CaraMudah.ID - Kumpulan Cara Mudah Terlengkap

Cara Mudah mengatasi Insomnia

Cara Mudah mengatasi Insomnia – Insomnia adalah situasi ketika mata kita sudah lelah namun otak kita tidak mau terlelap. Posisi seperti ini akan sangat menyiksa apalagi jika esok hari kita harus bagun pagi untuk melakukan aktifitas seperti bekerja atau berangkat kuliah.

Insomnia sendiri ada banyak jenisnya:

  • Insomnia ringan, insomnia yang contohnya adalah ketika kita susah tidur namun akhirnya bisa tidur juga atau ketika kita tidur pada jam tertentu kita terbangun lalu tidur lagi.
  • Insomnia akut, insomnia yang disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi, bisa karena permasalahan atau urusan urusan yang belum terselsaikan sehingga terbawa kepikiran dan akhirnya susah untuk tertidur.
  • Insomnia idiopatik, insomnia ini adalah insomnia yang paling parah, bisa karena keturunan atau penyebab masalah yang sangat berat yang menyebabkan depresi. Insomnia ini banyak dikeluhkan oleh penderita Bipolar Disorder atau gangguan kepribadian.

Cara-Mudah-mengatasi-Insomnia

Cara Mudah mengatasi Insomnia

Untuk itu banyak hal hal yang bisa kita lakukan agar kita bisa menghilangkan penyakit Insomnia kita, beberapa cara mengatasi Insomnia:

Olah raga teratur

Banyak penelitian beranggapan bahwa olahraga bisa menyembuhkan insomnia. Olahraga pagi sangatlah efektif untuk insomnia anda, cobalah olah raga pagi secara teratur minimal lari pagi atau senam santai untuk menyembuhkan insomnia anda.

Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum anda pergi ke tempat tidur bisa membuat anda relax untuk tidur, karena air hangat bisa merangsang otak anda untuk tertidur. Untuk itu cobalah mandi air hangat sebelum tidur.

Konsumsi obat tidur

Ini cara yang sangat ampuh untuk membuat anda tertidur, namun obat tidur itu banyak macamnya, ada golongan benzodiazepin yaitu obat tidur yang hanya bisa di resepkan oleh dokter. Contohnya alprazolam, ini sangat efektif namun bisa membuat kecanduan. Sebelum menggunakannya pastikan anda berkonsultasi dengan psikiater. Obat tidur sangat tidak dianjurkan, karena efek withdrawnya sangat parah.

Berhenti minum Alkohol

Selain merusak tubuh, alkohol juga bisa membuat anda kesulitan untuk tidur. Maka, jika anda pecandu alkohol kurang – kurangi atau berhenti minum alkohol.

Periksa ke Psikiater atau Psikolog

Cara terakhir ini sangatlah penting jika anda sudah masuk dalam kategori akut atau idopatik, karena insomnia sangat mengganggu aktifitas sehari – hari anda. Pertama, anda bisa ke psikolog, ceritakan saja apapun yang membuat anda sudah tidur, psikolog akan memberi saran atau merujuk anda ke psikiater. Jika anda ke psikiater sama hal yang di psikolog anda harus menceritakan semuanya, baru psikiater akan memberikan resep obat. Obat tersebut biasanya mengandung anti psikotik dan obat lainnya yang bisa menenangkan anda sehingga anda bisa tertidur. Jika anda takut kecanduan obat – obatan anda bisa berkonsultasi dengan dokternya, sehingga anda hanya perlu menggunakan obat tersebut jika dirasa perlu.

Published by

Rachmad

Seorang admin dari beberapa blog

Related Post