masalah kerontokan pada rambut. Haluskan kulit apel, kemudian anda aplikasikan pada kulit kepala dan dimakan selama 20 menit setelah itu abda basuh dengan air hingga bersih.

Nah semoga cara mudah mengatasi rambut botak diatas bisa bermanfaat bagi anda silahkan dicoba dan rasakan hasilnya.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post